GadgetSquad.ID – Indosat Ooredoo sudah resmi menyelenggarakan koneksi 5G secara komersil di Indonesia. Agar koneksi 5G bisa dinikmati secara maksimal, Indosat Ooredoo sudah menyiapkan berbagai inovasi, salah satunya Imenghadirkan teknologi Segment Routing pada IPv6 (SRv6).

Berkerjasama dengan Cisco, teknologi ini memungkinkan jaringan 5G yang lebih simple, scalable, agile dengan kehandalan tinggi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan ritel dan segmen bisnis.

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, menuturkan, teknologi SRv6 membuat pihaknya bisa lebih memanjakan pelanggan.

“Hal ini akan membuat kami untuk memberikan layanan konektivitas berlatensi rendah yang cepat, sesuai permintaan, dan berkualitas tinggi untuk 5G, komputasi awan, dan IoT bagi konsumen dan perusahaan di seluruh Indonesia,” tuturnya

Medhat menambahkan, teknologi baru ini diiringi pengembangan jaringan serat optik Indosat, akan mendukung pertumbuhan permintaan konsumsi data seluler dengan munculnya teknologi baru, seperti cloud computing dan network slicing.

Keunggulan lainnya, fungsi SRv6 memungkinkan jalur routing deterministik untuk menjamin layanan on-demand berkualitas dan latensi rendah, yang mana itu berdampak pada konektivitas data jadi lebih cepat dan terotomatisasi penuh yang diperlukan untuk melayani pengguna.

“jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 di Indonesia ini adalah yang pertama di Asia Tenggara,” Beber Medhat.