GadgetSquad.id – Apakah akses dari jaringan internet di Indonesia yang selama ini digunakan dirasa sudah memuaskan ? Untuk menjawab pertanyaan ini perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali mengeluarkan hasil analisanya dalam sebuah “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler, Juni 2024”

Dalam laporannya yang terbaru ini, Opensignal telah menganalisa pengalaman penggunaan jaringan internet di Indonesia khususnya milik lima operator seluler, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dan 3. Analisa ini dilakukan dalam kurun waktu 90 hari yaitu mulai 1 Februari 2024, hingga 30 April 2024. Opensignal telah mengkaji pengalaman jaringan seluler para pengguna di 10 wilayah utama Indonesia.

Meski saat ini mayoritas jaringan internet di Indonesia masih didominasi 4G, namun Opensignal juga menyertakan pengukuran 5G yang sudah dimiliki oleh beberapa operator seluler. Pengukuran ini bertujuan untuk menentukan skor keseluruhan untuk setiap kategori.

Hasil Analisa Jaringan Internet di Indonesia

Dari hasil analisa dan kajian yang dilakukan Opensignal pada pengalaman penggunaan jaringan internet di Indonesia, berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam lapoaran tersebut:

  • Kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) tercepat

Untuk kategori ini, Telkomsel mempertahankan sebagai juara untuk Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Di mana angka kecepatannya masing – masing 25,5Mbps (unduh) dan 10Mbps (unggah) . Pengguna Opensignali di jaringan Indosat dan 3 merasakan peningkatan tertinggi dalam kecepatan unduhan rata-rata, yaitu sekitar 1Mbps. Namun, semua jaringan seluler Indonesia mengalami penurunan dalam Pengalaman Kecepatan Unggah sejak laporan sebelumnya.

  • Kelancaran Video dan Game Online

Untuk kategori ini operator 3 menjadi pemenangnya, sebagai operator dengan jaringan internet di Indonesia yang paling memuaskan untuk akses video dan game online. 3 juga mempertahankan penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara. Namun, pengguna Opensignal di jaringan Telkomsel mendapatkan pengalaman video seluler dan gaming terbaik di Pulau Jawa, karena Telkomsel memenangkan sebagian besar penghargaan Pengalaman Video dan Pengalaman Game di seluruh provinsi di Jawa.

Baca juga : Ini Penyedia Layanan Internet Fixed Broadband Terbaik di Indonesia Selama 2023

  • Kualitas Konsisten

Soal pengalaman merasakan kualitas jaringan yang konsisten, Indosat keluar sebagai pemenangnya. Bahkan Indosat menang kategori ini ketiga kalinya secara berturut-turut. Indosat mengalahkan 3 dengan selisih dua poin persentase. Kecuali Smartfren, semua operator Indonesia telah mengalami peningkatan skor Kualitas Konsisten sejak laporan sebelumnya.

  • Luas Cakupan Jaringan

Telkomsel tetap menjadi satu-satunya pemenang penghargaan Pengalaman Cakupan dengan 8,59 poin pada skala 10 poin, memenangkannya selama tiga kali berturut-turut. Telkomsel unggul jauh diatas Indosat dan 3 yang menempati posisi kedua dengan skor yang sama di 4,91 poin.

  • Jaringan Paling Andal

Untuk kategori ini, 3 menjadi pemenangnya. 3 meraih penghargaan Pengalaman Keandalan dengan skor 863 poin pada skala 100 -1000 poin. Indosat berada di urutan kedua, sembilan poin di belakang 3. Pengalaman Keandalan oleh Opensignal mengukur kemampuan pengguna untuk terhubung dan berhasil menyelesaikan tugas-tugas dasar di jaringan operator.

 

  • Penghargaan Terbanyak

Telkomsel menjadi operator yang paling banyak mendapatkan penghargaan. Telkomsel meraih penghargaan terbanyak di 10 wilayah Indonesia — 35 penghargaan tunggal dan 5 penghargaan bersama kompetitor, dengan sebagian besar penghargaannya berasal dari kategori kecepatan regional.

Telkomsel juga meraih sebagian besar penghargaan Pengalaman Video, Pengalaman Game, dan Konsistensi Kualitas di seluruh provinsi di Pulau Jawa, yang berarti Telkomsel memiliki pengalaman video dan game terbaik serta kualitas pengalaman jaringan paling konsisten di pulau tersebut.

3 adalah pemenang tunggal untuk 23 penghargaan dan berbagi 11 kemenangan dengan para pesaingnya, sebagian besar dalam penghargaan pengalaman. Pengguna Opensignal di jaringan Telkomsel di Jakarta Raya menikmati kualitas layanan seluler yang paling konsisten (77,5%) dan kecepatan unggah rata-rata tercepat (13Mbps) di Indonesia.