Begini Cara Sederhana Cegah Hape "Matot" Akibat Kehujanan

0


GadgetSquad.ID - Terkadang, tanpa disadari ketika beraktivitas di luar ruangan saat musim hujan, hape kesayangan ikut diajak hujan-hujanan, hehehe. Hasilnya, jika beruntung hape tersebut masih bisa aktif. Tapi, dari pengalaman selama ini, biasanya hape tersebut "matot" (mati total).

Sebenarnya, kemungkinan hape matot saat kena air bisa dihindari, asalkan kamu nggak panik. Biasanya karena panik, kamu malah mengambil langkah keliru, yang berujung hape tersebut jadi matot.

Nah, berdasarkan laman Android Authority, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan, sebagai pertolongan pertama saat hape nggak sengaja diajak main air!!

1. Jangan dipencet-pencet

Ponsel yang tercebur baiknya jangan dipencet-pencet. Android Authority mengingatkan bahwa memencet tombol atau layar di ponsel dapat mengakibatkan air yang didalamnya dapat terdorong ke komponen yang lebih dalam lagi.

2. Jangan coba dinyalakan

Kadang karena penasaran kamu suka iseng menyalakan hape yang terlanjur basah. Hal itu jangan dilakukan, lantaran bisa berakibat korslet. Tapi bagaimana jika hape tersebut menyala, saat coba dinyalakan? Disarankan agar jangan mematikan ponsel dengan memencet tombol on atau off, jika memungkinkan langsung saja melepaskan penutup baterai (ini hanya belaku hape yang desain tidak uni body).

3. Jangan gunakan pengering rambut

Mengeringkan air dengan pengering rambut, justru bisa membuat hape rusak. Sebab, tekanan udara dari pengering rambut justru dapat mendorong air ke tempat yang lebih dalam di ponsel. Panas dari pengering rambut juga tidak baik untuk ponsel. Pasalnya, panas pengering rambut bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusaknya.

Baca Juga  Hasil Foto Xiaomi Redmi 5 Plus

4. Jangan Dibawa-bawa

Ponsel basah kuyup yang justru dibawa-bawa akan turut menggerakan air di dalam ponsel tersebut, sehingga bisa saja air malah masuk ke komponen yang lebih dalam.