i-Aplikazone, Toko Aplikasi Dari Indosat, Beda Dari Yang Lain

Aplikazone2Indosat meluncurkan i-Aplikazone, sebuah Toko Aplikasi Android terbesar yang pernah disediakan oleh operator telekomunikasi lokal di Indonesia, dengan lebih dari 10 ribu aplikasi yang tersedia khusus untuk seluruh pelanggan Indosat. Peluncuran ini seiring dengan tren penggunaan smartphone Android yang tercatat memiliki pertumbuhan pegguna tercepat di Indonesia pada tahun 2015.

 

i-Aplikazone merupakan kolaborasi antara Indosat dan PCCW—penyedia jasa telekomunikasi yang berasal dari Hong Kong—dimana selain beragam pilihan aplikasi seperti yang disebutkan diatas, terdapat pula sebuah penawaran eksklusif hanya untuk pelanggan Indosat yang tidak dapat ditemukan di Toko Aplikasi lainnya. Hanya dengan menekan *123*424# lalu tekan OK/YES, pelanggan Indosat akan mendapatkan SMS berisi tautan. Setelah itu pelanggan harus meng-klik tautan tersebut dan mengunduhnya di smartphone Android masing-masing pelanggan. Berbagai aplikasi yang terdapat di i-Aplikazone dapat diunduh secara gratis oleh pelanggan Mentari, IM3 dan Matrix. Keunggulan dari Toko Aplikasi ini adalah banyak aplikasi di sediakan dalam Bahasa Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih dan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

 

President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan, “Hadirnya i-Aplikazone sejalan dengan visi Indosat untuk selalu menyediakan pelanggan kami berbagai macam konten sejalan dengan gaya hidup saat ini dan mendukung ekosistem digital yang baik. i-Aplikazone hadir dengan beragam aplikasi-aplikasi eksklusif yang dibuat khusus untuk pelanggan Indosat yang tidak tersedia di toko aplikasi lainnya. Sampai dengan saat ini terdapat lebih dari 10.000 aplikasi-aplikasi di i-Aplikazone, dan kami berharap agar jumlahnya terus bertambah seiring dengan pertumbuhan aplikasi-aplikasi yang sedang dikembangkan”.

 

Dengan peluncuran i-Aplikazone, Indosat berharap dapat membantu pertumbuhan industri kreatif digital di Indonesia, dimana pengembang aplikasi lokal dapat melanjutkan untuk menyediakan dan mendistribusikan kreasi mereka melalui i-Aplikazone. Peluang ini tidak hanya terbatas untuk pendistribusian aplikasi lokal secara gratis, tapi juga untuk menciptakan peluang monetisasi aplikasi dengan dilakukannya integrasi melalui pembelian tambahan aplikasi (in-apps) menggunakan pulsa Indosat. Salah satu pengembang local yaitu Elasitas yang terbantu dalam mendistribusikan kreasinya dengan nama Vaccine Time yang mana telah memenangkan sebuah kompetisi yang diselenggaran Google untukHack For Impact di April 2015.

 

Peluang ini disambut dengan baik oleh pengembang aplikasi lokal yang mulai mendistribusikan hasil karya mereka di Indosat Aplikazone. Salah satu pengembang tersebut adalah Elasitas yang turut mendistribusikan karya mereka yang telah memenangkan ajang kompetisi pengembangan aplikasi android yang diadakan oleh Google. Direktur Elasitas, Arthur Surya, mengatakan “Kami sebagai pengembang aplikasi lokal membutuhkan toko aplikasi lokal seperti Indosat Aplikazone ini, karena kesuksesan sebuah aplikasi sangat dipengaruhi oleh luasnya distribusi dan adopsi aplikasi itu sendiri, yang dalam hal ini sangat terbantukan dengan diluncurkannya Indosat Aplikazone“.