GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 nampaknya tidak membuat Indosat Ooredoo berhenti berkreasi. Teranyar Indosat Ooredoo resmi memperkenalkan CloudConnect.

Sesuai namanya CloudConnect, adalah layanan baru yang memberikan konektivitas ke Public Cloud dengan menggunakan konsep Network-as-a-Service (NaaS).

Hadirnya CloudConnect tidak lepas dari survey Gartner menyebutkan pertumbuhan Internet of Things (IoT) di Indonesia akan mencapai 19% hingga 2022.

Layanan CloudConnect sendiri, hadir tidak lepas dari hasil kolaborasi Indosat Ooredoo dengan NetFoundry.

Berkolaborasi bersama NetFoundry, solusi ini menjadikan Indosat Ooredoo sebagai penyedia layanan NaaS pertama berbasis full-software di Indonesia melalui CloudConnect.

Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo, menjelaskan pihaknumya memahami dampak dan tantangan pada masa sulit ini. Karena itu sejak awal pandemi, Indosat Ooredoo mengambil peran sebagai enabler khususnya di bidang informasi dan komunikasi.

“Bersama NetFoundry, Indosat Ooredoo menghadirkan CloudConnect sebagai solusi bagi pelanggan korporat untuk menjalankan bisnis secara cepat dan efisien dengan mengedepankan tiga keunggulan utama, yaitu peningkatan performansi, fleksibilitas, serta standar keamanan tinggi (Zero Trust Network Security),” imbuh Bayu.

Lebih detail soal CloudConnect, layanan ini mampu meningkatkan performansi network hingga lima kali lebih cepat dibandingkan dengan alternatif network biasa seperti traditional VPN. Pelanggan dapat dengan mudah terhubung ke public cloud seperti Google, AWS, Azure, dan Alibaba.

Lebih dari itu, CloudConnect dapat di-install di berbagai device seperti laptop, dan ponsel berbasis Android atau iOS, dan perangkat IoT, yang memungkinkan pelanggan dapat membuat virtual network dalam waktu singkat, tanpa memerlukan perangkat keras.

CloudConnect juga mengadopsi Zero Trust Network Security, yaitu lima lapisan model keamanan yang disempurnakan untuk membuat network invisible yang dapat mengamankan akses jarak jauh ke cloud.

Keunggulan lain dari CloudConnect, layanan ini memungkinkan pelanggan untuk bekerja dimana saja, kapan saja, melalui perangkat apa pun yang dimiliki. Inovasi baru CloudConnect ini diharapkan dapat mendorong sektor bisnis di Indonesia untuk selalu menjadi terdepan.