Menelisik Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

3

Samsung resmi merilis smartphone terbarunya yaitu Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Sehebat apa fitur yang dibawa dan semahal apa harganya ?  

 

Yang paling terlihat berbeda dari smartphone terbaru Samsung ini adalah sisi depannya khususnya bagian layar. Ukuran layar kedua smartpone ini terlihat luas, bahkan memenuhi hampir semua sisi depan. Tepatnya ‘memakan’ sekitar 86% sisi depan.

Layar sentuh Samsung Galaxy S8 berdimensi 5,8 inch, sedangkan Galaxy S8 Plus 6,2 inch. Layarnya berteknologi Super Amoled yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Tidak hanya luas, desain layarnya pun dibuat dengan tepian melengkung. Desain luas layar di kedua smartphone ini dinamakan Samsung dengan sebutan Infinity Display. Bagian bezelnya atau bagian bodi di sekeliling layar begitu tipis. Adanya bezel tipis ini menjadi taktik agar ukuran bodi Galaxy S8 tidak begitu besar meski ukuran layarnya bertambah luas.

 

Korban dari desain bezel tipis ini yaitu tombol fisik home yang biasanya ada di bawah  layar, kini menghilang. Sedangkan sensor fingerprint yang sebelumnya menjadi satu dengan tombol Home, kini pindah ke bodi belakang. Selain fingerprint, Galaxy S8 juga dibekali dengan fitur keamanan lainnya. Yaitu pemindai iris mata dan pengenal wajah.

 

Untuk fitur kameranya, Samsung tidak melakukan perombakan dibandingkan Samsung Galaxy S7. DI Samsung Galaxy S8 masih mengusung kamea berteknologi Dual Pixel dengan resolusi 12 megapixel dan bukaan kamera f/1.7 untuk kamera di bodi belakang. Sedangkan untuk kamera depannya berresolusi 8 megapixel,  autofokus dan bukaan kamera f/1.7.

Untuk kinerjanya, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus mengandalkan prosesor buatan sendiri yaitu Exynos 8895 10nm, serta didukung RAM dengan kapasitas sebesar 4 GB. Kapasitas RAM ini juga masih terbilang standar untuk smartphone kelas premium. Padahal sudah mulai ada smartphone yang mengusung RAM 6 GB.

 

Untuk memori internalnya disediakan kapasitas 64 GB.  Juga ada slot memori eksternal yang slotnya hybrid dengan slot kartu SIM.  Untuk daya tahan hidupnya, kedua smartphone dibekali baterai yang ternyata tidak terlalu besar. Galaxy S8 dibekali baterai 3.000 mAh, sedangkan Galaxy S8 Plus dibekali 3.300 mAh.

 

Dengan spesifikasi utama yang sudah disebutkan di atas, berapa harga jual kedua smartphone Samsung terbaru tersebut ? Samsung Galaxy S8 dijual seharga Rp 10,5 juta, sedangkan Galaxy S8+ dibanderol seharga Rp 12 juta.


3 KOMENTAR

  1. Galaxy S8 dan S8 plus ini untuk memerangi next iPhone bukan ya? Tidak ada inovasi yang signifikan dan memikat hati konsumen sepertinya.. Hanya desainnya yang keluar dari tradisi Samsung Galaxy yaitu menggunakan virtual button untuk navigasi..