FujiFilm X-A3 , Kamera Mirrorless Terbaru Cocok Untuk Selfie dan Vlog

1

foto-5FujiFilm meluncurkan kamera FUJIFILM X-A3 (selanjutnya disebut X-A3) di Indonesia. Kamera ini X-A3 diklaim sengaja dibuat untuk kalangan generasi muda, khususnya yang suka foto selfie atau bikin video blogging (vlog).

Kamera yang berdesain retro ini tergabung dalam lini X Series, yaitu jajaran kamera mirrorless penghasil foto berkualitas tinggi melalui teknologi reproduksi warna yang telah terpatenkan.

Untuk mendukung swafoto yang lebih fleksibel, X-A3 hadir dengan layar LCD yang tidak akan terhalang oleh badan kamera meskipun diputar 180 derajat, sehingga tetap mempertahankan daya pandang 100%.

Kamera ini dapat mengambil sekitar 410 gambar per pengisian baterai dan ketika dipasangkan dengan lensa “XC16-50mmF3.5-5.6 OIS II” yang tersedia di dalam paket pembelian, dapat memfokuskan diri pada benda dengan jarak kira-kira 7 cm dari ujung lensa untuk kemampuan macro tertinggi di kelasnya.

Tidak ketinggalan disertakan fitur Eye Detection AF dirancang untuk meningkatkan pengalaman foto selfie. Juga ada fitur Potrait Enchance baru memiliki pilihan untuk menerangkan warna kulit subjek gambar.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari X-A3:

  1. Pemaduan sensor dan teknologi reproduksi warna terbaru

X-A3 menyuguhkan kombinasi sensor APS-C 24,2 megapiksel terbaru dengan mesin pengolahan gambar terdepan, untuk mendapatkan kualitas gambar istimewa khas Fujifilm.

Dipadukan dengan lensa standar FUJINON yang dapat menghasilkan resolusi tinggi, kamera ini bisa memberikan kualitas gambar istimewa serta menangkap tekstur dan bentuk subjek bahkan juga suasana lokasi pengambilan gambar seperti aslinya.

Kamera ini sangat unggul terutama dalam reproduksi warna kulit, sehingga menjadi pilihan terbaik anda untuk menangkap potret manusia, yang mencakup 40% dari keseluruhan subjek fotografi. Fungsi Film Simulation menawarkan 11 mode termasuk mode-mode baru seperti “PRO Neg.Hi” dan “PRO Neg.Std”.

 

  1. Layar LCD slide-and-tilt 180 derajat

Meskipun diputar 180 derajat, layar LCD tidak akan terhalang oleh kamera sehingga memungkinkan daya pandang 100%. Pegangan kamera dibentuk untuk mengakomodasi pengambilan foto biasa maupun swafoto.

Ketika sedang foto selfie, pengguna dapat mengambil fokus dan melepas shutter dengan menekan panel perintah vertikal yang diletakkan sedimikian rupa di bawah jari telunjuk anda agar goyangan pada kamera dapat diminimalisir.

Pemutaran layar LCD ke sudut 180 derajat menyalakan Eye Detection AF untuk secara otomatis menyesuaikan fokus ke mata subjek. Mode Potrait Enhancer menyediakan tiga langkah penyusaian dengan fungsi pencerahan warna kulit yang baru agar anda dapat menikmati pengalaman swafoto berkualitas premium yang hanya ada di kamera X Series.

 

  1. Desain retro

X-A3 menampilkan desain retro yang disukai kalangan anak muda. Desain retro memberikan kesan segar dan bergaya. Top cover, front plate dan top dials terbuat dari aluminium. Kulit sintetis hasil penelitian terbaru meningkatkan tekstur keseluruhan kamera secara signifikan. Layar LCD belakang menggunakan fungsi layar sentuh untuk mengakses fungsi “Touch AF”, “Touch Shoot” serta “Touch Zoom” yang dapat anda pergunakan dengan “mencubit” lensa utama untuk memperbesar subjek seakan itu lenza zoom.

 

Fitur Lengkap :

