Review realme 8 Pro : Memanjakan dengan Kualitas dan Keindahan Tanpa Batas!!!

GadgetSquad.ID – Merujuk dari literatur yang GadgetSquad temukan, “Infinity” memiliki makna sesuatu tanpa batas. Jika dikaitkan dengan dunia hape, setiap vendor bebas berkarya memberikan yang terbaik. Tanpa perlu takut dengan batasan yang bisa mengekang kreativitas dalam berkarya.

Hal inilah yang coba diusung oleh realme dalam mengembang setiap produknya. Dengan semangat “Dear To Leap”, ungkapan “Infinity” diwujudkan realme melalui dua produk terbarunya, yakni realme 8 dan realme 8 Pro. Apa saja kecanggihan “tanpa batas” yang diberikan realme kepada duo realme 8 dan realme 8 Pro?

Nah, meja redaksi GadgetSquad kali ini sudah disambangi seri realme 8 Pro. Biar gak penasaran lagi, langsung aja cuy kita nikmati sensasi tanpa batas yang diberikan realme 8 Pro!

Desain
Embel-embel Infinity, membuat GadgetSquad penasaran mengulik realme 8 Pro dan desain menjadi titik awal eksplorasi kali ini. Hanya dengan melihat sekilas, GadgetSquad sudah merasakan keindahan tanpa batas dari desain realme 8 Pro.

Desainnya begitu kekinian, sudut-sudutnya dibuat oval dengan tepian bodi yang dirancang sedikit melengkung. realme 8 Pro punya bodi yang terbilang tipis, sehingga tangan ini begitu mantab saat menggenggamnya. Dari data yang didapat, realme 8 Pro memiliki ketebalan hanya 1,8mm dengan berat 176g.

Keindahan hape ini, semakin terasa saat pandangan mata menelusuri bodi belakang realme 8 Pro. Di area ini, mata tim GadgetSquad dimanja dengan tampilan futurustik nan elegan, hasil pemrosesan AG-Crystal. Proses AG sendiri, saat ini favorit pada teknologi bagian belakang smartphone.

Pemilihan pemrosesan AG-Crystal, membuat realme 8 Pro mampu menampilkan tekstur kristal mineral alami, yaitu glossy dan matte, kasar dan halus, indah. Keindahan tersebut, disempurnakan dengan slogan “Dare To Leap” terpatri di bodi belakang realme 8 Pro.

Pihak realme menyebut, tampilan jagoan terbarunya dengan identitas “Infinite Bold Design”, lantaran memiliki desain yang berani dan ‘dreamy’, dimana menggabungkan elemen jalanan yang trendi. realme 8 Pro terdapat 2 pilihan warna, Infinite Blue dan Infinite Black
GadgetSquad sendiri menguji realme 8 Pro, varian Infinite Black yang memiliki kesan misterius dan sederhana.

Secara tampilan, keindahan tanpa batas dari desain realme 8 Pro begitu menggoda. Bisa dikatakan seri realme 8 Pro, menjadi hape realme dengan desain tercantik yang pernah GadgetSquad genggam.

Layar
Masih terpesona dengan tampilan Infinite Bold Design ala realme 8 Pro, kali ini giliran layar yang coba GadgetSquad ulik. Hadir dengan garis tengah 6,4 inci, ukuran layar realme 8 Pro terbilang sudah proporsional. Teknologi layarnya, sudah menggunakan panel Super AMOLED yang dijamin memanjakan mata.

Untuk resolusinya sudah menyentuh FHD dengan sample frame rate 180Hz, sehingga menambah rasa nyaman saat menggeber hape untuk bermain game. realme 8 Pro juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits, untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang terang.

Layar ini juga mendukung fungsi peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata. Tak hanya itu, layar realme 8 Pro pun sudah mengadopsi fitur Always-on Display, serta dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar.

Kamera
Saat tulisan ini dibuat, realme 8 Pro baru saja meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Dimana bidikan kamera realme 8 Pro, mampu dicetak hingga ukuran 20m x 15m. Alhasil bidikan realme 8 Pro dinobatkan MURI sebagai “Hasil Cetak Foto dengan Ukuran Terbesar dari Smartphone”.

Sesuai dengan slogannya “108MP. Capture Infinity.”, rekor MURI itu jadi bukti nyata, ketangguhan tanpa batas realme 8 Pro pada sektor kamera. Pertanyaanya, apakah benar kualitas kamera realme 8 Pro, sekeren itu?

