Review Laptop Asus ZenBook UX331, Bodi Ringkas Performa Ngegas

0

ASUS resmi memperkenalkan laptop terbaru yaitu Asus ZenBook UX331. Desain bodi laptop Asus terbaru ini menjadi salah satu daya tariknya. Karena memiliki dimensi yang ringkas dan bodi yang cukup tipis. Bahkan bisa dibilang laptop Asus ZenBook UX331 cukup layak dijadikan pilihan lain selain Apple Mac Book Air.

laptop asus

Bodi Ringkas

Laptop ASUS ZenBook UX331 memiliki bodi dengan ukuran yang ringkas. Dimensi bodinya berukuran 310 x 216 x 13.9 mm.  Selain itu laptop Asus terbaru ini juga Cuma punya ketebalan 0,5 inci. Ditambah beratnya yang hanya berbobot 1,55 Kg. Gak heran jika laptop ini terasa nyaman untuk dipegang dan dibawa-bawa. Termasuk terasa ringask ketika ingin dimasukkan ke dalam tas. Ini tentu pas sekali buat kamu seorang pekerja mobile yang aktif yang selalu mengandalkan laptop sebagai perangkat kerja.

Baca juga : Berbagai Fitur Keren ASUS ROG Phone Yang Perlu Diketahui

Di bodi laptop Asus terbaru ini juga dilengkapi dengan beberapa slot dan port konektor. Antara lain yaitu 1 micro SD card sot, 1 audio jack COMBO 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 2 Type A USB3.1 (GEN1) dan 1 HDMI port (Support HDMI 1.4). Oiya bodi laptop Asus ini dibalut dengan casing aluminium berkualitas tinggi yang menggunakan tekstur unik khas laptop Asus Zenbook.

Untuk area keyboardnya, didesain dengan susunan tombol-tombol yang empuk saat ditekan. Tidak hanya itu, ukuran tombol-tombol keyboard juga terasa pas di jari-jemari tangan saat mengetik. Kenyamanan ini juga ditambah dengan jarak antar tombol yang membuat jari terasa nyaman saat menjangkau tombol-tombol yang ada. Termasuk area touchpadnya yang juga terasa cukup luas saat jari mengusapnya untuk menggerakan kursor.

Dan yang lebih canggih,  Asus Zenbook 13 UX331 ini ternyata juga dilengkapi dengan fitur keamanan berupa fingerprint sensor. Kotak kecil sensor sidik jari ini diletakann di sudut kanan atas touchpad.

Layar Bezel-less

Beralih ke bagian layarnya, Laptop terbaru ini mengusung layar berukuran 13,3 inci. Layar ini memiliki ketajaman mencapai resolusi Full HD (1920×1080) dan telah dilengkapi dengan tingkat kecerahan layar mencapai 300 nits. Tampilannya layarnya pun dibuat sangat tajam dengan besaran angka color gamut mencapai 100 sRGB. Hal tersebut, akan memastikan warna yang dikeluarkan oleh layar laptop akan terlihat hidup dan akurat sehingga semua terlihat begitu alami dan natural.

laptop asus

Makanya tampilan layarnya terlihat tajam, baik digunakan saat membuka file Office, mengerjakan desain garfis, menonton video full HD hingga bermain game bergrafis tajam. Apalagi layar ini memiliki viewing angle 178 derajat yang berarti tampilan layar bisa tetap dillihat dengan jelas dari sudut kemiringan tersebut.

Tidak hanya berpenampilan tajam, desain layarnya juga terlihat elegan karena desain bezelnya yang sangat tipis yakni hanya setebal 6.86mm. Itu membuat laptop terbaru ini memiliki screen to body ratio mencapai 80 persen. Selain itu Asus juga memberikan layar dengan fitur NanoEdge display pada layarnya. Hal itu tidak hanya membuatnya nyaman dipandang, namun sekaligus anggun.

Performa Ngegas

Dibalik ukurannya yang ringkas dan bodinya yang tipis, di dalam laptop terbaru ini tersusun komponen hardware kelas atas yang sanggup menjalankan aplikasi kelas berat. Performa ASUS ZenBook UX331 disokong prosesor Intel Core i7-8550U berkecepatan 1,8 GHz dengan jumlah cache menjadi 8 buah dan dapat dipacu hingga 4,0GHz.

laptop asus

ASUS ZenBook UX331 juga didukung RAM hingga sebesar 16GB serta kapasitas media penyimpanan berbasis SSD hingga sebesar 512GB. Sebagai dukungan chip grafis, ASUS menanamkan GPU bertenaga berbasis Nvidia GeForce MX150 dengan VRAM 2GB di dalamnya.

ASUS ZenBook UX331 juga hadir dalam varian yang lebih terjangkau, yaitu yang menggunakan chip prosesor Intel Core i5-8250U, RAM 8GB dan menggunakan dukungan grafis Intel HD Graphics.

Baca juga : Menguji Kehebatan Kamera ASUS Zenfone 5, Ini Buktinya!

Asus juga sudah membekali Zenbook 13 UX331 ini dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 x64 original pre-installed di dalamnya. Untuk daya tahan hidupnya, laptop Asus terbaru ini disokong baterai berkapasitas 4 Cells 50 Whrs Battery yang diklaim mampu bertahan hingga 13 jam penggunaan normal. Selain itu juga dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja.

Untuk kebutuhan hiburan, selain layar yang tajam, Asus juga memperhatikan sektor audionya. Asus menyematkan laptop ini dengan 2 x 1,5W speaker stereo dengan Harman Kardon certified yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Ini membuat kualitas audio yang keluar dari laptop ini terdengar jernih sekaligus nyaring sehingga begitu memanjakan telinga.

Untuk harganya, Asus Zenbook 13 UX331 dibandrol dengan tiga pilihan harga, yaitu :

  • Rp19.299.000 (Core i7, 16GB RAM, 512GB SSD)
  • Rp16.299.000 (Core i7, 8GB RAM, 256GB SSD)
  • Rp14.299.000 (Core i5, 8GB RAM, 256GB SSD)