Mari Memahami Layar Gadget Dengan Seutuhnya!

0

Sebagai pemakai gadget sejati, tentunya salah satu aspek yang kita perhatikan sebelum membelinya adalah bagian layar. Entah itu PPI, ukuran, maupun tingkat kecerahan maksimal-minimal. Seringkali dijumpai pemakai gadget yang kerap keliru mengartikan atau menilai beberapa aspek pada layar gadget tersebut. Untuk itu, saya luruskan beberapa kekeliruan tersebut seperti di bawah ini.

1. PPI (Pixel Per Inch)

PPI adalah ukuran satuan jumlah pixel (titik / dot penghasil cahaya yang sangat kecil) dalam 1 inch persegi. Kumpulan dari PPI ini adalah yang menghasilkan titik-titik cahaya pada layar. Semakin tinggi jumlah PPI, maka akan semakin bagus tampilannya karena akan terlihat lebih halus.

Seperti terlihat pada contoh gambar di atas, walaupun kedua layar memiliki ukuran 2,54 cm namun layar kanan lebih halus membentuk sebuah lingkaran karena pixel-nya lebih banyak. Dan perlu diingat, semakin besar ukuran layar gadget tidak berarti PPI-nya juga besar. Semua itu relatif, sehingga kita sebelum membeli sebaiknya melihat spesifikasinya dahulu secara mendetail.

2. Ukuran Layar

Credit

Ketika kita mendapatkan informasi bahwa ukuran layar suatu gadge adalah misalkan 4 inch, maka itu berarti jarak dari 1 titik pojok layar ditarik diagonal (miring) ke titik pojok layar seberangnya.

Bagaimana dengan bezel? Bezel adalah "pinggiran"nya gadget, tidak termasuk hitungan ukuran layar, yang juga relatif (tidak berarti semakin besar ukuran layar akan juga memperbesar ukuran bezel).

3. Brigtness Berbeda dengan Kontras

Brightness atau dalam Bahasa Indonesianya yaitu kecerahan layar, adalah tingkat cahaya yang dihasilkan kayar. Kalau kita berada di luar ruangan di bawah terik sinar matahari, maka yang kita tingkatkan adalah brightness layar ini, seperti terlilhat pada gambar di bawah.

Namun berbeda dengan kontras, yaitu tingkat ketajaman warna. Singkatnya, semakin tinggi kontras maka perbedaan antara warna-warna (hijau, merah, biru, hitam, abu-abu, dll) akan semakin tegas dan jelas. Kontras di sini lebih diperhatikan pada sektor fotografi, atau untuk sekedar selera saja yang berbeda-beda di setiap pengguna gadget. Di bawah ini adalah salah satu contoh aplikasi pada smartphone Asus Zenfone untuk kustomisasi kontras layar.

Berikut ini adalah contoh perbedaan nyata antara layar yang tingkat kontrasnya rendah dengan layar ber-kontras tinggi:

Credit

Credit

Demikian sedikit pengetahuan yang saya bagikan kepada sobat G-Squad, semoga dapat meluruskan beberapa kesalahpahaman yang umum dijumpai di masyarakat. Tambahan info dan masukkan silahkan masukkan di kolom komentar ya! 🙂