GadgetSquad.id – Hadir sebagai smartphone terbaru, OPPO F9 tentunya membawa beberapa fitur terbaru yang lebih andal dibandingkan seri sebelumnya, yaitu OPPO F7. Fitur baru OPPO F9 juga menjadi daya tarik yang coba ditawarkan OPPO kepada para pengguna.

fitur baru oppo f9

Setidaknya ada 9 fitur baru OPPO F9 yang penting untuk diketahui. Sehingga bisa lebih tertarik untuk membeli smartphone terbaru yang satu ini. Dan ini dia diantaranya :

Gradient Color

Sesuatu yang baru yang coba ditampilan OPPO F9 yaitu warna bodinya yang beda dari smartphone kebanyakan selama ini. Bodi belakang smartphone OPPO terbaru ini didesain dengan tampilan gradasi warna yang menarik. Ada 3 pilihan warna yang disediakan, yaitu Sunrise Red dan Twilight Blue yang sudah dipasarkan di Indonesia. Serta juga ada Starry Purple yang belum bisa dipastikan kehadirannya.

Water Drop Screen

Tampilan baru OPPO F9 yang lain yaitu terlihat pada bagian notch-nya. Jika pada kebanyakan hape belakangan ini memiliki notch di atas layar dengan ukuran yang memanjang, tidak dengan OPPO F9. Smartphone ini bentuknya lebih kecil terlihat seperti tetesan air. Sehingga tidak terlalu mengganggu layar luas berukuran 6,3 inchi. Ini juga mempercantik tampilan luasnya layar yang mencapai 90,8% screen ratio.

 

Baca juga: Cukup Charge 5 Menit, Smartphone OPPO F9 Bisa Dipakai Nelpon 2 Jam, Ini Rahasianya!

Dual Camera

Jika pada OPPO F7 hanya dilengkapi dengan satu kamera di bodi belakang, tidak dengan OPPO F9. Smartphone terbaru ini sudah dilengkapi dual camera di bodi belakang. Masing-masing berresolusi 16 Mpix dan 2 Mpix. Dual camera ini juga dilengkapi fitur seperti Portrait Mode, HDR Sensor, AI Scene Recognition, efek bokeh dan Slow Motion Video.

Sedangkan untuk kamera depannya,  OPPO F9 diperkuat kamera berresolusi 25 Mpix. Kamera selfie ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Artistic Portrait Mode, AI Beuaty 2.1, AI Scene Recognition, Custom Beauty, Sensor HDR, Super Vivid, AR Sticker dan Slow Motion Video.

Long Slow Motion

Di beberapa smartphone terbaru, sudah menyediakan fitur Video Slow Motion. Fitur ini memungkinkan untuk merekam video dengan gerakan yang diperlambat. Namun sayangnya, lamanya merekam video slow motion tidak bisa sesukanya, alias dibatasi hanya beberapa menit saja.

Berbeda dengan fitur baru OPPO F9, fitur Video Slow Motion-nya bisa merekam video gerak lambat dengan durasi yang lebih lama. Bahkan pengguna bisa menentukan sendiri mau merekam berapa lama. Selain itu kamera ini juag sudah bisa merekam video dalam format Super Vivid.

Video Editor

Nah, fitur yang satu ini cocok banget buat kamu yang lagi gemar bikin video, yang nantinya langsung di-upload ke sosmed seperti YouTube, dan lainnya. OPPO F9 sudah embeded atau langsung menyediakan fitur Video Editor. Jadi kamu tidak perlu lagi mendownload dari Play Store.

Begitu selesai merekam video, kamu bisa mengeditnya dengan berbagai fasilitas editor dan efek. Dan kalau sudah OK, bisa langsung di-upload ke YouTube, Instagram dan lainnya.

fitur baru oppo f9

Smart Bar

Fitur baru OPPO F9 ini sebenarnya mirip dengan fitur Full screen multitasking yang tersedia di OPPO Find X. Tapi fitur ini mengalami beberapa pengembangan. Jika sebelumnya tidak bisa menambahkan ikon lainnya, maka di Smart Bar bisa memasukan ikon yang lain.

Cara untuk menampilkan Smart Bar yaitu dengan mengusap samping layar ke arah kiri saat posisi vertical. Atau dengan mengusap pada sisi notch ke arah kiri saat posisi horizontal. Ketika mengklik salah satu ikon menu aplikasi, maka aplikasi tersebut akan tampil di atas aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.

Game Side Bar

Fitur baru OPPO F9 ini sebenarnya hampir sama dengan fitur Smart Bar. Bedanya fitur Game Side Bar, muncul saat sedanf bermain game. Di sini disediakan fitur yang bisa membuat kamu gak terganggu saat bermain game.

Dengan fitur ini, saat sedang bermain game kamu bisa mereject telepon masuk, memblock notifikasi, mem-pause game yang sedang dimainkan, dan lainnya. Semua fitur penunjang bermain game tersebut juga terdapat dalam fitur Game Space.

Music On Display.

Fitur baru OPPO F9 ini sepertinya tidak ada di seri smartphone lainnya. Kalau biasanya saat memutar video dan tiba-tiba layar nonaktif atau menjadi gelap, maka suara dari video tersebut juga ikutan terdiam. Tapi berbeda dengan OPPO F9. Ini berkat adanya fitur Music On Display. Dimana suara dari video tetap akan terdengar meski layar smartphone nonaktif.

Baca juga : Main Game Sambil Isi Ulang Baterai OPPO F9, Ternyata Aman dan Gak Bikin Panas !

VOOC Flash Charge

Sebenarnya ini adalah fitur fast charging atau pengisian cepat yang juga ada di beberapa smartphone lainnya. Bedanya, fitur baru OPPO F9 ini dikembangkan sendiri oleh OPPO.  Keunggulan fitur ini antara lain : bisa mencharging lebih cepat, yaitu 4x kali lebih cepat dari charger biasa. kamu bisa mencharge cukup 5 menit untuk membuat OPPO F9 sanggup digunakan menelpon selama 2 jam.

Teknologi ini sudah dilengkapi dengan 5 Layer Protection sehingga smartphonne akan terjaga keamanannya selama proses charging. Misalnya kamu bisa tetap bermain game meski smartphone ini sedang discharge. Selain itu teknologi ini juga memiliki fitur Cool Charging yang membuat perangkat tidak panas selama charging.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di video review fitur baru di OPPO F9 berikut ini :