Manual Book di Hape, Perlu Nggak Sih dibaca ?

0

Dengan manual book, kamu bisa pelajari bagaimana cara menggunakan dan maksimalkan penggunaan hape.

manual book
manual book

Di paket penjualan sebuah hp pintar atau smartphone biasanya kita mendapatkan manual book atau buku manual. Didalamnya biasanya berisi panduan penggunaan tentang hp yang kita beli.

Lalu sebenarnya apakah buku paduan ini cukup membantu dalam penggunaan perangkat tersebut? Berikut ulasannya.

Buku manual ini ini biasanya menyediakan bahasa pengantar selain bahasa Inggris, dan bahawa yang disesuaikan dengan negara yang menjualnya. Seperti produk yang dijual di Indonesia, petunjuk pemakaiannya menggunakan Bahasa Indonesia.

Alasan harus membaca

Manual book biasanya juga disediakan di semua produk yang dijual baik itu hp, peralatan rumah tangga, kendaraan, juga benda elektronik diberi buku panduan penggunaan.

Sejatinya buku panduan wajib dibaca konsumen karena terdapat peringatan ‘Please read before use’ yang artinya ‘Mohon dibaca sebelum menggunakan produk’. Peringatan ini ditujukan kepada konsumen sehingga barang tersebut dioperasikan dengan tepat.

Buku panduan memberikan banyak informasi dasar penggunaan produk yang dibeli. Pada ini bahkan dicantumkan fitur-fitur yang diuraikan secara lengkap, seperti pada gadget.

Baca Juga: 9 Smartphone Pilihan Yang Dijual Rp 1 Juta-an

Misal, penggunaan tombol multifungsi pada hp yang bisa dikombinasikan dengan tombol lain. Selain itu, dijelaskan juga fitur penguncian sidik jari jika ada. Buku ini juga menjelaskan resiko pemakaian barang yang tidak tepat.

Bisa dikatakan bahwa sebenarnya membaca buku panduan cukup penting sebelum menggunakan perangkat digital khususnya. Selain mengetahui informasi basis dari perangkat, terdapat juga penyelesaian jika perangkat mengalami kerusakan kecil.

Alasan Tidak harus membaca

Buku panduan biasanya juga diberikan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai pengantarnya. Beberapa orang masih merasa bahwa tersedianya buku panduan untuk suatu perangkat sangat berguna. Namun ada jjuga yang merasa kesulitan dalam pemakaian perangkat yang cukup baru bagi mereka jika tidak ada buku panduan.

Sebagian orang lainnya memilih untuk mengabaikan adanya buku panduan. Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan perangkat digital, penggunaan dirasa sama saja dengan perangkat serupa.

Baca Juga  Sebentar Lagi Batas Akhir Registrasi Prabayar, Begini Caranya untuk Semua Operator

Baca Juga; Ini Paket Penjualan dan Hands-On Samsung Galaxy Note FE (Fan Edition)

Jika terdapat kerusakan seperti error sesaat, mereka akan mencarinya menggunakan internet. Banyak orang yang memiliki permasalahan yang sama dan membagikan saran untuk mengatasinya di situs tertentu.

Cara yang dibagikan dirasa lebih efektif daripada mencarinya di buku panduan. Selain cepat, mencari informasi secara daring juga lebih praktis karena hanya perlu kata kunci sesuai kebutuhan.

Panduan Visual Lebih Mudah Dipahami

Bukan panduan berbentuk buku saja yang mulai ditinggalkan, namun CD/DVD pelengkap pada kotak produk yang memuat instruksi dalam format audio visual pun telah menurun popularitasnya. Salah satu faktor yang memengaruhi berkurangnya CD panduan dari peredaran adalah untuk menekan biaya produksi.

Alasan utamanya adalah karena sebagian besar pengguna gawai lebih memilih menonton video tutorial yang tersedia di beragam situs, baik resmi maupun tidak resmi. Banyak orang baik dari dalam maupun luar negeri pun dengan sukarela membuat sebuah video yang menjelaskan penggunaan produk secara detail.

Kehadiran video penjelasan produk dalam bentuk unboxing maupun tutorial semakin marak pada situs seperti Youtube. Publik yang menontonnya merasa bahwa penjelasan yang diberikan melalui visual lebih mudah dipahami.

Hal ini terjadi karena pembuat video langsung mempraktekkan cara penggunaan barang tersebut. Meski video berdurasi lebih dari 10 menit, seseorang akan rela menontonnya hingga selesai.

Jadi dibandingkan membaca buku panduan atau artikel yang penuh dengan tulisan, mempelajari suatu barang melalui visual dan audio dalam suatu video dirasa lebih efektif.