GadgetSquad.ID – Ternyata kamera dari lini Instax, menjadi primadona dalam bisnis imaging Fujifilm. Kabarnya line-up Instax menyumbang 70% penjualan Fujifilm di lini kamera.

Merujuk kondisi tersebut, tak heran Fujifilm terus menghadirkan deretan keluarga Instax baru. Dua diantara resmi rilis di Indonesia yakni Instax SQ40 dan Instax mini Evo dalam warna coklat terbaru.

Rena R. Sari, Marketing Manager Instax Fujifilm Indonesia mengatakan bila seri kamera ini terus diperluas variannya, supaya semakin dicintai oleh beragam kalangan.

“Kini, kami meluncurkan dua varian terbaru yaitu Instax SQ40 dan mini Evo Brown. Kami juga menghadirkan instaXperience di Kota Kasablanka agar masyarakat dapat melihat dan mencoba langsung produk terbaru instax.”

Di sisi lain, Fujifilm juga tak luput memperkenalkan kamera mirrorless seri baru. Kali ini seri X-S20, menjadi mirroles baru yang dibawa Fujifilm untuk mencoba peruntungan di pasar Indonesia.

Berbicara spesifikasi Fuji Instax SQ40 menggunakan format kertas cetak yang berbeda, yakni sesuai namanya, square alias kotak dalam format 1:1.

Instax SQ40 tidak dilengkapi layar yang bisa diputar seperti kamera modern. Namun di bagian lensa, terdapat kaca khusus yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan framing ketika sedang ambil foto selfie.

Instax SQ40 dibekali fitur automatic exposure membuat hasil foto bakal memiliki kecerahan yang pas, baik pada kondisi pencahayaan maksimum maupun low-light.

Untuk melengkapi kamera Instax SQ40 ini, Fujifilm turut merilis kertas film dengan format square photo terbaru yang bernama Sunset Film. Perangkat ini dibanderol Rp. 2.499.000.

Sementara itu, Instax Mini Evo merupakan kamera hybrid yang menggabungkan teknologi digital dan analog. Kamera ini mendukung film format mini seukuran kartu.

Keunikan dari Instax Mini Evo ialah kamera ini dapat menghasilkan gambar dalam 100 efek hanya dalam satu pemotretan saja. Sebab, kamera ini dilengkapi dengan sepuluh efek lensa dan sepuluh efek film. Perangkat ini dibanderol Rp. 2.999.000.

Beralih ke Fujifilm X-S20, kamera mirroless ini hadir sebagai penerus X-S10. Fujifilm X-S20 merupakan mirrorless dengan bodi yang ramping namun dengan grip besar layaknya DSLR.

Layaknya DNA kamera mirroless, Fujifilm X-S20 punya bodi ramping, ringan, kompak sehingga nyaman dibawa berbagai aktivitas hunting foto.

Di balik desainnya yang ringkas, Fujifilm X-S20 mampu menghasilkan gambar mumpuni, layaknya kamera DSLR kelas atas.

Sensor yang dipakai adalah X-Trans CMOS 4 26,1MP yang bisa merekam video dengan resolusi maksimal 6,2K/30p dengan rasio gambar 3:2. Kamera ini dilengkapi fitur AI-based subject-detection AF.

Kamera dapat menangkap sekitar 800 foto/frame berkat baterai berkapasitas tingginya. Baterai ini memungkinkan pengguna untuk merekam hingga 75 menit. Fujifilm X-S20 dibanderol Rp. 21.4999.000.