GadgetSquadPT XL Axiata Tbk (EXCL) kembali menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dalam gelaran rapat tersebut, beberapa keputusan penting diinfokan kepada publik termasuk pemegang saham XL

Salah satunya keputusan penting yakni, terkait pembagian deviden. Dalam RUPST, menyetujui pembagian dividen untuk pemegang saham sebesar Rp551,7 miliar atau sekitar 50 persen dari keuntungan tahun 2022.

Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, menuturkan, total dividen sekitar Rp551,7 miliar itu setara dengan Rp42 per saham.

“Sedangkan, sisa dari keuntungan lainnya akan dipergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp100 juta dan Rp557 miliar dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan,” Jelas Dian lebih lanjut.

Selain soal pembagian deviden, keputusan penting lain yang diambil dalam RUPST XL, yaitu perihal perubahan jajaran direksi. Dimana, ada penggantian Direktur Keuangan seiring dengan mundurnya Budi Pramantika.

Posisi Budi Pramantika digantikan oleh Feiruz Ikhwan, yang sebelumnya berkarir di sejumlah perusahaan di bawah Axiata Group Bhd, termasuk di XL Axiata.

Dian berharap kehadiran Feiruz dapat mendorong peningkatan kinerja XL Axiata kedepannya. Serta, mendukung program digitalisasi pemerintah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Budi Pranantika atas kontribusinya untuk kemajuan XL Axiata selama beliau bekerja di XL Axiata. Feiruz nantinya akan menggantikan Budi memberikan update terkait kondisi keuangan,” terang Dian.

“Semoga kinerja XL terus meningkat dan mampu menopang program pemerintah dalam hal digitalisasi di Indonesia,” tegasnya.

Berikut susunan baru Direksi XL Axiata dan efektif sejak ditutupnya Rapat:
Presiden Direktur : Dian Siswarini
Direktur : Feiruz Ikhwan
Direktur : Abhijit Jayant Navalekar
Direktur : Yessie Dianty Yosetya
Direktur : David Arcelus Oses
Direktur : I Gede Darmayusa

Sementara itu, untuk Dewan Komisaris tidak ada perubahan.
Berikut susunan Dewan Komisaris XL Axiata:
Presiden Komisaris : Dr. Muhamad Chatib Basri
Komisaris : Vivek Sood
Komisaris : Dr. Hans Wijayasuriya
Komisaris : Dr. David Robert Dean
Komisaris Independen : Muliadi Rahardja
Komisaris Independen : Yasmin Stamboel Wirjawan
Komisaris Independen : Julianto Sidarto