ROG Matrix GeForce RTX 4090: GPU Pertama Dengan Logam Cair

ROG Matrix GeForce RTX 4090 merupakan GPUROG meluncurkan ROG Matrix GeForce RTX™ 4090, sebuah kartu grafis yang menyuguhkan kinerja boost clock di luar standar kartu grafis yang tersedia saat ini.

ROG Matrix GeForce RTX 4090 merupakan GPU pertama yang dilengkapi logam cair sebagai material antarmuka termal untuk memaksimalkan kemampuan konduktivitas yang luar biasa sehingga menghadirkan pendinginan yang menakjubkan.

Keunggulan ROG Matrix GeForce RTX 4090

Keunggulan dari kartu grafis ini adalah sistem perputaran pendingin All-In-One dibekali dengan cold plate khusus, kipas pompa yang sudah tertanam, dan optimasi laju aliran pendingin.

Pengaturan ini akan menyalurkan panas melalui pipa sepanjang 700 mm dan radiator berukuran 360 mm. Di sisi lain, kipas daisy-chainable magnetik memungkinkan proses perakitan lebih mudah dan user juga bisa memamerkan pencahayaan RGB mereka. Penampilan pun menjadi sangat rapi berkat manajemen kabel yang baik. Selain itu, pengiriman daya premium membuat GPU selalu memiliki daya yang stabil dan andal.

Kartu grafis ini telah meraih delapan rekor overclocking sejak diluncurkan di gelaran Computex. Selain itu, ROG Matrix GeForce RTX 4090 adalah kartu grafis pertama yang menggunakan senyawa logam cair pada die GPU agar memberikan keunggulan unik pada kinerja termal dan akustik kepada pengguna.

Pengguna mungkin sudah terbiasa dengan kinerja NVIDIA GeForce RTX 4090 yang didukung oleh RT core generasi ketiga, Tensor core generasi keempat, dan teknologi DLSS 3 frame generation untuk membuat game terlihat lebih halus dan lebih realistis dari sebelumnya.

ROG Matrix GeForce RTX 4090 mampu meningkatkan teknologi tersebut ke level terbaru dengan menghadirkan boost clock sebesar 2700 MHz yang merupakan angka tertinggi dari semua RTX 4090 yang tersedia saat ini.

Baca juga: Review Asus ROG Phone 7 : Kemampuan Gaming Masih Nomor Wahid, Tapi!!

Software Custom GPU Tweak III

ROG Matrix RTX 4090 tidak hanya memiliki hardware yang unik, tetapi juga dibekali dengan fitur software yang dibuat khusus.

Sebagian besar kartu grafis dilengkapi satu sensor suhu pada die GPU dan satu lainnya pada modul memori untuk melihat tingkat panas pada sebuah sistem. ROG melangkah lebih jauh dengan memberikan sensor tambahan di seluruh VRM, choke, dan rangkaian input daya.

Data dari perangkat tersebut dimasukkan ke dalam fitur Thermal Map terbaru di aplikasi ASUS GPU Tweak III untuk memberikan rincian detail mengenai performa kartu secara termal secara real-time.

Utilitas ini juga mendukung Power Detector+, sebuah fitur yang memungkinkan kartu untuk mendeteksi anomali yang ada di enam pin daya dari kabel 12VHPWR. Jika kesalahan terdeteksi dan pengguna perlu memasang kembali kabel daya, maka aplikasi ini akan segera mengetahuinya.

ROG Matrix GeForce RTX 4090 juga menghadirkan fitur Mileage yang melacak penggunaan kartu pada tingkat daya yang berbeda, sehingga pengguna dapat mengetahui untuk apa saja kartu tersebut digunakan di berbagai sesi gaming.

Sebagai kartu flagship, ROG Matrix RTX 4090 dilengkapi dengan switch Dual BIOS, sehingga pengguna dapat beralih antara mode Quiet dan Performance dengan mudah.

Kartu ini telah dibuat melalui proses manufaktur ASUS Auto Extreme, seluruh PCB disolder dalam satu kali proses yang sepenuhnya otomatis, sehingga mengurangi biaya dan menghilangkan kebutuhan terhadap bahan kimia pembersih yang keras di antara proses penyolderan.

ROG Matrix GeForce RTX 4090 dibuat dengan komponen berkualitas tinggi untuk memastikan performa puncak selama kartu dapat digunakan.

ASUS juga telah memperkuat set fitur dari software GPU Tweak III dengan menghadirkan lebih banyak fitur overclocking dibanding sebelumnya, seperti: one-click OC Mode, OC Scanner otomatis, serta slider manual sehingga ROG Matrix GeForce RTX 4090 menjadi impian para overclocker. Bahkan, ROG Matrix GeForce RTX 4090 telah meraih tiga rekor dunia dan lima teratas global di berbagai tool benchmark sejak kartu ini diresmikan di gelaran Computex 2023. Capaian tersebut sama dengan total delapan catatan overclocking, masing- masing untuk 3DMark11 Performance, 3DMark Fire Strike Extreme, Unigine Superposition 1080p Xtreme, 3DMark Time Spy Extreme, 3DMark Port Royal, GPUPI v3.3 1B, GPUPI v3.3 32B, dan Unigine Superposition 8K Optimized.