GadgetSquad.id – Asus masih ‘menyimpan’ Hp jagonnya, yaitu seri Asus Zenfone 5, yang belum juga diluncurkan di Indonesia. Asus masih melakukan ‘pemanasan’ dengan merilis beberapa seri Hp lainnya. Diantaranya Zenfone Max Plus (M1) yang sudah dirilis Maret 2018 dan yang terbaru yaitu Zenfone Max Pro (M1).

Dan Indonesia menjadi negara pertama yang merilis Zenfone Max Pro. Hp terbaru ini didesain Asus sebagai Hp game yang ditujukan untuk para mobile gamer. Berbicara soal game, Asus sudah terkenal melalui produk laptop ROG, jadi kemampuannya bisa dikatakan bisa diandalkan. Namun untuk perangkat Hp, saat ini Asus menjagokan Zenfone Max Pro.

Asus Zenfone Max Pro dibanderol dengan harga yang terbilang murah. Meski begitu Hp Asus terbaru ini sudah membawa sederet fitur unggulan untuk mendukung pengalaman bermain game di Hp yang lebih mumpuni. Apalagi belakangan sedang menjadi tren game online di Hp.

Fitur unggulan yang ada di Zenfone Max Pro mulai dari tampilan layar luas, performa prosesor yang kencang, hingga baterai yang tahan lebih lama. Meski begitu Zenfone Max Pro juga tidak melupakan fitur kamera yang masih menjadi fitur favorit para pengguna. Hp Asus ini sudah dilengkapi dengan fitur dual camera yang sudah menjadi tren Hp zaman now.

Baca juga : Harga Asus Zenfone Max Pro M1 Lebih Murah dari Xiaomi Redmi Note 5, Berapa?

Layar Makin Luas

Fitur layar menjadi salah satu perhatian Asus pada Hp terbaru ini untuk kebutuhan bermain game. Zenfone Max Pro didesain dengan layar yang memiliki tampilan luas, yaitu ukuran 6 inci. Tidak hanya itu, aspect ratio layar juga sudah mengikuti tren kekinian, yaitu dengan aspect ratio 18 : 9. Dengan tampilan yang luas, bermain game akan semakin puas. Apalagi game yang memiliki aspect ratio yang sama, tampilannya akan terlihat utuh.

Apalagi layarnya mampu menampilkan tampilan grafis yang tajam. Ini berkat dukungan spesifikasi layar dengan teknologi IPS berresolusi Full HD+ (2160 x 1080 pixels) dan 1500 : 1 Contrast Ratio. Ditambah lagi dukungan prosesor grafis GPU Adreno 509 yang membuat tampilan game dengan grafis yang tajam, framerate yang berat dan setingan tampilan game yang paling tinggi sekalipun, bisa dijalankan dengan mulus tanpa nge-lag.

Tampilan layar yang berpenampilan full display juga didesain dengan bentuk bezel-less, dimana hanya menyisakan bezel tipis di samping layar. Gunakan layar 2,5D melengkung,  sehingga layar yang agak timbul dari bodi dan menambah kesan elegan.

Bodi Terasa Kokoh

Meski layar Hp ini memiliki ukuran 6 inci yang luas, namun dimensi bodinya tetap sama seperti Hp berukuran layar 5,5 inci. Untuk desain bodinya, Hp Asus terbaru ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dari Zenfone Max Plus.

Bodinya berbentuk ergonomis dengan desain membulat di tiap ujungnya. Bodinya yang menggunakan bahan metal aluminium yang terasa kokoh saat digenggam. Bodi belakangnya berpenampilan hitam dengan kontur doff. Bagian sekeliling pinggir bodi Hp ini dibentuk membulat sehingga membuat lebih nyaman dipegang.

Asus Zenfone Max Pro juga sudah tidak lagi menyediakan tombol Home, yang juga sebagai fingerprint sensor, di bagian bawah layar. Ini efek dari ukuran layar yang semakin luas. Adapun fingerprint sensor dipindahkan posisinya ke ke bodi belakang. Sensor fingerprint yang berbentuk bulat ini posisinya terbilang pas, karena mudah diakses dengan jari. Sensitivitas  fingerprint sensor sangat responsif, hanya butuh 0,3 detik untuk mengifentifikasi sidik jari

Selain tombol Home yang hilang, tombol Back dan Recent juga tidak tampak di Hp ini. Untuk melakukan navigasi berbagai menu, disediakan 3 tombol virtual (Back, Home, Recent) di dalam layar paling bawah.