Hadir dengan 4 lensa dibagian belakang, kamera utamanya mengadopsi sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga dengan piksel ultra tinggi 108MP. Perlu diketahui, sensor HM2 generasi ketiga, mengadopsi bahan baru yang dikembangkan Fujifilm. Teknologi tersebut, menjamin kesetiaan warna yang lebih tinggi dan meningkatkan ISO sebesar 15%.

Selain itu, sensor HM2 mendukung teknologi 9-in-1 Pixel Binning, yang memungkinkan sembilan piksel 0,7μm yang berdekatan digabungkan untuk mensimulasikan piksel 2,1μm besar dan meningkatkan kualitas gambar di bawah cahaya redup.

Ketangguhan kamera utama realme 8 Pro, mendapat tandem lensa yang tidak kalah menjanjikan, mulai dari optik ultra wide angle 8MP, lensa makro 2MP, serta lensa BW 2MP. Kombinasi ke 4 lensa di bagian belakang, membawa rasa nyaman GadgetSquad kala menggeber realme 8 Pro, mengabadikan berbagai momen kece.

Kualitas foto realme 8 Pro memuaskan, termasuk kala membidik foto dalam kondisi minim cahaya. Menariknya lagi, fitur tambahan di kamera realme 8 Pro sangat melimpah. Contoh saat berburu foto malam, realme 8 Pro sudah dilengkapi fitur “Super Nightscape” baru.

Algoritme Super Nightscape realme telah diperbarui ke generasi kelima dengan Pro Nightscape, Ultra Nightscape, Mode Tripod, Pure Raw Nightscape dengan pengurangan noise gambar AI, serta penghapusan piksel mati secara otomatis. Hasil dari semua kombinasi tersebut, adalah foto malam cerah, murni dengan tingkat noise yang minim.

Kerennya lagi, semua keunggulan tersebut bisa kamu nikmati dengan gampang, semudah mengambil foto saat cahaya normal. Keunggulan lainnya, realme 8 Pro sudah dipersenjatai teknologi baru Zoom, yakni 3X In-Sensor Zoom. Teknologi ini memungkinkan realme 8 Pro menghasilkan foto zoom yang lebih jernih, dibanding biasanya.

Fitur lain yang saya untuk dieksplorasi diantaranya Neon Portrait, Mode ini membantu meningkatkan efek blur untuk menciptakan bidikan yang lebih “dreamy”. Ada juga mode AI Color Portrait, hingga Dynamic Bokeh yang bisa menghasilkan foto dengan latar belakang bergerak-gerak, menciptakan kesan gerakan nan menarik.

Soal kemampuan selfie realme 8 Pro, juga tidak bisa dianggap remeh. Bertumpu kepada lensa 16MP, untuk memastikan setiap foto selfie tampil sempurna, kamera depan realme 8 Pro juga hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape.

Apakah kualitas kamera realme 8 Pro hanya paten dalam mengambil foto? Jawabannya tentu tidak sob!! Seperti saat digeber berburu foto, realme 8 Pro juga bisa membuat video dengan kualitas memukau tanpa batas.

realme 8 Pro diklaim menjadi smartphone tertama di dunia yang dipersenjatai fitur “Video Starry Time-Lapse”. Saat mode ini aktif dengan tambahan tripod yang stabil, kamu dapat merekam Video Starry Time-Lapse, tanpa kamera profesional dan perangkat lunak pengedit video komputer.

Dalam proses hape ini dapat mengambil 240 foto langit berbintang dalam satu jam, dan kamu akan mendapatkan video selang waktu berbintang selama 8 detik. Tak berhenti sampai disitu, hp ini juga diklaim menjadi smartphone pertama di dunia dengan fitur “Video Time-Lapse Tilt-shift”.

Mode Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Mode Tilt-shift juga memungkinkan kamu, menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual.

Kamu dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek blur agar sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, menyajikan dunia nyata dengan cara yang lebih fantastis dan unik.

Kemampuan realme 8 Pro membuat konten bergerak yang artistik, semakin menawan dengan hadirnya AI Color Portrait, Dual-view Video, Dual-view Video, hingga menu slow-mo.
Merujuk hasil eksplorasi, realme 8 Pro memang memiliki “senjata” menjanjikan di sektor imaging. Bahkan, mungkin salah satu yang terbaik di kelasnya saat ini, dimana realme 8 Pro bertarung di level menengah. Hal lain yang terpenting, semua fitur keren di kamera realme 8 Pro, mudah dioperasikan. Cocok buat kamu untuk memulai karir menjadi content creator dan mengeksplorasi mobile fotografi lebih lanjut.

Performa
Urusan performa, realme 8 Pro dibekali dengan Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 8nm yang canggih, lebih bertenaga dan efisien. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 720G memiliki peningkatan 10% dalam kinerja CPU, 75% peningkatan kinerja GPU dan Tampilan.

