Hape ini Baterainya "Sakit Jiwa" !!!

0

GadgetSquad.ID - Sepintas judul di atas bisa dikatakan berlebihan atau lebay kalau kata istilah "kids zaman now". Tapi jika sudah merasakan sendiri performa baterai, Asus Zenfone 4 Max Pro, rasanya judul di atas tidak berlebihan. 

Seperti sudah menjadi rahasia umum, kualitas daya tahan baterai adalah satu titik lemah dari sebuah smartphone. Karena jangan heran jika pengguna smartphone sangat akrab dengan colokan listrik. Permasalahan tersebut, sejatinya sudah bisa diatasi dengan hadirnya power bank,  hanya saja karena satu dan lain hal terkadang banyak juga user yang tidak suka menggunakan power bank.

Peluang tersebut coba digarap Asus dengan merilis ragam smartphone seri Zenfone seri Max. Teranyar pabrikan asal Taiwan tersebut resmi mendaratkan  varian Asus Zenfone 4 Max Pro ke Tanah Air. Seberapa lama baterai Asus Zenfone 4 Max Pro mampu bertahan, berikut reviewnya

Baterai

Tanpa banyak basi basi, bagian baterai yang menjadi keunggulan utama Asus Zenfone 4 Max Pro, langsung diuji. Secara spesifikasi, Asus Zenfone 4 Max Pro dipersenjatai baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai tersebut terbilang sangat besar, tapi apakah peforma catu daya-nya, sesuai dengan ukuran yang tertera pada spesifikasi?

Untuk menguji kekuatan baterai Asus Zenfone 4 Max Pro, saya mengujinya dengan menonton video secara steraming dan bermain game online secara stimultan. 

Saat baterai ponsel ini masih dalam kondisi 100%, pengujian pertama dilakukan dengan streaming film Wonder Woman berkualitas HD. Selama menonton film super hero tersebut, performa Asus Zenfone 4 Max Pro secara umum terbilang aman. Kalau pun ada yang sedikit menganggu, yakni ketika sudah kurang lebih 1 jam melakukan streaming, bodi hape yang mulai sedikit panas. 

Setelah kurang lebih satu jam di uji streaming film berkualitas HD, kapasitas baterai Asus Zenfone 4 Max Pro berkurang menjadi 91%. Artinya terjadi menurun kapasitas baterai sekitar 9%. Lanjut kepengujian berikutnya. Kali ini kapasitas baterai hape tersebut diuji dengan bermain game online secara stimultan. 

Setelah bermain game online nonstop kurang lebih satu jam, kapasitas baterai turung ke angka 83%, dimana artinya daya baterai ponsel ini tereduksi kurang lebih sebanyak 7%. Jika di total hampir 2 jam lamanya ponsel tersebut melakukan kerja berat, akan tetapi kapasitas baterai di ponsel ini, total hanya turun sekitar 17%.  

Baca Juga  Cara Nonton Youtube di HP Tapi Kuota Tidak Cepat Habis

Merujuk dari hasil pengujian di atas , tidak salah jika baterai Asus Zenfone 4 Max Pro, dikatakan sakit jiwa. Pasalnya dengan metode pengujian yang kuran lebih sama, rata-rata baterai di smartphone sudah berkurang lebih dari setengahnya. Sebagai info tambahan, ponsel ini memiliki baterai tipe Li-Po 5000 mAh. Berdasarkan spesifikasi, baterai tersebut bisa aktif  kurang lebih 30 jam, dengan waktu standby 1104 jam.

Desain 

Beralih ke sektor desain. Zenfone 4 Max Pro memiliki ukuran bodinya cukup bongsor. Hal ini bisa dimaklumi karena di dalam ponsel ini memiliki baterai berkapasitas yang cukup besar.  Kesan pertama saat menggenggamnya, ponsel ini terasa cukup berat. Tapi ini bukan masalah, karena justru ponsel berat membuat tangan lebih stabil ketika mengambil foto maupun video. Secara umum desain ponsel ini terbilang biasa saja, namun tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Kamera

Layaknya smartphone kekinian, Zenfone 4 Max Pro juga dipersenjatai lensa ganda di bagian belakang. Hasil gambar yang dihasilkan lensa utama (16 megapixel) dengan lensa pendamping (5 megapixel), yang punya sudut pandang lebar 120 derajat. Jika memang hasil foto auto kurang bagus, kalian tidak perlu khawatir. Asus juga menyediakan fitur pengaturan manual, sehingga pengguna bisa menentukan sendiri ISO, shutterspeed, white balance, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk keperluan selfie, terdapat lensa depan 16MP.



Dapur pacuP

erforma yang ditawarkan Zenfone 4 Max Pro dapat dikatakan tidak mengecewakan. Ini bagus untuk produk sekelasnya. Dengan sistem antarmuka ZenUI 4.0 berbasis OS Android 7.1 Nougat, pergantian halaman hingga buka-tutup aplikasi cukup nyaman dan lancar. Ponsel ini sendiri meemiliki spesifikasi dapur pacu cukup bertenaga. Ponsel ini memakai dibekali oleh SoC Qualcomm Snapdragon 430 dan RAM 3GB


Spesifikasi 

Prosesor : Qualcomm Snapdragon 430 octa-core

RAM : 3GB

OS : Android 7.0 Nougat dengan ZenUI 4.0

Memori Internal : 32GB

Kamera : Depan 16MP, Belakang Ganda 16MP dan 5MP

Baterai : 5.000 mAh

Layar : 5,2 inci (1920 x 1080 pixel)

Harga : Rp2.999.000