GadgetSquad.id – Opensignal, Perusahaan analitik seluler global, kembali merilis analisis terbaru berjudul “Indonesia, Pengalaman Fixed Broadband, Desember 2023” Dalam laporan terbaru ini, Opensignal telah menganalisis pengalaman nyata pengguna internet fixed broadband di Indonesia, di seluruh Jawa dan 10 kota — Jakarta, Surabaya, Kota Bandung, Semarang, Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Medan, dan Kota Tangerang.

5 Trik Perbaiki Sendiri Internet WiFi Rumah Yang Lemot (1) internet fixed broadband

Penyedia Layanan Internet Fixed Broadband Terbaik

Untuk mencerminkan berbagai cara penggunaan layanan internet fixed broadband, Opensignal telah menganalisis empat ukuran yang berbeda dari pengalaman para pengguna, yaitu: Pengalaman Video Broadband, Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Puncak Unduhan Broadband, dan Kecepatan Unggahan Broadband.

Baca juga : 6 Cara Berlangganan Internet Rumah yang Lebih Hemat

Berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam artikel tersebut:

  • Pengguna First Media dan Oxygen.ID di Jawa memiliki Pengalaman Video Broadband terbaik di antara penyedia yang Opensignal bandingkan: Pengalaman keduanya ditempatkan dalam kategori ‘Baik’, secara rata-rata dapat melakukan streaming video dengan resolusi 720p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan sedikit penundaan.

Dengan skor statistik seimbang sebesar 66,3-66,6 poin pada skala 100 poin. Hal ini membuat mereka unggul tipis sekitar 1,2 poin atas MNC Play, Biznet, CBN, dan MyRepublic, yang seimbang berada di peringkat ketiga dengan skor di kisaran 64,8-65,5 poin. Baik pemenang maupun runner-up menempati kategori ‘Baik’ (58-68)

 

  • Biznet unggul dalam metrik kecepatan di Jawa untuk layanan internet fixed broadband : Biznet mengklaim posisi teratas untuk Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband. Sedikit unggul di atas First Media dan keunggulan signifikan atas pesaing lainnya. Biznet memimpin dalam pengalaman Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband (baik secara langsung maupun bersama-sama) di seluruh kota yang diteliti.

First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering menjadi yang teratas (di 9 dari 10 kota).

 

  • Biznet berbagi posisi teratas dengan First Media dalam Kecepatan Unduhan Puncak Broadband: Dengan skor statistik seimbang yaitu 99,8-110,9Mbps. Biznet meraih kemenangan langsung untuk Kecepatan Unduhan Broadband dengan kecepatan 29,3Mbps, mengalahkan First Media, pesaing di posisi kedua, dengan selisih tipis sebesar 1Mbps. Keduanya mengalahkan pemegang posisi ketiga yang imbang — Indosat, CBN, MyRepublic, XL, dan Oxygen.ID, yang skornya berada di kisaran 72,5-91,5Mbps — dengan keunggulan sekitar 20,5Mbps.

 

  • Biznet menduduki peringkat teratas dalam hal kecepatan layanan internet fixed broadband  untuk unduhan dan unggahan: di sebagian besar kota yang diteliti dan memiliki pengalaman terdepan di 29 dari 30 perbandingan yang telah kami buat (untuk Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Unggahan Broadband, dan Pengalaman Video Broadband), sebagian besar menempati posisi pertama dengan keunggulan yang kuat atas para pesaingnya.

First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering berada di antara yang teratas.