GadgetSquad.ID – Masih soal pemilu 2024 nih Sob. Walau metode hitung cepat dari berbagai lembaga survei, sudah banyak memberi data siapa yang unggul, namun info hanya jadi acuan.

Pasalnya data yang nanti akan digunakan, adalah metode real count atau proses penghitungan secara menyeluruh dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia.

Real count sendiri dilakukan pihak Komusi Pemilihan Umum. Nah untuk terus mengawal, sekaligus mencegah kecurangan, masyarakat bisa mengawasi langsung real count secara online.

Berikut sara mengecek real count KPU suara secara online
1. Buka situs https://pemilu2024.kpu.go.id/
Setelah masuk ke dalam situs KPU ini, Anda bisa melihat beberapa pilihan yang ingin dilakukan pengecekan suara.

2. Pilih Suara yang Mau Dicari : Pilpres, Pileg, atau DPD
Kemudian tinggal memilih hasil suara mana yang ingin dilihat. Di sini akan diberikan opsi untuk mengecek suara yang telah dihimpun oleh KPU dari setiap TPS di Indonesia, mulai dari hasil pilpres, pileg, hingga DPD.

3. Pilih ‘Hitung Suara’
Setelah memilih penghitungan suara mana yang akan dicek, lalu pilih opsi hitung suara.

4. Tentukan Wilayah: Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, Kelurahan, dan TPS
Agar mempermudah mencari penghitungan suara, tentukanlah wilayah domisili. Di tahap ini perlu mengisi beberapa pilihan seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan, dan TPS tempat kamu tinggal.

5. Perhatikan Jumlah Suara
Kemudian, laman akan menampilkan jumlah suara. Perlu dicek data suara yang tertera dalam situs apakah sudah tersedia atau masih dalam proses.

Ini terjadi karena beberapa TPS masih belum mengirimkan data, sehingga terdapat beberapa data TPS dengan tulisan ‘masih dalam proses’.

6. Bandingkan Hasil Suara
Jika angka dari TPS sudah tertulis di sana, saatnya membandingkan dengan hasil suara dengan Form C Hasil.

Caranya tinggal klik bagian bawah yang terdapat kalimat ‘Lihat Form Pindai C Hasil’. Nanti akan ditampilkan foto Form C Hasil yang dipotret petugas KPPS dari TPS kamu.

7. Laporkan Data yang Tidak Sinkron
Jika telah mengklik ‘Lihat Form Pindai C Hasil’ dan angkanya sama, berarti suara pemilih telah dilaporkan dengan baik dan benar. Namun, jika terdapat angka yang berbeda, Anda janganlah ragu untuk melaporkan sebagai dugaan kecurangan.