GadgetSquad.ID – Era Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, memang semakin nyata. AI sendiri adalah sejenis teknologi di bidang ilmu komputer yang memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan masalah.

Dalam perkembangannya, AI kini sudah tersemat di perangkat hape. Samsung dengan teknologi Galaxy AI, menjadi bukti paling fresh bagaimana kecerdasan buatan kini tersemat di perangkat hape.

Tanpa mengecilkan menu kamera, saat para kompetitor masih sibuk di sektor imaging, Samsung menghadirkan fitur AI untuk membuat hidup penggunanya lebih baik, terutama dalam hal komunikasi.

Terpasang di keluarga Samsung Galaxy S24 Series yakni, Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra, Galaxy AI menawarkan pengalaman kecerdasan buatan paling optimal di hape hingga saat ini.

Apa saja sih yang bisa dilakukan Galaxy AI, yang tersemat di keluarga, Samsung Galaxy S24 Seires? Saatnya kita ulik.

1. Live Translate
Menu Live Translate membuat pengguna Galaxy S24 series, bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara dan bahasa.

Kamu bisa menggunakan Live Translate, untuk menerjemahkan suara dan teks secara real-time, saat melakukan panggilan telepon biasa.

Tercatat saat ini ada 13 bahasa yang bisa diterjemahkan. Terjemahan bahasa Indonesia saat ini belum ada, tapi pihak Samsung berjanji akan tersedia beberapa waktu ke depan.

2. Interpreter
Saat Fitur ini aktif, kamu layaknya “membawa” penerjemah di dalam hape. Fitur Interpreter ini bisa menerjemahkan percakapan secara langsung melalui layar terbagi dua

Jadi, kamu bisa langsung melihat apa dikatakan oleh lawan bicara saat berhadapan dengan mereka. Seperti Live Translate, kamu tidak memerlukan koneksi internet untuk menggunakan fitur ini.

3. Chat Assist
Fitur ini bisa membantu user menyesuaikan nada bicara, saat chatting agar pesan tersampaikan dengan baik. Kamu juga bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks secara real-time ke dalam 13 bahasa

Bagaimana caranya? kamu hanya perlu menginstal aplikasi Samsung Keyboard di perangkat Android.

4. Note Assist
Fitur ini bisa membuat kamu semakin produktif. Saat Note Assist di Samsung Notes aktif, AI Galaxy S24 Series dapat membuat ringkasan, template, dan cover untuk catatan kamu.

5. Transcript Assist
Transcript Assist yang menggunakan teknologi AI, membuat fungsi Speech-to-Text jadi bisa mengetik, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara.

Menariknya, walau banyak orang yang berbicara dalam waktu bersamaan, menu ini tetal bisa fokus mengenali sumber suara. Transcript Assist dapat mengenali 10 orang berbicara, dan memisahkan omongan mereka dengan baik,” jelas pihak Samsung.

6. Circle to Search
Galaxy S24 Series jadi hape Android pertama yang memiliki fitur Circle to Search with Google. Berbekal teknologi AI Gemini milik Google, kamu dapat melakukan pencarian informasi apa saja yang tampil di layar.

Cukup menahan tombol Home, dan melingkari, coret, atau mengotakkan objek yang ingin dicari. Lewat fitur ini, kamu bisa belajar lebih banyak tentang landmark, fakta menarik, atau hal-hal lain yang kamu lihat di media sosial atau YouTube Shorts tanpa harus keluar dari aplikasi digunakan.