Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A, Apa Bedanya?

0
Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A, Apa Bedanya?
Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A, Apa Bedanya?

Xiaomi Redmi 5A baru saja resmi rilis di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Menariknya smartphone penerus Redmi 4A ini dibenderol dengan harga yang terblang murah bahkan disebut-sebut merusak harga pasar yang ada di Indonesia. Lalu antara Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A, apa bedanya ?

Dibanderol dengan harga Rp1 Juta, Redmi 5A bahkan lebih murah dari Xiaomi Redmi 4A yang saat ini dibaderol dengan harga Rp1,5 Juta. Meski dibenderol dengan harga yang murah, namun Redmi 5A memiliki spesfikasi yang cukup tinggi, bahkan sebanding dengan Xiaomi Redmi 4A yang harganya lebih mahal dibandingkan Redmi 5A.

Baca Juga: Xiaomi Redmi 5A Dijual Sejuta, Ini Fitur Unggulannya

Apa bedanya antara Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A?

Desain

Dari sisi dimensi dan ukurannya, perbedaan antara Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya desainnya. Pada bagian bagian belakang bisa dilihat Redmi 5A memiliki garis pembatas tepat di bawah kamera  dan di atas speaker bagian bawah.

Sedangkan, Redmi 4A punya garis pemisah yang melintas tepat di kamera belakang dan speaker-nya berada di atas pembatas bawah. Bodi Redmi 5A juga diklaim lebih baik karena mengusung material aluminium, sementara Redmi 4A berbahan plastik.

Kinerja

Dari sisi kinerja keduanya sama-sama mengunakan prosesor Snapdragon 425, RAM 2 GB dan pilihan internal memory 16 GB. Keduaya juga sama-sama dibekali slot memori eksternal, sehingga pengguna bisa menambahkan kapasitas memori jika kehabisan. Yang membedakan adalah dimana slot memori eksternal.

Baca Juga: Hasil Kamera Xiaomi Redmi 4X

Pada Xiaomi Redmi 5A memiliki slot sendiri, jadi tidak mengorbankan slot SIM sedangkan pada Redmi 4A mengunakan sistem hybrid sehingga pengguna harus memilih antara menggunakan SIM card atau slot memori eksternal.

Baca Juga  Mi 6X, Hp Penerus Xiaomi Mi A1 Bakal Rilis Akhir April?

Sistem Operasi

Sebagai smartphone yang dirilis belakangan, Redmi 5A menjalankan sistem operasi Android yang lebih baru dibandingkan 4A. Redmi 5A mengusung sistem operasi Android versi Nougat 7.1.2 dengan lapisan MIUI 9. Sedangkan, Redmi 4A membawa OS Android versi Marshmallow 6.0.1 dengan lapisan MIUI 8.

Kamera

Cari sisi kamera, baik Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 4A sama-sama dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Namun yang membedakan antara kedua fitur kamera yang dibawa masing-masing smartphone ini adalah dimana pada kamera belakang Redmi 5A telah dilengkapi phase detection autocofocus (PDAF), yang bisa mengunci objek foto secara lebih cepat dan akurat.

Sedangan Redmi 4A yang hanya memiliki fitur autofocus standart. Perbedaan pada kamera selfie juga nampak pada bukaan lensa sedikit lebih besar dengan aperture f/2.0, dibandingkan kamera depan Redmi 4A dengan bukaan f/2.2.

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 5A: Jago di Spesifikasi, Tapi Tanpa Sensor Sidik Jari

Baterai

Perbedaan lain bisa dilihat pada kapasitas baterai. Redmi 4A membawa baterai dengan kapasitas yang lebih besar dengan 3.120 mAh. Sedangkan, Redmi 5A hanya membawa baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Perbedaan ini emang tidak begitu kentara mengingat sistem operasi yang digunakan pada Xiaomi Redmi 5A lebih baru, yang notabene pasti memiliki pengelolaan konsumsi daya yang lebih hemat.