Asus VivoBook FlipTP412, Laptop Layar Sentuh, Bisa Dilipat Plus Stylush

0

GadgetSquad.id – ASUS VivoBook Flip TP412 merupakan generasi penerus VivoBook Flip TP410 yang cukup digemari karena fleksibilitasnya. Kali ini VivoBook Flip TP412 hadir dengan spesifikasi hardware yang lebih baik sehingga dapat lebih diandalkan untuk menunjang kegiatan kreatif. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS juga menghadikran ASUS Pen sehingga penggunanya dapat merasakan pengalaman menulis atau menggambar layaknya di atas kertas pada “papan digital” ini.

ASUS VivoBook Flip TP412

Keberadaan ASUS Pen ini juga sangat membantu kalangan profesional kreatif yang ingin menggunakan laptop ini. Hal tersebut dikarenakan para profesional tersebut tidak lagi harus membeli perangkat ekstra agar mereka bisa membuat sketsa layaknya menggambar di atas kertas.

Semakin Ringkas dan Tetap Fleksibel

Hadir sebagai generasi penerus, VivoBook Flip TP412 memang memiliki bentuk yang tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Desainnya masih menggunakan layar yang dapat diputar hingga 360 derajat, memungkinkannya untuk digunakan dalam berbagai macam mode penggunaan. Salah satu mode penggunaannya adalah mode tablet yaitu ketika layarnya diputar penuh, membuat VivoBook Flip TP412 tampil dan bisa digunakan layaknya sebuah tablet PC.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan durabilitas engsel pada VivoBook Flip TP412. Laptop konvertibel ini sudah didesain sedemikian rupa dan menggunakan sistem engsel khusus yang tahan dibuka-tutup hingga 20 ribu kali dalam pengujian internalnya.

Asus Vivobook Flip TP412 (3)

Kembali ke desain bodinya, VivoBook Flip TP412 memang tidak berbeda dengan pendahulunya yaitu VivoBook Flip TP410, namun bukan berarti laptop konvertibel ini tidak memiliki perbedaan sama sekali dalam hal desain bodi. Laptop ini tampil dengan bodi yang lebih tipis dengan ukuran ketebalan hanya 17,5mm. Sementara pendahulunya, yaitu VivoBook Flip TP410 memiliki tingkat ketebalan mencapai 19,2mm.

VivoBook Flip TP412 juga memiliki bobot ringan yaitu hanya 1,5Kg atau lebih rendah dari pendahulunya yang memiliki bobot 1,6Kg. Dengan bodi yang lebih ringkas dan bobot yang semakin ringan, VivoBook Flip TP412 menjadi sangat mudah dibawa bepergian.

Baca juga : Laptop Asus Gaming dengan AMD Ryzen 7 dan GeForce GTX 1660Ti Pertama di Indonesia

Untuk urusan visual, VivoBook Flip TP412 menggunakan layar berteknologi NanoEdge Display yang menghadirkan bezel berukuran ultra-tipis, yaitu hanya 6,15mm. Dengan ukuran bezel tersebut, VivoBook Flip TP412 mampu hadir dengan screen-to-body ratio sebesar 82%, lebih besar dibandingkan rata-rata laptop konvertibel sekelasnya.

VivoBook Flip TP412 juga mengadopsi layar berukuran 14 inci beresolusi Full HD dengan sudut pandang atau viewing angle hingga 178 derajat. Layar pada laptop ini juga memiliki kualitas warna yang cukup baik dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Asus Vivobook Flip TP412 (2)

Yang paling menarik dari layarnya adalah dukungan multitouch hingga 10 titik. VivoBook Flip TP412 juga menggunakan layar sentuh yang telah mendukung teknologi Windows Ink. Artinya, sistem layar sentuh pada laptop ini sudah bisa mendeteksi tekanan pada ASUS Pen yang disediakan di paket penjualan. Dukungan Windows Ink juga sangat penting untuk para profesional kreatif khususnya ilustrator karena dapat mensimulasikan pengalaman menggambar layaknya menggunakan pena atau kuas sungguhan.

Untuk menunjang kebutuhan para profesional, VivoBook Flip TP412 telah dilengkapi dengan sensor layar sentur dengan standar industri yang lebih ketat. Sistem layar sentuhnya menggunakan sensor dengan jarak 6mm, lebih rapat ketimbang standar industri yang hanya 9mm. Dengan demikian layar sentuh VivoBook Flip TP412 memiliki sensitivitas yang lebih baik ketimbang kebanyakan layar laptop konvertibel lain di pasar.

Konektivitas dan Port Lengkap

Sebuah laptop yang dirancang untuk kreator memag harus memiliki konektivitas dan port yang lengkap. Para kreator seringkali menggunakan berbagai macam perangkat untuk mendukung kegiatan kreatif mereka, seperti kamera dan perangkat yang lain. Atas alasan itulah VivoBook Flip TP412 juga hadir dengan fitur penunjang, konektivitas, serta port yang lengkap.

