Buat Kamu Pengguna Android Gausah Khawatir akan Ransomware WannaCry

1

Hello, good evening GSquad !

Kembali lagi bersama saya Yusuf Pasha Irwansyah yang akan berbagi informasi terhangat dan terupdate sejagat raya.

Langsung aje ye. Kemaren nih yang masih hot itu masalah ransomware WannaCry yang membuat banyak pihak ramai membicarakannya.

Oh iya buat kalian GSquad, tahu ga nih apa itu Ransomware WannaCry?

Oke saya jelasin ya, Ransomware adalah bentuk malware yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. Enkripsi ini bisa ‘ditebus’ dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada pemilik virus. Varian Wannacry yang tren sejak kemarin ini merupakan bagian dari alat yang dikembangkan oleh NSA (National Security Agency) yang berhasil diretas hacker berkode Shadow Brokers dan kemudian disebarkan melalui github.

Pertama kali serangan ini terlihat dialami oleh British National Health Service (NHS) yang mana menjadikan sistem komputer menolak pasien, membatalkan operasi, dan menjadwal ulang janji temu pasien.

Nah, jadi sudah banyak nih komputer yang terkena di seluruh dunia. Tapi buat kalian para pengguna android sih gausah khawatir dong tentunya sama Ransomware WannaCry ini. Karena saya punya beberapa alasan nih :


1 . Update bulanan


Meskipun Microsoft menambal kerentanan keamanan yang telah bocor dari NSA pada bulan Maret, banyak sistem yang tersandera oleh ransomware tidak pernah memiliki kesempatan untuk mendapatkan upgrade tersebut. Hal itu karena ribuan komputer, termasuk yang digunakan oleh rumah sakit yang diretas di Inggris, masih berjalan di Windows XP. 


Microsoft berhenti mendukung Windows XP dengan updatenya di awal 2014, sehingga banyak yang rentan terhadap malware baru dalam tiga tahun terakhir.


Google mengikuti filosofi yang berbeda dengan sistem operasinya yang lama. Sejak tahun 2015, pengguna Android yang menggunakan versi 4.4 menerima update keamanan bulanan. Mereka mencakup lebih dari 735 juta perangkat.


Jadi sementara seseorang yang menggunakan Samsung Galaxy Note S3 mungkin tidak mendapatkan fitur terbaru seperti Google Assistant, namun mereka tetap terlindungi dari kerentanan keamanan melalui dukungan Google.


2. Ikuti uang


Untuk sekitar 100 juta pengguna Android yang masih rentan karena kurangnya update, ransomware mungkin tidak memasukkan mereka dalam daftar.


Ada alasan mengapa serangan ini paling umum terjadi pada rumah sakit, bank dan bisnis. Mereka semua memiliki banyak uang, dan banyak data yang mereka butuhkan. Ketika catatan medis rumah sakit terkunci, orang-orang kehilangan layanan darurat.

Ada data penting dalam sistem ini, yang jika hilang selamanya bisa menghabiskan biaya lebih banyak daripada uang tebusan yang dipasang hacker di komputer mereka. Sekarang lihat apa yang ada di telepon Anda. Tentu, jika dikunci, Anda bisa kehilangan foto atau kontak, namun orang tidak mau membayar US$ 300 untuk itu - terutama jika disinkronkan secara otomatis ke layanan awan seperti Google Photo.


3. Serangan terkendali 


WannaCry menyebar dengan sendirinya melalui jaringan komputer menggunakan alat berbagi standar yang disebut Server Message Block. Jadi, jika satu orang di kantor Anda tergelincir, Anda semua terkena ransomware. Karena itulah WannaCry bisa menyebar dengan cepat, dengan variannya menginfeksi 200.000 komputer, sebelum kill switch pertamanya diaktifkan.


Meski kebanyakan ponsel Android selalu terhubung online melalui operator, mereka tidak terhubung satu sama lain seperti komputer di kantor. Jadi jika rekan kerja Anda terkena ransomware di ponsel mereka, Anda tetap akan baik-baik saja, walaupun Anda mungkin ingin menolak semua file yang mereka coba kirimkan kepada Anda.

Karena perangkat Android (dan kebanyakan smartphone) cenderung menjaga diri mereka sendiri, penyebaran malware hampir tidak akan secepat WannaCry.

Nah jadi itu tuh guys alasannya. Tapi tetav waspada juga ya pada malware lainnya. ;D

Terima kasih. Selamat beristirahat.

Sumber : https://m.tempo.co/read/news/2017/05/17/072876076/3-alasan-android-akan-aman-dari-serangan-ransomware-wannacry

1 KOMENTAR