GadgetSquad.ID – Di Indonesia sejatinya jaringan 5G baru sampai pada tahap uji coba. Namun kondisi tersebut tetap disambut antusias oleh para vendor, tidak terkecuali Oppo.

Sederet inovasi keren berteknologi jaringan generasi kelima pun, sudah disiapkan Oppo menyambut era 5G di Tanah Air. Apa saja sih ekosistem perangkat 5G yang sudah disiapkan Oppo?

Diolah dari berbagai sumber, berikut ini beberapa inovasi yang sudah dikembangan Oppo, untuk bertarung di era 5G.

Pertama dimulai dari uji kecepatan jaringan. Ya, Oppo dan Ericsson beberapa waktu lalu menguji coba jaringan mmWave 5G di China yang hasilnya diumumkan di ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2021.

Hasilnya sangat ngebut, uji coba Oppo dan Ericsson mencatat kecepatan downlink hingga 4,06 Gbps. Dengan kecepatan internet seperti itu, mengunduh file berukuran 2 GB bisa dilakukan dalam waktu empat detik.

Perlu diketahui, jaringan mmWave dikenal memiliki jangkauan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Sub-6GHz. Tapi dalam uji coba ini pengguna yang berjarak 2,3 km dari BTS masih bisa mendapatkan kecepatan downlink 200 Mbps.

Masih dalam kesempatan yang sama, Oppo juga mengenalkan aksesoris bernama Oppo 5G CPE Omni. Perangkat ini bisa mengubah sinyal 5G menjadi koneksi Wi-Fi yang cepat dan stabil.

Perangkat ini membawa teknologi O-Reserve 5G Antenna System yang menggunakan spektrum sub-6Ghz yang memastikan mendapatkan sinyal terbaik.

Di saat bersamaan, terdapat O-Motion 5G Antenna yang punya desain 360 derajat untuk menangkap sinyal mmWave terkuat. Sehingga di manapun perangkat ini ditempatkan diklaim bebas blindspot dan mendapatkan performa terbaik.

Nah, di Indonesia sendiri perangkat terbaru Oppo yang sudah dibekali kemampuan mengakses teknologi jaringan generasi kelima, adalah Oppo Reno5 5G.

Perlu diketahui demi menghormati peraturan yang berlaku, untuk saat ini teknologi 5G di Oppo Reno 5G sengaja belum diaktifkan. Namun jika koneksi 5G di Indonesia sudah komersil, teknologi 5G di Reno5 5G akan otomatis aktif.

Ponsel ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 765G yang bertenaga. Dipadukan dengan jaringan 5G, main game AAA lewat cloud gaming bisa dilakukan tanpa halangan.

Selain itu Oppo juga sudah menjalankan uji coba 5G bersama Telkomsel di Batam pada tahun 2019 silam. Pengujian tersebut dilakukan dengan melakukan panggilan telepon internet lewat jaringan 5G, dan menandakan pertama kalinya panggilan telepon dengan protokol internet dilakukan di Indonesia.

Tak cukup sampai disitu, untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menyambut jaringan 5G, Oppo juga menggelar Oppo 5G Academy yang diselenggarakan secara virtual. Dalam event ini, Oppo memberikan gambaran umum tentang teknologi 5G baik dari sisi perkembangan teknologi, implementasi, kegunaan dan pemanfaatan jaringan ini di masa depan