GadgetSquad.ID – Fitur imaging, terutama kemampuan Nightography, menjadi salah satu daya tarik utama Samsung Galaxy S23 Series 5G

Nah, kemampuan Galaxy S23 S23 Series 5G, mengabadikan berbagai momen epik saat malam hari, dibedah secara detail dalam workshop yang dihelat Samsung di Banyuwangi, Jawa Timur.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan Samsung S23 Series 5G, agar kamu bisa menghasilkan nightography nan epic layaknya fotografer profesional?

Fotografer Adhika Bayu, menjelaskan saat ini peningkatan fitur Nightography di Galaxy S23 Series 5G, mampu menyingkirkan berbagai kekhawatiran saat memotret di kondisi low light.

“Kualitas kamera Galaxy S23 Series 5G yang sudah sekelas profesional dan dilengkapi kemampuan nightography, 200MP hingga Expert RAW membuat saya bisa capture konten epic kapanpun tanpa harus tanpa ribet dengan hasil yang detail dan vivid,” ungkapnya

“Tentunya ini sangat memudahkan pengambilan konten saat traveling apalagi di momen sekarang yang kita sudah makin sering traveling,” tegas Andhika.

Lebih lanjut Andhika, tak sungkan berbagi tips simple, agar kamu bisa mengabadikan memon epic layaknya fotorafer profesional, bermodal Samsung Galaxy S23 Series 5G.

Pilih Resolusi yang tepat
Tips pertama pastikan, kamu harus memilih resolusi yang tepat saat kamu melakukan aktivitas nightography.

Menurut Andhika, saat foto malam hari dengan kondisi pencahayaan yang cukup terang, aktifkan mode kamera tertinggi, yaitu 200MP di Galaxy S23 Ultra 5G atau 50MP di Galaxy S23|S23+ 5G.

Baca juga : Ohh, Ini Dia Fungsi Kamera 200MP di Samsung Galaxy S23 Ultra

Sementara itu, saat malam hari dengan kondisi pencahayaan yang sangat redup atau ada sumber cahaya yang dominan seperti neon. Sebaiknya menggunakan resolusi kamera 12MP sebagai mode default dari tiap model Galaxy S23 Series 5G.

“Pemilihan resolusi kamera sangat menentukan kualitas foto malam hari. Maka dari itu, waktu pakai Galaxy S23 Series 5G, saya selalu mengatur resolusi kameranya sesuai dengan kondisi low light yang dihadapi untuk mendapatkan foto malam hari berkualitas terbaik,” jelas pria berkacamata ini.

Bermainlah dengan Exposure
Tips selanjutnya jangan takut bermain dengan exposure, agar hasil foto malam jadi lebih dramatis. Kamu bisa mengaktifkan Expert RAW di Samsung Galaxy S23 Series 5G.

Pengaturan kamera yang advanced di Expert RAW bisa dimaksimalkan untuk mengasah kreativitas dalam mengambil foto malam hari, salah satunya dengan teknik long-exposure.

“Untuk memotret dengan teknik long-exposure, kita bisa pilih ISO sesuai kondisi low light yang dihadapi. Jika kondisinya semakin gelap, maka kita bisa pilih ISO yang semakin besar. Lalu, atur shutter speed yang lebih tinggi untuk membuat kamera terbuka lebih lama untuk menangkap lebih banyak cahaya.

“Teknik ini bisa digunakan saat ingin foto traffic malam hari untuk mendapat efek dramatis dari lampu kendaraan, memotret jembatan di kondisi low light sambil mendapatkan efek air yang lebih smooth, hingga capture sunset dengan pola langit yang unik,” kata Andhika.

Manfaatkan Astrophoto
Gunakan fitur Astrophoto untuk mendapatkan foto langit penuh bintang yang epic dengan lebih praktis. Dalam Astrophoto terdapat menu Sky Guide, yang bisa memandu kita menemukan lokasi rasi bintang dan kelompok bintang dengan komposisi terbaik

“Astrophoto dibekali teknologi segmentasi AI dan Multi-frame processing, jadi dia bisa melakukan pemetaan bintang hingga peningkatan detail foto dengan maksimal untuk memastikan hasil tangkapan foto kita jadi epic layaknya pakai perlengkapan profesional,” tukas Andhika.

Selamat mencoba!!