GadgetSquad – Sebuah dokumen internal dari HMD Global telah bocor dan memiliki beberapa poin penting yang cukup menarik, termasuk mengenai ponsel Nokia 10—diduga penerus Nokia 9 PureView. Dokumen itu tidak menjelaskan secara rinci mengenai smartphone tersebut, hanya menyebutkan bahwa sangat dilarang untuk membahas atau membocorkan informasi Nokia 10.

Namun, ada bagian yang cukup menarik dari dokumen tersebut yaitu rencana masa depan HMD untuk Nokia sebagai sebuah merek. Tentu saja untuk mencapai tiga besar produsen smartphone terbesar dalam 3-5 tahun ke depan masih belum diketahui, tapi untuk melakukannya, Nokia ingin bekerja sama baik dengan Google, seperti dikutip GSM Arena, Selasa, 27 Oktober 2020.

Rencana tersebut memang tidak mengherankan, mengingat Google dan Qualcomm menggelontorkan sejumlah uang ke Nokia sekitar dua bulan lalu. Alhasil, Nokia akan fokus memasarkan perangkatnya dengan inovasi terbaru Google dan juga berusaha menguasai ‘the Google offer’. 

Nilai jual utama HMD Global adalah perangkat Nokia dengan Piksel untuk semua kategori harga, dan Android yang bersih—seperti yang diinginkan Google. 

Sebagai bonus, dokumen tersebut menyebutkan beberapa pedoman yang harus diikuti acara Nokia di masa mendatang, salah satunya adalah tidak membandingkan ponsel Nokia secara langsung dengan merek lain. Dan pasar utama yang menjadi fokus adalah India, Cina, Rusia, Indonesia, Inggris, Jerman, Afrika Selatan, Meksiko, dan Amerika Serikat.