Experience VIVO V15 dan V15 Pro Low Light Photography Bareng Komunitas Gadget Squad

0

Mengambil foto pada malam hari dengan smartphone cukup sulit dilakukan. Minimnya cahaya membuat hasil gambar menjadi blur atau banyak noise. Dan kali ini Komunitas GadgetSquad berkesempatan untuk menguji Low Light photography dengan menggunakan Smartphone Vivo V15 dan V15 Pro yang diklaim memiliki kemampuan lebih dalam mengambil foto low light.

Low Light Photography

Secara umum, low light photography merupakan pemotretan dalam kondisi yang minim cahaya. Low light photography juga bisa dilakukan ketika mengambil foto malam hari. Namun dengan fitur AI Super Night Mode, Vivo mencoba memberikan pengalaman pengguna untuk mengambil foto low light ata malam hari.

Beruntung beberapa waktu yang lalu team GadgetSquad.ID bersama teman-teman komunitas GadgetSquad mencoba mengeksplorasi lebih jauh untuk melakukan uji coba “Low Light Photography“ menggunakan smartphone dari VIVO yaitu VIVO V15 dan V15 Pro.

Spesifikasi Kamera VIVO V15 dan V15 Pro

VIVO V15 dan V15 Pro sendiri sama-sama mengusung triple camera, tapi dengan konfigurasi sedikit berbeda. Perbedaan yang paling mencolok terletak di kamera utamanya, Kamera utama Vivo V15 Pro memiliki sensor 48 megapiksel (f/1.8), dan Vivo V15 dibekali dengan kamera utama 12 megapiksel (f/1.8).

Di luar kamera utama, dua kamera lainnya memiliki resolusi dan fungsi yang sama, yaitu kamera ultra-wide 8 megapiksel (f/2.4) dan kamera 5 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor untuk foto bokehnya.

Selain itu, kedua varian dari V15 series ini juga sudah sama- sama dibekali dengan fitur AI Super Night Mode yang bisa membantu foto yang lebih optimal dalam kondisi low light atau minim cahaya.

Sementara untuk pengguna yang expert, disediakan juga mode Pro yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil foto dengan menyesuaikan settingan seperti ISO, shutter speed dan white balance secara manual.

JPO Bundaran Senayan

Lokasi JPO Bundaran Senayan menjadi salah satu spot favorit pejalan kaki di Jakarta yang cocok untuk foto-foto. Selain fungsinya yang memang sebagai jembatan penyebrangan orang, tapi saat malam hari tiba tampilannya berubah seketika menjadi spot yang instagramable dan menarik perhatian orang dengan efek lampu atau cahaya.

Bagi para pecinta low light photography, mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi. Seperti yang dilakukan oleh teman-teman dari komunitas Gadget Squad, spot foto yang bisa diambil tidak hanya di jembatannya saja, tapi juga bisa diambil dari area bawah jembatan. Dengan mengkombinasikan foto jembatan dengan latar belakang gedung-gedung tinggi lengkap dengan kerlap-kerlip cahaya lampu kota.

Berikut adalah hasil foto Low Light Photography yang di ambil dengan menggunakan VIVO V15 dan VIVO V15 pro.

Hutan Kota GBK

Selanjutnya adalah spot yang kedua yaitu, Hutan Kota Gelora Bung Karno alias GBK. Siapa sangka ada spot bagus yang lokasinya ada di tengah kota dan mudah dijangkau Pula.

Hutan Kota GBK dahulunya merupakan Senayan Golf Driving Range yang kemudian menjadi ruang publik Hutan Kota GBK. Untuk akses masuk hutan kota bisa melalui pintu 5 GBK, tepat di seberang fX Sudirman.

Selain taman hijau yang asri, tempat ini juga sangat instagramable yang sering dikunjungi oleh para pecinta mobile photography untuk mengabadikan moment.

Menjelang malam hari tempat ini menyuguhkan ambient light yang menarik dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit yang berada didaerah SCBD membuat foto semakin aesthetic.

Masih menggunakan kamera utama VIVO V15 series, berikut adalah hasilnya

JPO Indofood Sudirman

Spot yang ketiga atau yang terakhir adalah JPO Indofood Sudirman. Sekilas bila dilihat dari kejauhan nampak tidak ada yang menarik dari jembatan penyebrangan ini, tidak ada kerlap-kerlip lampu seperti JPO Bundaran Senayan dan bentuknya pun sangat biasa saja.

Hal yang menarik justru ketika sudah berada di atas jembatannya, spot foto terasa pas dengan view jalan tol yang dihiasi dengan gedung-gedung tinggi di kanan dan kiri jalan.

Dari spot ini yang berada tepat di atas jalan tol sangat cocok untuk memotret “ Light Trail“ dengan teknik pengaturan iso dan shutter speed yang bisa di sesuaikan secara manual pada mode pro.

Berikut adalah hasil foto “Light Trail“ yang di ambil di JPO Indofood Sudirman menggunakan VIVO V15 Pro.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Testimoni Komunitas Gadget Squad

Thomp – Mobile Photographer & YouTuber

“Dengan fitur AI Super Night Mode pengguna benar-benar dimanjakan untuk menghasilkan hasil foto yang detail dalam kondisi minim cahaya “

Indra – Mobile Photographer

“Selain dibekali dengan AI Triple Camera, fitur wide juga sangat membantu untuk menangkap object foto lebih luas“

Awi – Mobile Photographer

“Setelah coba menggunakan VIVO V15 Pro, hasil foto dengan sensor 48 MP begitu detail. Untuk Fitur Night Mode luar biasa banget “

Low Light Photography

Sebagai penutup, keseruan acara Experince Low Light Photography menggunakan VIVO V15 dan VIVO V15 Pro ini diakhiri dengan sesi foto bersama dari semua peserta.
So guys, untuk kamu yang berminat gabung menjadi bagian komunitas Gadget Squad? Jika iya kamu tinggal buka homepage dan klik join.