GadgetSquad – Persaingan prosesor di smartphone semakin sengit. Masing-masing produsen berlomba untuk menghadirkan prosesor dengan performa yang semakin kencang dan berbagai keunggulan lainnya. Seperti prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra terbaru yang hadir dengan membawa sejumlah keunggulan.

Prosesor Mediatek Dimensity 8300-Ultra ok (1)

Keunggulan Prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra

Keandalan prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra terbaru nantinya bisa dirasakan pada Hp terbaru Poco X6 Pro 5G yang sudah diluncurkan di pasar global, tapi belum di Indonesia. Nah, ini dia beberapa keunggulan prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra  :

  • Performa dan Efisiensi Memukau

Didesain di atas proses manufaktur 4nm generasi ke-2 TSMC, Dimensity 8300-Ultra memiliki CPU octa-core yang terdiri atas empat core Arm Cortex-A715 dan empat core Cortex-A510, dengan memanfaatkan arsitektur CPU v9 terbaru Arm.

Konfigurasi tersebut membuat Dimensity 8300-Ultra mampu memberikan performa 20% lebih cepat dan lebih hemat daya hingga 30% dibanding generasi sebelumnya. Ditambah, kinerja prosesor grafis GPU Mali-G615 MC6 pada Dimensity 8300-Ultra meningkat hingga 60% dan efisiensi daya hingga 55% lebih baik.

  • Generative AI (Artificial Intelligent)

Prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra adalah chipset Dimensity seri 8000 pertama yang hadir dengan dukungan AI generatif penuh, berkat prosesor AI APU 780 yang terintegrasi di dalamnya.

Ini memungkinkan Dimensity 8300-Ultra mendukung pengembang teknologi buat membangun aplikasi inovatif yang memanfaatkan model bahasa besar (Large Language Models/LLM) hingga 10B, serta difusi yang stabil.

AI APU 780 memiliki arsitektur yang sama dengan SoC Dimensity 9300, sehingga sanggup menghasilkan peningkatan dua kali pada komputasi. Selain itu juga mampu menghadirkan peningkatan kinerja AI sebesar 3,3 kali ketimbang seri sebelumnya yaitu Dimensity 8200.

  • Kamera Lebih Canggih

Kemampuan AI yang ada di prosesor ini dipadukan dengan teknologi kamera MediaTek Imagiq 980 (mengusung HDR-ISP 14-bit), yang menghadirkan fotografi smartphone dan perekaman video ke level lebih tinggi . Pengguna bakal bisa merekam video lebih tajam dan jernih pada 4K60 HDR. Tidak hanya itu, juga bisa merekam video lebih lama karena juga hemat daya.

Baca juga : Siap Tandingi Snapdragon 8 Gen 3, Ini Keunggulan MediaTek Dimensity 9300

  • Gaming Makin Memuaskan

Untuk urusan gaming, prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra sudah dibekali teknologi game adaptif HyperEngine generasi selanjutnya yang menawarkan penghematan daya lebih baik lagi.

Dibantu performa berbasis AI, Dimensity 8300-Ultra secara cerdas mereduksi konsumsi daya rata-rata pada kecepatan maksimum. Dan dengan memanfaatkan algoritma performa yang memonitor suhu perangkat, memungkinkan hape tetap dingin. Hasilnya, kita bisa menikmati FPS secara penuh, lag rendah, rendering yang mulus, dan baterai yang lebih tahan lama.

  • Layar Responsif

Hadir dengan MediaTek MiraVision 880, Dimensity 8300-Ultra dibekali MediaTek AI-PQ untuk smartphone, yang bekerja dengan cara menganalisa adegan dalam streaming video secara real-time. Kemudian mengatur penyetingan layar sesuai kebutuhan tampilan di layar untuk menghasilkan kualitas gambar maksimal. Selain itu juga dapat membedakan menyesuaikan contrast, sharpness, dan color tones melalui AI-Segmentation.

  • Akses Internet Makin Cepat

Prosesor Mediatek Dimensity 8300-Ultra sudah diintegrasikan dengan modem 5G standar 3GPP Release-16, yang memanfaatkan optimalisasi guna memberikan konektivitas yang lebih baik, di lingkungan dengan koneksi yang lebih lemah.

Optimalisasi tersebut memperkuat kinerja dan jangkauan dan konektivitas yang lebih andal. Modem ini mendukung agregasi operator 3CC, yang bisa mencapai kecepatan downlink hingga 5,17Gbps.