GadgetSquad.id – Teknologi loseless zoom hadir kembali pada OPPO Find X6 Pro. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan OPPO pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 dengan menghadirkan fitur “5x Dual Camera Zoom” . Fitur ini terinspirasi dari periskop pada kapal selam. Pada teknologi ini, OPPO menanamkan kamera ganda menggunakan lensa sudut lebar dan telefoto, Untuk menyimpan lensa telephoto, OPPO menggunakan struktur gaya periskop sehingga dapat menyimpan ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

Dua tahun kemudian, pada MWC 2019, OPPO mengumumkan kehadiran teknologi 10x lossless zoom yang mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto yang menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat. OPPO juga akan menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa tersebut. Perangkat ini akan menghasilkan gambar yang jernih dan hasil foto yang lebih tajam dan mengurangi blur.

 

 

Teknologi tersebut terwujud melalui sebuah smartphone yang dinamakan OPPO Find X2 Pro yang dirilis di Indonesia pada maret 2020. Find X2 Pro hadir kombinasi tiga kamera dengan lensa utama wide angle 48MP + lensa bersudut ultra lebar 48MP + lensa telefoto 13MP, yang mampu mencapai 10x zoom hybrid.

Baca juga : Oppo Find X2 Pro Jadi Hp Paling Ngebut di 2020 

OPPO Find X2 Pro dilengkapi dengan kemampuan 10x hybrid zoom generasi kedua dimana kemampuan optikal perangkat ini hingga 5x zoom. Chip driver OIS terbaru yang dikombinasikan dengan teknologi image multi-focus fusion dan ultra-resolution algorithm untuk memastikan konsistensi warna dan white balance saat berganti kamera. Hal ini menjadikan proses zoom lebih alami dan mulus. Pengguna dapat dengan mudah mengganti zoom di antara tiga kamera tersebut untuk memotret jarak pendek 3 cm dan mencapai maksimum 60x zoom. 

 

hasil foto 60x zoom OPPO Find X6 Pro

3 tahun kemudian, teknologi ini berkembang dengan mengusung konsep foto portrait yang sedang naik daun. Konsep ini diwujudkan dalam perangkat OPPO Find X6 Pro. Sebuah perangkat flagship yang meningkatkan kemampuan tele zoom dengan memberikan sensor yang lebih baik dari tiga tahun yang lalu. Menempatkan 50 Megapixel SONY IMX890 sebagai sensor untuk kamera telefoto.

Pengguna bisa  mendapatkan kualitas gambar dari zoom optik pada lensa telefoto untuk menangkap gambar potret profesional dalam lingkungan dengan cahaya redup bahkan dengan kontras tinggi. Apalagi dalam melakukan pembesaran, sensor ini telah menggunakan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang akan meningkatkan tingkat kestabilan gambar ketika menggunakan fitur 6x zoom.

OPPO Find X6 Pro (1)

Jika dibandingkan hasil teknologi hybrid zoom ini terasa sekali perbedaannya. Terutama dalam lompatan teknologi, baik dari sensor yang diusung, kualitas lensa, bahkan algoritma kecerdasan buatan. Find X2 Pro membawa sensor sebesar 13 Megapixel untuk telefoto sedangkat Find X6 Pro membawa sensor 50 Megapixel untuk lensa yang sama. Keunggulan sensor besar tentunya sanagt berpengaruh kepada ketajaman dan juga gambar yang lebih jernih, karena banyaknya cahaya yang diserap. 

Untuk teknologi zoom, jika dilhat perbedaannya tidak terlaku signifikan, antara 5x zoom pada Find X2 Pro dan 6x Zoom pada Find X6 Pro. Namun, sensor, algoritma AI, jenis lensa sangat mempengaruhi hasil dari kedua perangkat ini. Sangat tampak berbeda, pada Find X6 Pro terlihat kemampuannya lebih superior.

hasil foto 19x zoom OPPO Find X6 Pro

Peruntukan zoom pada kedua perangkat ini juga sangatlah berbeda, OPPO Find X6 Pro menggunakan lensa jenis ini untuk memproduksi tele portrait, apalagi ditambah algoritam pengembangan dari Hasselblad. 

Ketika menggunakan lensa ini di malam hari, sangat terlhiat lompatan teknologi zoom pada Find X6 Pro mampu menyajikan gambar yang jauh lebih baik. Sensor dan algoritma yang diusung berhasil menghasilkan gambar lebih jernih dengan tingkat ketajaman yang sangat terjaga. Noise pada Find X6 Pro juah lebih rendah dan berhasil menampilkan gambar yang sangat ideal untuk malam hari.

OPPO melakukan penyesuaian terbaik untuk lompatan teknologi zoom dan hybrid zoom pada Find X6 Pro yang berhasil menyajikan gambar yang lebih jernih di segala situasi, rendah noise dengan ketajaman yang baik