Bodi Zenfone Max Pro disematkan tombol power dan volume di bagian samping kanan. Kedua tombol ini terasa empuk saat ditekan. Karena memiliki desain unibodi, alias baterai menyatu dengan bodi, maka slot simcard dan memori tambahan diletakkan di bodi luar, tepatnya di samping kiri.

Cukup tusuk menggunakan jarum pada lubang penutup slot ini, maka akan keluar triple slot. Yaitu terdiri dari 2 slot untuk simcard 1 dan simcard 2 yang berukuran nano dan 1 slot lagi untuk kartu MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 2 TB. Di bodi bawah Hp ini disematkan lubang jack 3,5 mm untuk audio, port MicroUSB untuk charger dan kabel data, serta lubang speaker.

Didukung Prosesor Snapdragon 636

Untuk kinerjanya, Zenfone Max Pro mengandalkan prosesor terbaru buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 636 14 nm Octa-core. Snapdragon 636 menggunakan mikroarsitektur Kyro 260 terbaru yang biasanya digunakan pada Snapdragon seri 800.

Prosesor ini membawa sejumlah keunggulan dibandingkan seri prosesor sebelumnya yaitu Snapdragon 625 dan 630 yang masih banyak digunakan pada beberapa Hp yang sekarang beredar di pasaran. Snapdragon 636 merupakan chipset andalan terbaru dari Qualcomm yang dibuat untuk melanjutkan popularitas Snapdragon 625 dan 630.

Snapdragon 636 diklaim memiliki performa 50-100 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625.  Prosesor Snapdragon 636 juga memberikan 40 persen peningkatan performa dan 10 persen peningkatan performa untuk gaming dan browsing dibandingkan Snapdragon 630.

Performa Lebih Kencang

Selain berkat prosesor Snapdragon 636 terbaru, performa Hp Asus terbaru ini bisa ‘berlari’ lebih kencang karena juga didukung RAM berkapasitas besar. Zenfone Max Pro hadir dalam 3 pilihan RAM, yaitu RAM 3 GB (memori internal 32 GB), RAM 4 GB (memori internal 64 GB) dan 6 GB (memori internal 64 GB). Selain itu juga disokong GPU Adreno 509 untuk tampilan grafisnya.

Dan yang semakin membuat Hp ini bisa makin tangguh dalam menjalankan game berat atau aplikasi lainnya, yaitu karena sudah mengadopsi sistem operasi Pure Android 8.1 Oreo. Zenfone Max Pro hanya menggunakan sistem Android murni (pure Android) tanpa adanya custom ROM Android, atau Android yang sudah dimodifikasi oleh vendor Hp.

Kebanyakan Hp saat ini mengadopsi sisten Android yang sudah dimodifikasi. Misalnya sudah ditambahkan dengan sistem user interface (UI) buatan vendor sendiri. Hal ini sebenarnya membuat Hp bekerja lebih berat.

Nah, dengan mengusung Pure Android, bisa dipastikan sistem yang bekerja pada Zenfone Max Pro semakin ringan. Dengan begitu Hp ini bisa bekerja lebih cepat bahkan hingga dua kali lipat. Hal ini pun setidaknya terbukti ketika Hp ini digunakan untuk bermain games online seperti Mobile Legends , AOV atau PUBG, terasa tampilan game bisa berjalan sangat mulus tanpa nge-lag.

Baterai Tahan Lama

Sudah bisa ditebak, adanya kata ‘Max’ pada nama seri Hp ini menjadi tanda bahwa di dalamnya sudah dibekali baterai berkapsitas besar. Pada Zenfone Max Plus sebenarnya juga sudah membawa baterai berkapasitas besar, yaitu 4130 mAh. Namun di Zenfone Max Pro, kapasitas baterainya ditingkatkan lagi menjadi 5.000 mAh.

Dari pengujian yang kami dilakukan, mulai dari keadaan baterai yang terisi penuh, Hp ini  sanggup bertahan selama kurang lebih 2 hari hingga baterai habis. Kondisi tersebut untuk pemakaian standar, seperti chatting via WhatsApp, browsing, akses sosmed (Facebook, Instagram, Twitter), memotret, merekam video dan menonton video YouTube.

