GadgetSquad.ID – Musibah baterai hape atau laptop meledak, bukan sesuatu yang baru lagi. Situasi tersebut tentu menjadi tragedi, apalagi sampai harus melukai pengguna atau orang sekitar.

Sejatinya saat ini sejumlah perangkat elektronik, sudah dibekali fitur keamanan yang bisa meminimalisir, tragedi baterai meledak.

Sayang, kebiasaan buruk yang dilakukan penggunan bisa membuatnya device terbakar. Misalnya menggunakan kabel yang sudah tak layak pakai hingga menutupi HP saat dicas.

Namun perlu diketahui, biasanya baterai hape, laptop dan sejenisnya, memberikan tanda-tanda atau ciri tertentu jika sudah mengalami kerusakan.

Ciri tersebut penting untuk diketahui, untuk mencegah tragedi baterai hape atau gadget kamu meledak.

Diolah dari berbagai sumber, berikut ini tanda-tanda yang akan dialami ketika hape atau laptop akan meledak:

1. Gadget panas
Tanda pertama adalah HP yang panas. Panasnya terus menerus dan suhunya cenderung lebih tinggi dari biasanya.

2. Perangkat menggembung
Baterai yang rechargeable (dapat diisi ulang) bisa membengkak secara drastis jika rusak, dan hal ini dapat membuat tampilan ponsel pintar menjadi tak elok.

3. Bau aneh
Jika kamu mencium bau yang aneh dari perangkat, kamu harus waspada. Bau tajam apa pun yang keluar dari gadget merupakan tandanya perlu diperiksa.

4. Asap
Sudah jelas, ini adalah pertanda ada yang terbakar di dalam perangkat yang kamu gunakan.

5. Tidak bisa dicas
Ini bisa jadi bukan tanda smartphone, laptop, atau gadget lain milikmu akan terbakar. Akan tetapi, ini menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres, dan demi amannya, ada baiknya kamu memeriksakan perangkat tersebut.

6. Cairan keluar dari perangkat
Mungkin saja cairan ini keluar bukan karena baterainya, tetapi ini tetap merupakan tanda peringatan yang tidak boleh diabaikan.

7. Kerusakan pada HP
Contohnya adalah casingnya penyok atau bengkok. Jika tidak karena perangkat terjatuh atau alasan lainnya, kemungkinan ini dikarenakan baterai yang rusak atau bocor