GadgetSquad.ID – Selain jago merilis hp dengan teknologi kamera di atas rata-rata, Oppo juga terbilang rajin memperkenalkan smartphone berdesain keren nan ikonik.

Berbicara hape dengan desain kece, ajang China International Industrial Design Expo (CIIDE) ke-4, menjadi panggung Oppo dalam memamerkan beberapa desain konseptual nan berkelas.

Pameran Desain Industri Internasional China adalah acara tingkat nasional yang berfokus pada desain industri di China. Dengan tema tahun ini yaitu “Desain Baru, Tren Baru, Momentum Baru”.

Dalam ajang tersebut, Oppo berkolaborasi dengan nendo mengadirkan beberapa desain konseptual baru, berdasarkan filosofi desain yang berpusat pada manusia.

Desain konseptual ini dibuat untuk Oppo oleh studio desain Jepang terkemuka, nendo, yang didirikan oleh Oki Sato.

Selama pameran Oppo juga menunjukkan serangkaian desain produk klasiknya yang mencerminkan wawasan dan upaya Oppo dalam mengeksplorasi bentuk, materi, dan interaksi yang telah dilakukan perusahaan sejak pertama kali didirikan.

Salah produk yang desainnya mencuri perhatian di ajang tersebut, adalah tampilan hp berlayar gulung Oppo X 2021, yang sempat diperkenalkan di acara Oppo INNO Day 2020.

Ukuran layar yang dapat digulung dari perangkat konseptual dapat disesuaikan tanpa batas dalam rentang yang ditentukan, menawarkan perspektif baru tentang masa depan perangkat dan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengannya.

Di ajang ini Oppo juga memamerkan desain konseptual “slide-phone” yang telah dikerjakan bersama dengan studio desain industri terkemuka Jepang, nendo.

Ide untuk “ponsel geser” berawal dari penemuan Oppo dan nendo bahwa pengguna smartphone semakin mengandalkan smartphone mereka untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Untuk mendukung lebih banyak fungsionalitas, smartphone didesain dengan ukuran yang terus bertambah, sehingga sulit untuk digenggam dan kurang nyaman.

Desain konseptual Oppo dan nendo lainnya, “music-link”. Sesuai namanya music-link adalah kumpulan perangkat yang berpusat pada sepasang earphone TWS yang juga mencakup jam tangan pintar, speaker AI, pengisi daya portabel, dan pengisi daya nirkabel.

Semua perangkat dirancang dalam bentuk organik yang ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini.

Desain simbiosis antar perangkat ini, dan penekanan pada portabilitas dan kenyamanan, mencerminkan integrasi teknologi OPPO dan human-centricity dalam filosofi desainnya.

Mengomentari kemitraan ini, CEO dan desainer kepala Nendo, Oki Sato, berkata: “Saya terkesan dengan filosofi Oppo, yang lebih dari sekadar memanfaatkan teknologi terbaru dan mengejar hubungan yang nyaman antara orang-orang dan produk mereka melalui pendekatan desain yang berpusat pada manusia. Saya menantikan untuk melihat konsep baru dari tim OPPO serta melihat bagaimana mereka berhasil mencapai keseimbangan lebih lanjut antara teknologi dan keterlibatan emosional.”

Sementara itu, Desainer utama Oppo Industrial Design Xiao Bo menambahkan: “Desain nendo sangat selaras dengan filosofi manusia-sentris Oppo. Oppo bertujuan untuk menghadirkan pengalaman produk yang menyenangkan kepada pengguna dengan teknologi mutakhir dan desain estetika. Kemitraan ini dibangun di atas keyakinan bahwa, untuk menciptakan produk teknologi inovatif dengan tingkat kenyamanan yang tepat bagi pengguna, kita harus fokus pada “manusia”. Ke depannya, kami akan menggandakan pendekatan ini dengan merekayasa produk dengan pengalaman yang lebih mulus dan ramah pengguna.”

Sebagai penjelajah dan pemimpin yang mengejar sinergi sempurna antara estetika dan inovasi tertinggi, Oppo mendirikan pusat desain industri pada awalnya untuk mewujudkan desain dan inovasi dalam industri. Pusat ini disertifikasi oleh The Fourth selection of National Industrial Design Center di China pada 22 November 2019.

Desain produk mutakhir Oppo juga telah diterima dengan baik dan diakui oleh industri. Tahun ini, Oppo Find X dan Reno3 Pro memenangkan Good Design Awards 2020, sedangkan Oppo Find X2 Pro memenangkan Swan Award di China Mobile Phone Design Competition.

Oppo akan terus fokus pada desain produk, mengeksplorasi lebih jauh bagaimana teknologi dan estetika dapat diintegrasikan untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat antara orang, perangkat, dan dunia di sekitar mereka