GadgetSquad.ID – Google selaku pengembang OS Android, kabarnya dalam waktu dekat akan merilis Android 15. Sebagai generasi terbaru, Android 15 akan membawa berbagai fitur anyar.

Salah satu fitur yang menarik dari OS Android 15, terkait dengan keamanan. Platfrom Android 15 kabarnya bisa melacak hape yang hilang, meski dalam keadaan mati.

Dilansir laman GizChina, diinfokan jika seorang pengembang Android, mengungkapkan di Android Police bahwa Google sedang menbuat teknologi untuk, menjaga sebagian pengontrol Bluetooth tetap beroperasi bahkan saat hape dalam kondisi mati.

Fitur ini dikembangkan berdasarkan inisiatif Google untuk membuat sistem jaringan keamanan yang mirip dengan Find My milik Apple.

Jaringan ini memanfaatkan pancaran sinyal Bluetooth, sinyal tersebut dikirimkan dengan singkat oleh hape secara berkala, kemudian sinyal yang dikirimkan dapat diterima oleh perangkat di sekitar

Laman yang sama menyebutkan, cara kerja fitur tersebut yakni dengan merekam terlebih dahulu sinyal identifikasi ini, di dalam memori pengontrol Bluetooth sebelum dimatikan.

Bahkan dalam keadaan dinonaktifkan, pengontrol dapat terus mentransmisikan sinyal yang telah direkam sebelumnya, sehingga memudahkan dalam pelacakan lokasi.

Penting untuk diperhatikan bahwa fitur ini memerlukan perangkat keras yang kompatibel. Laporan terkini menunjukkan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro kemungkinan akan mendapat fitur ini untuk pertama kali.

Namun perangkat lain juga akan mendapat fitur ini melalui pembaruan di masa mendatang.

Tambahan keamanan pada Android 15 ini menandakan kemajuan signifikan dalam pemulihan perangkat yang hilang.

Jika benar fitur tersebut jadi disematkan, tentu akan sangat membantu pengguna Android yang kehilangan hape kesayangannya.

.