Review Samsung Galaxy Tab S7: Tablet Premium Efektif Buat Kerja

Galaxy Tab S7

Di era digital kaya sekarang kita butuh perangkat yang serba guna. Salah satunya adalah tablet premium dari samsung, yaitu, Galaxy Tab S7 series yang diklaim mampu memenuhi kebutuhan kreativitas dan produktivitas penggunanya.

Review Samsung Galaxy Tab S7

Seperti apa review dari Samsung Galaxy Tab S7, bagaimana kelebihan dan kekurangannya? berikut ini adalah review lengkapnya

Layar 120 Hz

Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan layar 11 inci, resolusi 1600 x 2560 piksel, dengan kerapatan layar 274 ppi.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy Tab S6, sedikit lebih lebar. Keempat bezelnya juga didesain tipis, jadi nggak terasa besar pas di pegang.

Sayangnya, jenis panel layar masih LTPS LC. Namun begituGalaxy Tab S7 ini udah ngedukung HDR10+ dan DCI-P3, fitur yang banyak di temuin di hp flagship.

Selain itu, layarnya juga sudah mendukung refresh rate sampe dengan 120 Hz. Kemampuan refresh rate 120 Hz ini sudah diperbaiki, dibandingin dengan di Galaxy Note 20 Ultra, dimana hanya bisa dipakai di resolusi full HD Plus.

Untuk tau bedanya, Refresh rate 120 Hz harus dirasain dari respon layar. Yang paling kerasa adalah saat melihat animasi, pergerakan antar menu saat scrolling kerasa lebih mulus.

Apalagi ketika dipake maen game di settingan paling tinggi, pergerakan karakter di game dan latar belakangnya jadi lebih smooth

Meski tampilan pergerakan jadi lebih halus, tapi refresh rate layar 120Hz ini juga bakal ngurangin daya tahan baterai. Tapi tenang, karena pengaturan buat naik dan nurunin refresh rate-nya.

Galaxy Tab S7

Baca juga: Review Samsung Galaxy S7 – Smartphone Mewah Harga ‘Wah’

Caranya ke menu setting, kemudian pilih display, lalu pilih motion brightness. Di sini ada 2 pilihan untuk yg standard 60 Hz screen refresh rate dan adaptive untuk pilihan 120 Hz.

Jadi pas lagi dipake buat aktifitas internetan biasa, bisa diturunin ke 60Hz. Nah, saat mau nonton film atau main game, bisa dinaikkan ke 120z dan rasanya beda banget.

S Pen dengan Teknologi Baru di Galaxy Tab S7

Kelebihan selanjutnya, yaitu dengan adanya S-Pen. S Pen di Galaxy Tab S7 series ini dibekali peningkatan yang signifikan dibandingkan S pen yang ada di Galaxy Tab sebelumnya.

Kali ini S Pen di tablet ini udah punya peningkatan sensivitas terhadap tekanan yang lebih rendah dan ultra-low latency untuk menghadirkan pengalaman menulis yang alami seperti di atas kertas.

Hal ini bisa memberikan pengalaman yang lebih real buat dipake berbagai macam aktivitas, mulai dari menulis catatan, menggambar, dan lainnya.

Selebihnya sama seperti tablet sebelumnya, mulai dari bentuk dan beberapa fungsi di button pen-nya. Seperti: bisa buat shutter camera juga dan slide gambar buat presentasi.

Galaxy Tab S7

Baca juga: 5 Smartphone Dengan Kapasitas RAM 4 GB

Performa Tinggi

Bukan cuma cocok dipakai buat bekerja secara multitasking, tapi juga untuk gaming. Tablet ini punya performa yang terbilang sangat mumpuni.

Ini berkat Penggunaan chipset Snapdragon 865 Plus dan didukung dengan penggunaan GPU Adreno 650 ini bener-bener memberikan kinerja yang maksimal.

Prosesor yang dibangun dengan fabrikasi 7 nm+ ini punya tiga kluster. Kluster pertama adalah empat core Kryo 585 dengan kecepatan 1.8 GHz untuk hemat daya.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S7 – Smartphone Mewah Harga ‘Wah

Yang kedua, adalah 3 core Kryo 585 dengan kecepatan 2.42 GHz untuk performa. Dan yang terakhir adalah satu core prime Kryo 585 3.9 GHz untuk performa yang lebih kencang.

