GadgetSquad.id –  OPPO  ternyata kini menjadi pemimpin atau nomor satu di pasar smartphone Indonesia. Hal itu berdasarkan laporan dari lembaga Canalys dan IDC, yang menyebutkan  di kuartal empat tahun 2022 tercatat OPPO sebagai penguasa pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Wuiih! OPPO Kini Jadi No.1 di Pasar Smartphone Indonesia, Ternyata Ini Strateginya! (1)

Lembaga Canalys menyebutkan, OPPO berhasil menjadi nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal 4 2022 dengan persentase penguasaan pasar sebesar 27%. Sedangkan, laporan dari IDC mencatat OPPO menjadi satu satunya produsen smartphone dengan pertumbuhan tahunan positif di angka 7.4 %.

Masih dari laporan IDC, OPPO berhasil menguasai market share 26.1 % selisih 4.3 % dari pemegang posisi kedua di pasar. Ini menjadikan OPPO tidak hanya sebagai penguasa pasar smartphone Indonesia, tapi juga cukup jauh mengungguli para vendor lain yang menjadi pesaingnya.

Strategi OPPO Kuasai Pasar Smartphone Indonesia

Keberhasilan OPPO menjadi nomor satu di pasar smartphone Indonesia, berkat sejumlah strategi yang dijalankan di 2022. Strategi ini dinilai berhasil membuat produk smartphone OPPO diterima pasar dengan respon yang baik. Ini dia beberapa strategi tersebut :

  • Produk Smartphpone Diminati Pasar

Hasil laporan Canalys dan IDC pada kuartal 4 tahun 2022, juga menunjukan bahwa berbagai produk smartphone OPPO yang dilempar ke pasaran ternyata yang diminati sekaligus dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia.

  • Perhatikan masukan dari pengguna

Keberhasilan OPPO mengeluarkan prosuk yang diminati pasar, tidak lepas dari upayanya yang menyajikan produk berorientasi pada para penggunanya. Ini buah dari upaya OPPO yang menerima berbagai saran dan masukan terhadap setiap produknya, untuk kemudian diterjemahkan menjadi sebuah smartphone.

Baca juga : OPPO Reno8 T Bawa Kamera 100 Mpix, Ini Harga dan Fitur Unggulan Lainnya

Di kuartal 4 2022 OPPO menyajikan banyak produk di pasar smartphone Indonesia yang berhasil menarik perhatian konsumen , terutama pada Reno8 series hingga perangkat OPPO Pad Air yang juga sangat laris di pasaran dan habis terjual dalam kurun waktu beberapa bulan saja.

  • Dukungan Marketing Kreatif 

Tak hanya menghadirkan produk yang disukai konsumen, OPPO juga berupaya memberikan dukungan produk melalui berbagai kegiatan marketing kreatif. Pada Kuartal 4 2022, OPPO selenggarakan kampanye “OPPO Choose Joy” yang tidak hanya memberikan berbagai penawaran menarik akhir tahun namun juga mengajak masyarakat Indonesia untuk turut memilih dan menunjukkan kebahagiaannya kemudian membagikannya kepada orang di sekitar. OPPO Choose Joy juga berhasil mengumpulkan 66 ribu pesan bahagia yang ditorehkan konsumen melalui media sosial.

 

Strategi OPPO Ke Depan

Untuk tetap menjaga penguasaanya pada pangsa smartphone Indonesia, ada sejumlah strategi lain yang akan dilakukan OPPO. Hal ini berdasarkan hasil kunjungan petinggi OPPO ke Indonesia, yaitu Pete Lau, Chief Product Officer OPPO dan Billy Zhang, Vice president OPPO serta beberapa petinggi lain dari OPPO pusat. Mereka berjumpa dengan para dealer, konsumen dan O-Fans secara langsung untuk mendapatkan masukan. 

Berdasarkan pertemuan dengan dealer, konsumen dan O-fans, ekosistem pasar OPPO dapat berjalan lebih baik lagi dengan membangun keseriusan OPPO dalam membangun loyalitas pada tingkat konsumen, komunikasi lebih mendalam dengan para dealer dan dan mencoba mewujudkan produk-produk favorit yang dibangun berdasarkan masukan dari konsumen, O-fans dan dealer menjadi untuk memberikan jawaban kebutuhan konsumen Indonesia. Target besar OPPO kedepannya adalah memfokuskan diri untuk pengembangan di perangkat High-end di pasar smartphone Indonesia.