Dapur pacunya hape ini semakin berkualitas, lantaran prosesor Snapdragon 720G dilengkapi Kryo 465 CPU dengan dua core Cortex-A76 berkecepatan 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz, serta asupan GPU Adreno 618 baru.

Agar kinerja semakin bertenaga, realme 8 Pro memiliki varian memori besar 8GB+128GB yang dilengkapi dengan slot 3 kartu, dimana dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB). Komposisi dapur pacu yang diusung terbilang sudah lebih dari cukup, untuk membuat smartphone ini lebih menonjol dibanding kompetitor di level menengah.

Ketika diuji, harus diakui GadgetSquad tidak mengalami banyak kendala. Hape ini begitu lancar menjalankan fungsinya, baik untuk aktivitas keseharian, berburu foto, termasuk saat dimaksimalkan sebagai perangkat hiburan. Semuanya dilibas tanpa ada kendala berarti!!

Menu tambahan
realme 8 Pro bekerja dengan antar muka realme UI 2.0, berbasis Android 11. Antar muka realme UI 2.0 hadir dengan sederet pembaharuan yamg membuat, pengalaman mengeksplor realme 8 Pro semakin berkesan.

Salah satu nilai jual utama realme UI 2.0, memungkinkan Anda untuk memberikan permainan penuh kreativitas Anda. Ini mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan. Ini termasuk Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Platfrom tersebut juga memberi opsi pengiriman file yang begitu ramah dengan anak muda. Jika menyukai musik, jangan lewatkan Mode Berbagi Musik Dual untuk berbagi trek favorit dengan teman-teman. Ada juga realme Share yang kuat, sehingga memungkinkan kamu berbagi foto dengan teman dalam sekejap.

Fitur subtitle stitching baru memungkinkan kamu untuk berbagi film favorit dan kutipan favorit dengan mulus. Jika kamu ingin ruang yang lebih privasi, terdapat Deepsea Privacy Plan yang luar biasa, yang akan memastikan bahwa data & informasi pribadi sangat aman dan terlindungi.

realme UI 2.0 yang menampilkan metode pra-peluncuran AI menjadi mempersingkat waktu 23,63% untuk peluncuran aplikasi. Tidak ketinggalan, realme 8 Pro juga sudah ditanamkan fasilitas NFC, hingga Audio Resolusi Tinggi untuk memastikan pengalaman audiovisual berkualitas tinggi.

Baterai
Catu daya realme 8 Pro bertumpu kepada baterai berkapasitas 4500mAh. Walau bukan yang terbesar, performa baterai realme 8 Pro terbilang awet. Hal itu bisa terjadi, lantaran ini sudah dibekali teknologi terkini yang membuatnya hemat dalam mengkomsumsi daya.

realme 8 Pro memiliki bantuan dari “Pengoptimalan Baterai Semua Layar” di tingkat perangkat lunak. Teknologi tersebut membuat smartphone ini, bisa maksimalkan baterai untuk pengelolaan tugas latar belakang, siaga larut malam, dan bahkan skenario baterai lemah. Meskipun level baterai Anda 5%, realme 8 Pro akan tetap standby selama 32 jam.

Masih soal daya tahan, untuk mengsi baterai realme 8 Pro kamu tidak perlu memakan waktu lama, lantaran sudah mendukung 50W SuperDart Charge. Teknologi 50W SuperDart Charge, bisa mengisi baterai 4500mAh hingga 100% hanya dengan waktu 47 menit.

Kesimpulan
Jika kamu beranggapan realme 8 Pro, memiliki daya tarik dari sektor tampilan serta kemampuan fitur kamera yang di atas rata-rata. Anggapan tersebut tidak salah, desain serta kualitas kamera di realme 8 Pro, bukan kaleng-kaleng Bro.

Karenanya tidak berlebihan jika pihak vendor yang memposisikan realme 8 Pro sebagai “The Best 108MP camera phone with stylish design”. Lebih dari itu, realme 8 Pro juga hadir dengan sederet teknologi terkini dan terbaik di kelas harganya. Semua teknologi tersebut bukan sekedar gimmick belaka, tapi juga sangat fungsional.

So buat para “Jawara” lebih baik minggir dulu, karena kualitas tanpa batas yang dimiliki realme 8 Pro, siap beraksi!!!!

jika kamu berminat dengan hape pemecah rekor ini, realme 8 Pro sudah tersedia di berbagai setus belanja online ternama seperti JD.ID atau kamu bisa bertandang langsung ke situs resmi realme.