Selain itu untu memaksimalkan kinerjanya tablet ini dibekali dengan RAM sebesar 6GB dan kapasitas penyimpanan 128GB dengan teknologi UFS 3.0. Kalo kamu ngerasa kurang, kamu juga bisa nambahin nya lewat microSD sampe dengan 1 TB.

Keduanya juga dilengkapi dua kamera belakang, yakni wide angle 13 MP (f/2.0) dan kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2).

Untuk kamera depannya hanya ada satu, yakni 8 MP. Kualitas fotonya sendiri sudah bisa diandalkan. Punya reproduksi warna dan detil yang tergolong baik. Mungkin juga terbantu dari ISP yang dibawa dari chipset seri flagship-nya.

Samsung Dex

Dan tentu aja, tablet ini juga udah dibekali dengan fitur Samsung Dex. Buat yang belum tau fitur Samsung Dex itu apa, jadi simple nya fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan keyboard, mouse, dan monitor layaknya sebuah desktop.

Sebenernya ini udah lama sih diluncurin Samsung. Hanya aja, fitur ini udah mengalami peningkatan dari versi sebelumnya.

Baca juga: Tablet Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ Hadir dengan Fitur Lebih Lengkap

Bukan cuma itu, dengan menggunakan book cover keyboard bisa menghadirkan pengalaman seperti menggunakan PC yang sesungguhnya.

Tablet ini juga dilengkapi dengan multi active window, yang bisa menjalankan multitasking mengerjakan beberapa hal secara bersamaan.

Contoh, seperti saat menggunakan aplikasi Samsung Notes untuk menulis catatan penting sembari membuka browser, sampe nonton YouTube.

Nah, kalau sekiranya layar tablet ini dirasa kurang luas, bisa juga menggunakan monitor PC atau televisi untuk bisa mendapatkan layar kedua. Cara menghubungkannya dengan menggunakan fitur wireless Dex.

Speaker AKG dan Dolby Atmos (Galaxy Tab S7)

Dari sisi Audio juga menjadi salah satu keunggulan yang saya rasain. Galaxy Tab S7 punya Quad speaker dari AKG yang dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos.

Suara yang dihasilkan juga sangat berkualitas. 4 speaker tersebut terletak, 2 di bagian kanan dan 2 lainnya di sisi kiri.

Untuk fitur dolby atmos juga tersedia dua option dolby atmos dan dolby atmos for gaming, jadi ketika main game jangan lupa aktifkan fiturnya biar hasil audio yang dihasilin lebih bagus.

Kualitas suara dari tablet ini bisa keluar dengan sangat baik. Audio keluar yang dihasilkan cukup jelas, dengan hentakan bass yang cukup tebal. Yang penasaran sama kualitas suara dari Tab S7 ini, kira-kira

Baterai Besar

Meski punya desain tipis, tablet premium ini tergolong punya baterai yang cukup besar. Kapasitasnya 8,000 mAh, dan sudah mendukung Super fast charging 2.0 45W. Yang adalah dalam paket penjualannya, Samsung hanya berikan charger 15W aja.

Untuk penggunaan sehari-hari, kalo dipakai pake secara intensif dengan refresh rate 120Hz, bisa tahan dalam satu hari penuh bahkan lebih.

Apalagi jika hanya pemakaian kasual sesekali, alias pake pake sebagai pengganti komputer, tentunya kan bakal bertahan lebih dari satu hari.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S7 merupakan tablet premium yang bisa jadi pilihan buat kamu yang tidak ingin ribet dan bekerja secara fleksibel sebagai pengganti laptop.

Desainnya cakep dan tipis, punya layar yang sangat baik meski panelnya masih LTPS (untuk varian non-Plus), Performa powerful, speaker berkualitas dan masih banyak lagi. Selain itu juga dengan adanya Samsung DeX, S Pen dan tambahan aksesori lain seperti keyboard sangat mendukung fungsi produktivitas tinggi.