Earphone, Headphone, Earbud, Headset… Apa Sih Bedanya?

GagdetSquad.id – Earphone, headphone, earbud, headset. Mana yang biasa kamu sebut? Lalu, apa sih perbedaannya? Sebenarnya ada tiga macam penyuara kuping atau peranti dengar, yaitu in-ear (earphone), over-ear (headphone), dan on-ear (headphone). In-ear sendiri sering disebut juga earbud, dan terbagi dua, yaitu earbuds fitting dan in-ear-canal.

earphone

Nah, apa beda keempat peranti dengar ini? Over-ear merujuk kepada peranti dengar yang berukuran besar dengan ear-cups yang empuk. Karena bentuknya yang besar maka suara yang dihasilkan pun lebih baik. Over-ear disertai dengan microphone untuk berkomunikasi.

Sementara itu, on-ear terlihat mirip seperti over-ear, hanya ukurannya lebih kecil dan portable. Kamu bisa menggunakan on-ear sembari berolahraga. Namun, on-ear memiliki kekurangan terkait kualitas suara yang bocor sehingga orang lain bisa mendengar suara yang dikeluarkan.

Menyoal kualitas suara, in-ear tak kalah berkualitas dibandingkan over-ear. Malah sudah banyak in-ear yang mampu melahirkan suara lebih baik dari over-ear. Tak heran, popularitas in-ear semakin tinggi mengingat bentuknya pun kecil dan praktis.

Terlebih semakin banyak produsen yang meluncurkan in-ear atau earbud nirkabel yang langsung terhubung ke smartphone. Tipe ini cocok buat kamu yang aktif dan nggak mau ribet. Tapi, in-ear sendiri ada dua lho! Kamu bisa pilih in-ear-canals atau earbuds fitting. Mana yang lebih baik?

Secara umum, keduanya sama. Bedanya, in-ear-canals didesain untuk masuk ke dalam kanal telinga. Hal ini lebih praktis ketika kamu melakukan aktivitas gerak seperti olahraga. Sementara earbuds fitting tidak masuk ke dalam kanal telinga, tetapi hanya menempel, sehingga memungkinkan untuk terlepas ketika kamu bergerak.

Meski namanya berbeda, tetapi kebanyakan orang acap menyebut keduanya sebagai earbud. Dan seiring dengan perkembangan teknologi, earbud nirkabel semakin menemukan pasarnya. Termasuk bagi pecinta gamers.