  • X-A3 memberikan total sebelas mode Film Simmulation. Terdiri berbagai warna orisinil Fujifilm, seperti warna-warna realistis dari PROVIA (standard), warna cerah dan terang dengan Velvia (vivid), warna lembut dari ASTIA (soft) maupun warna bergaya film dokumenterdari CLASSIC CHROME. Mode Monochrome dan Sepia juga tersedia di kameraini.
  • Sensor APS-C memberikanefek “blur” untuk pemotretan manusia dan gambar makro saat  menggunakan Depth of Field (DOF) sempit.
  • Kisaran sensitivitas normal mencakup ISO200 hingga ISO6400, sementara pengaturan sensitivitas lebih tinggi seperti ISO12800 atau bahkan ISO25600 dapat juga dipilih untuk menimalisir goyangan kamera.
  • Fitur Advanced Filters membantu mengkreasikan efek-efek istimewa ke hasil foto. Total 10 Advanced Filters tersedia di X-A3, termasuk di dalamnya Fisheye (baru), Cross Screen, Toy Camera, Miniature, Dynamic Tone, Pop Color, Soft Focus, High Key, Low Key dan Partial Color.
  • Fungsi Self Timer menawarkan fitur baru seperti Smile Detection, Buddy Timer dan Group Timer. Tanpa menekan tombol apapun, shutter dapat secara otomatis terlepas saat subjek tersenyum, dua subjek berdekatan dan saat sejumlah orang masuk ke dalam frame.
  • Pemutaran LCD 180 derajat ke arah atas mengaktifkan Eye Detection AF untuk secara otomatis menyesuaikan focus ke mata subjek.
  • Mode Portrait Enhancer menyediakan tiga langkah mode penyesuaian menggunakan fungsi layar sentuh.
  • Penggunaan dua Command Dials memungkin kan untuk hanya menggunaan ibu jari dalam menyesuaikan aperture, shutter speed dan exposure settings secaracepat. Fungsi yang sering digunakan seperti white balance, continuous shooting dan self timer dapat di program ke tombol-tombol individual.
  • Layar LCD belakang menggunakan fungsi layar sentuh untuk mengakses fungsi “Touch AF”, “Touch Shoot” dan “Touch Zoom” di mana pengguna dapat “mencubit” lensa utama untuk memperbesar subjek seakan itu lensa zoom.
  • Daya tahan baterai lebih baik dengan 410 gambar per pengisianbaterai
  • Jika dipasangkan dengan lensa standar “XC16-50mmF3.5-5.6 OIS II,” X-A3 dapat mendekati subjek hingga 7cm (jarakterdekat di kelasnya) dari ujung lensa untuk mengaktifkan macro photography.
  • Built-in pop-up flash mendukung teknologi Super Intelligent Flash yang secara akurat mengatur light output berdasarkan latar gambar. Saat pemotretan dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya, subjek berupa benda kecil ataupun makanan, teknologi flash mengurangi highlight clipping untuk menghasilkan kualitas gambar yang sama dengan aslinya. Warna-warna dan kecerahan alami juga diperoleh saat memotret dalam kondisi backlit maupun saat memotret orang dalam kondisi cahaya sangat terang yang menghasilkan bayangan di muka subjek.
  • Perekaman video dengan resolusi full HD (1080/60p, 50p, 24p).
  • Fungsi Film Simulation yang sering dipakai untuk citra diam (Still Image), juga bisa diaplikasikan ke pengambilan video untuk bermacam-macam efek kreatif, dan dapat pula dikombinasikan dengan efek “blur”. Kombinasi-kombinasi ini dimungkinan karena adanya sensor APS-C dan lensa cepat.
  • Dengan menyalakan fungsi Electronic Image Stabilization, pengguna mendapatkan stabilisasi gambar lima sumbu dengan hasil dari penggabungan stabilisasi elektrik maupun optik, dan hasilnya dapat secara signifikan mengurangi berbagai jenis goyangan pada kamera yang dapat terjadi saat perekaman video. Fungsi ini memungkinkan untuk merekam video berkualitas tinggi dengan sedikit goyangan kamera terutama saat mengambil video sambil berjalan dengan kamera di tangan.
  • Pilihan perubahan mode pengambilan fokus di sisi depan kamera memungkinkan untuk secara instan memilih salah satudari tiga jenis fokus dengan mudah yaitu AF-S (single), AF-C (continuous) dan MF (manual).
  • Pilih satu dari 49 titik focus untuk AF di mode Single Point. X-A3 telah ditambahkan dengan mode Zone And Wide/Tracking, yang menggunakan area dengan 77 titik fokus untuk menangkap momen penting dari subjek bergerak.
  • Fungsibaru lain seperti “Relesase Priority/Focus Priority” dan “AF+MF” juga tersedia di X-A3
  • Fungsi pemotretan serbaguna termasuk Electronic Shutter dengan kecepatan maksimum 1/32000 sec
  • Meskipun berada dalam pengaruh cahaya terang, pengguna dapat menggunakan aperture besar untuk mendapatkan DOF sempit untuk efek “blur” halus tanpa over-exposing subjek melalui electronic shutter super cepat.
  • X-A3 menghadirkan fitur Panorama dan Time Lapse.
  • Fitur lain seperti keterpautan antara Metering dan area AF, dukungan untuk Adobe RGB Color Space dan berbagai pilihan warna berbeda di fitur Focus Peaking untuk mendukung fungsi Manual Focus.
  • Fungsi Wireless Communication memungkinkan pemotretan jarak jauh dari ponsel pintardan tablet.
  • Unduh aplikasi gratis FUJIFILM Camera Remote ke ponsel pintar dan tablet dan aktifkan fitur Wireless Communication sehingga dapat mengirimkan foto dan video ke gadget. Juga dapat melihat dan memilih foto serta video di kamera dari ponsel pintar lalu memindahkannya ke gadget pengguna. Juga melampirkan informasi tempat, yang didapatkan dari gadget, ke foto pengguna.
  • Fitur Remote Shoot memungkinkan untuk mengambil focus, melepas shutter atau bahkan mengatur exposure serta pengaturan lainnya dari ponsel pintar atau tablet anda. Dengan Remote Shooting, aplikasi ini tidak hanya menawarkan fungsi dasar seperti Touch AF dan pengaturan shutter speed, tetapi juga memungkinkan untuk melakukan berbagai macam pengaturan pemotretan ataupun memulai pengambilan video. Aplikasi ini berguna untuk foto grup, swafoto maupun juga fotografi di alam liar karena dapa tmengambil foto dari jauh secara praktis.
  • Gambar-gambar hasil pemotretan dapat dikirim langsung dari kamera ke INSTAX SHARE Smartphone Printer untuk pencetaka ninstan.
  • Kamera ini memiliki fasilitas Wi-Fi® agar anda dapat dengan mudah menyimpan data kamera ke komputer .

 

1 KOMENTAR