Dan saat dicoba bermain game Mobile Legend selama kurang lebih selama 1 jam, baterai Zenfone Max Pro hanya berkurang sekitar 9%. Asus pun mengklaim Hp ini sanggup bertahan selama 12 jam jika jika digunakan untuk bermain game. Sedangkan jika digunakan untuk menonton video, Hp ini diklaim bisa bertahan selama 20 jam.

Dilengkapi Dual Kamera

Meski lebih ditujukan untuk kebutuhan gaming, tapi Zenfone Max Pro tetap memperhatikan fitur kameranya. Ini terbukti dari adanya dual camera di bodi belakang yang berdesain vertikal. Dual camera di Zenfone Max Pro terdiri dari kamera 16 Mpix + 5 Mpix dengan aperture f/2.0. Dual lensa kamera di bodi belakang ini juga dilengkapi dengan Softlight LED Flash.

Yang menarik, fitur kamera di Hp ini memiliki menu dengan nama ‘Snapdragon Camera’. Ini karena prosesor Snapdragon 636 yang terbenam di Hp ini juga memberikan dukungan pada fitur kamera.

Kinerja fitur kamera ini terbilang memuaskan. Tangkapan kameranya bisa bekerja dengan baik dan cepat, termasuk saat melakukan autofocus. Tangkapan warna dari objek foto terlihat tajam dan natural.

Saat menggunakan fitur kamera, disediakan beberapa fitur pendukung fotografi yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari pilihan fitur Auto, HDR, Portrait, Landscape, Sports, Flower, Backlight, Candlelight, Sunset, Night, Beach, Snow dan Beautify.

Pastinya dual camera di Hp ini juga bisa menghasilkan foto bokeh layaknya hasil tangkapan kamea DSLR. Caranya juga mudah, karena sudah disediakan ikon menu khusus di deretan ikon menu sisi atas layar saat kamera aktif. Kehebatan dual camera di Zenfone Max Pro juga dibuktikan dengan kemampuan merekam video yang sudah mencapai resolusi 4K UHD (3840 x 2160 pixels).

Baca juga : Review Lengkap – Asus Zenfone Max Plus (M1) – Performa dan Daya Tahan Maksimal, Plus Layar Makin Luas

Performa kamera depan di Hp ini juga tidak kalah memuaskan. Jepretan kamera depan yang berresolusi 16 Mpix bisa menghasilkan foto selfie yang tajam. Berbagai fitur fotografi yang ada di kamera belakang, juga tersedia saat kamera depan aktif. Asyiknya lagi kamera depan ini juga sanggup menghasilkan foto bokeh. Tidak hanya itu, kamera depan ini juga sanggup merekam video berresolusi full HD, jadi bisa digunakan untuk melakukan Vlog dengan hasil video yang tajam.

Kamera depan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk fitur Face Recognition yang digunakan untuk Face Unlock. Yaitu untuk membuka kunci layar dengan mendeteksi tampilan wajah pengguna. Ketika dicoba, fitur ini bisa bekerja dengan cepat dalam mendeteksi wajah pengguna yang sebelumnya sudah disetting.

REVIEW OVERVIEW
Desain
8
Layar
8
Performa
8.5
Kamera
8
Baterai
8.5
Konektivitas
7.5
Previous articleHarga Asus Zenfone Max Pro M1 Lebih Murah dari Xiaomi Redmi Note 5, Berapa?
Next articleHp OPPO F7 ‘Diamond Black’ Sudah Bisa Dibeli
review-asus-zenfone-max-pro-m1-main-game-dijamin-puasMeski tidak membawa perubahan desain Zenfone Max ASUS Zenfone Max Pro (M1), cukup memberikan banyak lkelebihan. Salah satunya dari sisi hardware dan performa. Asus telah berhasil untuk kembali bertarung di smartphone kelas menengah. Berhadapan langsung dengan Xiaomi Redmi Note 5, Zenfone Max Pro M1 cukup berhasil karena banderol harga yang sangat murah dan terjangkau. Dengan interface Pure Android, dapat membuatnya lebih kencang, sehingga mampu mengakomodasi para gamers.