LazadaLazada memperkenalkan konsep Shop-in-shop kepada para pemilik brand.

GadgetSquad.id – Toko online kini menjadi salah satu kanal retail pilihan untuk meningkatkan hasil penjualan. Karena menawarkan kemudahan bagi tidak hanya penjual tapi juga konsumen . Bagi toko online, juga ada ‘kewajiban’ agar barang yang dijual di layanannya bisa laku. Lazada, salah satu layanan toko online membocorkan startegi mereka. Seperti apa ?

Baca juga : 5 Tips Belanja Online di Harbolnas Aman Dari Penipuan

Persentase transaksi online saat ini memang baru mencapai 2,4% dari total pasar retail. Tapi potensinya sangat menjanjikan. Pada tahun 2017 tercatat kenaikannya mencapai 1,5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Itulah mengapa layanan toko online menarik berbagai pihak, termasuk para brand untuk memperluas pasar secara online. Caranya antara lain dengan memiliki situs e-commerce sendiri. Namun untuk mengelolanya butuh investasi yang tidak sedikit.

Hal ini lah yang melatarbelakangi Lazada memperkenalkan konsep Shop-in-shop di tahun 2014 kepada para pemilik brand. Sehingga mereka bisa memiliki “toko online” sendiri di dalam Lazada. Selain itu Lazada juga menawarkan jasa Lazada Marketing Solution (LMS) untuk membantu brand memaksimalkan penjualan onlinenya.

Hadir sejak 2016, Lazada Marketing Solution (LMS) menawarkan solusi strategi marketing online bagi brand untuk mengelola sendiri “toko online”nya di platform Lazada.

Melalui LMS brand tidak lagi perlu merintis toko onlinenya dari nol, brand juga dapat menyesuaikan tampilan dan pesan yang disampaikan sesuai target konsumen yang diinginkan.

LMS juga dapat membantu brand mengenal dan membentuk engagement yang paling sesuai untuk masing-masing target konsumen untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu contoh keberhasilan LMS membantu brand, adalah saat salah satu brand dari perusahaan FMCG ternama berhasil mencapai 5x lipat kenaikan penjualan produk premium baby care-nya pada saat kampanye Online Revolution 2017 dibandingkan dengan hari biasa tanpa kampanye.

Melalui Shop-in-Shop atau official store brand tersebut dan juga main page Lazada, brand dapat mengedukasi konsumen tentang produk mereka dengan lebih strategis sehingga kini mereka memiliki pelanggan setia yang rutin melakukan pembelian berkala produk premium baby care baik di situs Lazada maupun aplikasinya.

Melalui onsite placement produk tersebut mendapat rata-rata impresi 1,9 juta dengan konversi ke kunjungan sebesar 61% setiap harinya.

Baca juga : Telah Dibuka ! Acer Official eStore, Toko Online Berbagai Produk Acer

Saat ini, LMS tengah meluncurkan program terbaru bernama Hero Brands. Melalui kolaborasi bersama brand, agency, dan para entrepreneur muda. Program ini bertujuan untuk memposisikan brand sebagai pilihan belanja premium bagi para konsumen Lazada. Yaitu melalui exposure lebih tinggi di halaman depan Lazada, media sosial, dan Customer Relationship Management (CRM).

Sehingga diharapkan melalui program ini  page view (PV), net merchandise value (NMV), dan item yang terjual dari brand meningkat secara signifikan melebihi non Hero Brands.