Indosat Ooredoo Uji Kualitas Jaringan di Jalur Mudik Pantura, Hasilnya?

0

GadgetSquad.ID – Indosat Ooredoo mencoba membuktikan kesiapan jaringan di sepanjang jalur dan kota mudik. Dalam pengujian yang dilaksanakan jalur mudik Semarang-Demak-Kudus, Indosat Ooredoo mengklaim, jaringannya sudah siap menghadapi lonjakan trafik sepanjang jalur mudik lebaran nanti.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic, menuturkan, pemilihan jalur Semarang-Demak-Kudus, lantaran ketiganya menjadi kota tujuan mudik utama di Jawa Tengah.

“Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Semarang, Demak dan Kudus merupakan tiga kota tujuan mudik padat di Jawa Tengah. Selain itu, ketiga kota tersebut juga bagian dari jalur Pantura, yang nota bene menjadi jalur mudik terpadat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur,” ucap Dejan saat disinggung perihal pemiliham lokasi uji jaringan.

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call.

Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39,74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download 8,09 Mbps.

Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan download hingga 107,70 Mbps di Simpang Lima Semarang, 86,98 Mbps Mesjid Agung Demak, 97,17 Mbps Museum Kretek Kudus.

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara dengan metode pengukuran Mean Opinion Score (MOS) yang menunjukkan bahwa 96,83 persen area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.