GadgetSquad.id – Instagram saat ini gak Cuma digunakan untuk memamerkan foto atau video pribadi. Tapi juga sudah mulai dimanfaatkan sebagai ‘toko online. Banyak pengguna Instagram menggunakan akunya sebagai etalase untuk memajang produk jualannya.

Instagram

Ini tidak lepas dari potensi adanya satu miliar pengguna yang mengakses Instagram setidaknya satu kali dalam sebulan. Oleh karena itu kamu yang sudah mulai jualan di Instagram harus lebih cerdas dalam menggunakan fitur-fitur Instagram untuk mencuri perhatian dan mempertahankan konsumen.

Setidaknya ada beberapa tips yang dapat membantu bisnis kamu agar tampil lebih menarik bagi para pengguna Instagram lainnya yang sekaligus menjadi calon konsumen. Ini dia tips nya
Tonjolkan Karakter Bisnis Kamu

Profil Instagram Kamu adalah etalase online bagi bisnis Anda. Karena itu, ciptakan karakter utama bisnis Kamu untuk memudahkan konsumen membedakan bisnis Kamu dengan bisnis lainnya. Kamu bisa membuat nama bisnis yang menarik, bio yang lengkap, serta tampilan Feed dengan foto dan video yang berkarakter dan berkualitas tinggi untuk menarik perhatian konsumen.

Gunakan caption untuk menyampaikan narasi cerita brand dan produk Anda. 60% dari pengguna Instagram mengatakan kalau mereka mempelajari brand atau produk secara lebih dalam dari profil bisnis di Instagram dan 75% pengguna mengatakan kalau mereka akan segera melakukan riset, mempromosikan, atau membeli sebuah produk saat mereka terinspirasi dengan postingan di Instagram. Manfaatkan peluang ini untuk menjangkau konsumen dengan mengajak mereka mengenal bisnis Kamu lebih jauh.

Baca juga : Akun Facebook Kamu Dibajak? Lakukan Cara Ini!

Bikin Konten Berformat Vertikal

Format vertikal adalah format baru yang mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar. Instagram menyediakan beberapa fitur yang menyajikan konten format vertikal seperti Instagram Stories dan Instagram LIVE. Indonesia adalah negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Secara global, 52% pengguna Instagram mengaku lebih tertarik terhadap sebuah brand atau bisnis setelah melihat konten mereka di InstagramStories. Bisnis yang melakukan LIVE mendapatkan 1,5 kali lebih banyak jumlah Likes dibandingkan bisnis yang belum pernah LIVE. Angka ini menunjukkan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan melalui konten berformat vertikal. Curi perhatian pelanggan Kamu pada tiga detik pertama saat menampilkan konten kreatif Kamu di Instagram Stories maupun Instagram LIVE.
Jalin Interaksi dengan Follower

Jangan lupa untuk menjalin komunikasi dua arah dengan pengikut Kamu melalui fitur polling, menjawab pertanyaan-pertanyaan secara aktif, dan mengadakan kontes untuk membantu penyebaran hashtag brand Kamu ke anggota komunitas yang lebih luas lagi.

Kamu juga dapat mencoba fitur interaktif Instagram, seperti Poll Stickersdan Ask Me a Question untuk membangun interaksi yang lebih seru dan menyenangkan dengan audiens Anda. Semakin aktif Kamu berinteraksi dengan pengikut Anda, mereka juga akan semakin aktif dalam memberikan likes, komen, dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat konten Anda.

Baca juga : WhatsApp Kini Bisa Video Call Conference, Caranya?

Jangan Lupa Gunakan Hashtag

Terdapat 1 miliar pengguna aktif Instagram bulanan secara global. Lebih dari 200 juta akun di antaranya mengunjungi satu Profil Bisnis setiap harinya. Menariknya, dua di antara tiga kunjungan Profil Bisnis berasal dari non-followers. 

Karena itu, penggunaan hashtag yang tepat merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan calon pelanggan. Contohnya, Kaloka Pottery, sebuah bisnis UKM asal Yogyakarta mampu menjangkau pasar Timur Tengah melalui hashtag.

Dua manfaat utama penggunaan hashtag antara lain mencari calon pelanggan dan inspirasi produk / kolaborasi dengan kreator lain, serta membuat calon pelanggan menemukan bisnis kamu. Strategi penggunaan hashtag juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Kamu bisa membuat hashtag khusus yang unik sesuai karakter bisnis Kamu atau menggunakan hashtag relevan yang sudah ada sebelumnya. Umumnya, tiga sampai lima hashtag dalam satu postingan sudah cukup efisien.

Promosikan Konten Terbaik

Instagram menyediakan beberapa format iklan untuk Feed dan Stories, seperti Promote Feed, Stories Ads, dan Carousel Ads. Fitur Promote ini memungkinkan bisnis menjangkau audiens yang lebih luas. Kamu dapat menggunakan fitur Promote Feed untuk mengiklankan postingan terbaik kamu. Namun, mengingat kini Instagram Stories dikonsumsi 32% lebih cepat dibandingkan Feed, Kamu juga dapat menampilkan iklan di Stories.

Ada dua format iklan yang ditawarkan Instagram Stories yaitu foto berdurasi lima detik atau video berdurasi 15 detik. Tetapi, setelah mempelajari bagaimana pengguna mengkonsumsi konten Stories, Instagram meluncurkan format iklan baru bernama Carousel Ads, yang memungkinkan Kamu untuk menampilkan tiga konten secara berurutan dalam satu iklan.

Untuk konten yang lebih kompleks, gabungan beberapa “chapter” ini terbukti menghasilkan kampanye iklan yang lebih efektif. Carousel Ads juga memungkinkan Kamu untuk menggabungkan format foto dan video dalam satu konten. Instagram Stories memberikan Kamu kebebasan untuk memaksimalkan kreativitas. Kamu disarankan untuk membuat tampilan konten iklan yang serupa dengan tampilan Stories pengguna Instagram pada umumnya, agar mereka tidak merasa asing saat melihat iklan kamu. Manfaatkanlah fitur asli Instagram Stories seperti GIF, boomerangsuperzoom, dan text mode untuk menarik perhatian anak muda kekinian.