GadgetSquad.id – Paten Apple lainnya baru-baru ini muncul secara online. Kali ini, perusahaan telah diberikan paten untuk mekanisme engsel baru yang dapat digunakan pada MacBook atau bahkan iPhone lipat yang akan datang.

Menurut laporan PatentlyApple, paten itu berjudul “Electronic devices with fiber composite friction hinges”. Uraian tersebut mengungkapkan bahwa paten takan menggunakan engsel komposit serat yang dapat dibentuk dari bahan komposit serat seperti bahan komposit serat karbon, demikian dilaporkan Gizmochina.

Dalam istilah yang sederhana, itu berarti bahwa raksasa yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu sedang mencari untuk membangun lapisan fleksibel (bisa berupa layar fleksibel) yang ditempatkan di atas mekanisme engsel. Selain itu, bahannya menyiratkan bahwa engsel baru akan lebih ramping, tapi masih cukup kokoh.

Karena merek tersebut tidak mengacu pada perangkat tertentu, merek tersebut bahkan dapat digunakan pada engsel MacBook, tapi kedengarannya lebih pas untuk menjadi engsel pada iPhone yang dapat dilipat. Paten Apple juga menambahkan bahwa perangkat elektronik mungkin memiliki satu atau lebih engsel.

Misalnya, perangkat lipat mungkin memiliki bagian rumah pertama yang digabungkan ke bagian rumah kedua dengan engsel gesekan. Engsel gesekan dapat mencakup struktur yang diperkuat serat seperti struktur komposit serat karbon dan struktur komposit serat lainnya.

Penggunaan struktur komposit serat dapat membantu mengurangi jumlah engsel sekaligus meningkatkan kinerja engsel. Saat ini, masih belum ada berita resmi mengenai iPhone yang dapat dilipat dari perusahaan itu sendiri. Meskipun, diperkirakan akan diluncurkan dalam dua hingga tiga tahun ke depan.