Dimulai dari port, VivoBook Flip TP412 hadir dengan port USB Type-A dan Type-C, membuat penggunanya dapat menghubungkan berbagai perangkat seperti ponsel maupun kamera eksternal dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Selain itu, laptop ini sudah dilengkapi dengan pembaca SD Card sehingga memudahkan kreatir yang sering melakukan transfer data dengan kamera digitalnya.

Soal konektivitas, VivoBook Flip TP412 memang tidak dilengkapi dengan port ethernet demi portabilitasnya. Meski demikian, laptop ini hadir dengan modul WiFi 802.11ac yang dilengkapi fitur jaringan dual-band. Dengan fitur tersebut, VivoBook Flip TP412 dapat terhubung di sebagian besar hotspot, baik yang menggunakan frekuensi 5GHz atau 2,4GHz.

Asus Vivobook Flip TP412 (1)

Melangkapi WiFi, sebuah modul Bluetooth 4.2 juga hadir di laptop ini. Bluetooth dapat dimanfaatkan pengguna VivoBook Flip TP412 untuk menghubungkan berbagai perangkat lain seperti headphone, mouse, atau perangkat berbasis Bluetooth lainnya. Pengguna juga bisa mengubungkan laptop ini dengan perangkat display eksternal melalui port HDMI yang tersedia.

VivoBook Flip TP412 juga memiliki sistem keamanan yang lebih baik dan telah dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerprint reader). Pembaca sidik jari di laptop ini juga sudah terintegrasi dengan fitur Windows Hello sehingga penggunanya bisa masuk ke dalam sistem Windows tanpa harus mengetikkan password. Cukup tempelkan jari Anda di bagian pembaca sidik jari yang ada di touchpad dan sistem akan mengidentifikasinya lalu memutuskan apakah Anda dapat masuk ke dalam sistem atau tidak.

Performa Lebih Powerful

Salah satu keunggulan VivoBook Flip TP412 dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu VivoBook Flip TP410 ada pada performanya. VivoBook Flip TP412 sudah menggunakan hardware terkini, yaitu prosesor Intel Core generasi ke-8. Versi tertingginya menggunakan Intel Core i7-8550U yang mengusung konfigurasi 6 core 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz.

Sementara unit yang diuji pada ulasan kali ini adalah varian yang menggunakan prosesor Intel Core i5-8250U. Prosesor yang telah menggunakan arsitektur baru dengan pemrosesan 14nm FinFET tersebut memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta memiliki kecepatan pemrosesan hingga 3,4GHz.

Prosesor tersebut bukan satu-satunya komponen yang membuat laptop ini tampil powerful. VivoBook Flip TP412 menggunakan memori DDR4 dan penyimpanan berupa M.2 SATA SSD. Kombinasi keduanya membuat performa laptop ini dapat didongkrak dan tampil lebih kencang dari laptop yang masih menggunakan memori DDR3 dan hard disk.

Asus Vivobook Flip TP412 (4)

ASUS VivoBook Flip TP412 memang tidak dilengkapi dengan chip grafis terpisah (discrete graphic) dan mengandalkan chip grafis terintegrasi (integrated graphics). Namun jangan salah, chip grafis Intel Graphics UHD 620 memiliki performa yang sangat cnukup untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Bahkan chip grafis tersebut sudah mendukung display output beresolusi 4K.

VivoBook Flip TP412 juga cukup bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja secara mobile. Dengan baterai 3-cell berkapasitas 42WHrs, laptop ini dapat bertahan hingga lebih dari 4,5 jam dalam pengujian ketahanan baterai menggunakan PCMark 8. Penggunaan yang lebih ringan seharusnya membuat laptop ini tahan lebih lama, bahkan bisa sampai 6 jam penggunaan.

Spesifikasi ASUS VivoBook Flip TP412 :

Main Spec. ASUS VivoBook Flip TP412
CPU Intel Core i3-8130U Processor (2C/4T, 4MB cache, up to 3,4GHz)

Intel Core i5-8250U Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.4GHz)

Intel Core i7-8550U Processor (6C/12T, 8MB cache, up to 4.00GHz)

Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 (Core i3 and Core i5 variant)

8GB DDR4 (Core i7 variant)

Storage 256GB SATA3 M.2 SSD (Core i3 and Core i5 variant)

512GB SATA3 M.2 SSD (Core i7 variant)

Display 14” Full HD 1920x1080p 16:9, Touch screen, ultra slim 200nits with 45% NTSC
Graphics Integrated Intel HD Graphics 620
Input/Output 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, 1x audio combo jack, 1x HDMI,  1x SD Card Reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system,

Array microphone with Cortana voice-recognition support

Battery 3 – Cell 42Whrs Battery
Dimension 32.7 x 22.5 x 1.75 cm (WxDxH)
Weight 1.5Kg with battery
Colors Star Grey, Silver Blue
Price Rp8.599.000 (Intel Core i3 variant)

Rp10.099.000 (Intel Core i5 variant)

Rp14.299.000 (Intel Core i7 variant)

Warranty 2 tahun garansi global