gerakan 100%Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara digital yang maju. Untuk mewujudkan visi tersebut, Smartfren meluncurkan Gerakan 100% untuk Indonesia pada hari Kebangkitan Nasional yang lalu, “Momen Hari Kebangkitan Nasional kita manfaatkan untuk membangkitkan semangat anak-anak muda Indonesia dalam berkarya dan bisa terbang lebih tinggi dengan memanfaatkan internet,” kata Andrijanto Muljono, Chief Executive Officer Smartfren 

Melalui gerakan ini Smartfren mengajak masyarakat untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam transformasi digital, menghubungkan seluruh nusantara, dan menciptakan masa depan yang lebih inklusif melalui inovasi teknologi. 

Apa itu Gerakan 100% untuk Indonesia dari Smartfren

Gerakan 100% untuk Indonesia merupakan komitmen Smartfren untuk berperan aktif dalam memajukan transformasi digital di Indonesia. Smartfren berusaha untuk memberikan akses yang luas dan terjangkau kepada seluruh masyarakat, terutama di daerah yang sulit terjangkau, dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital yang ada. 

Pada kampanye Smartfren 100% untuk Indonesia mencakup banyak hal. Tidak hanya berkutat soal penyebaran internet saja, tetapi juga ada sejumlah program lain konsisten berjalan.

Baca juga: Rayakan HUT RI ke 78, Smartfren rilis Paket Gaul Merdeka, Cuma 17 Ribu

Program dan Kegiatan

Dalam gerakan tersebut, Smartfren sebagai pelopor paket internet Unlimited di tanah air, membuat beberapa pilar kegiatan yang tujuannya untuk mendukung terwujudnya digitalisasi bagi masyarakat. Pilar yang dimaksud adalah Teman Pintar Indonesia, yang memberikan pemahaman mendalam mengenai literasi digital lewat komunitas edukasi dan pedesaan; Teman Kreasi Indonesia, sebagai wadah kreativitas dan entrepreneurship generasi muda tanah air; Teman UMKM Indonesia, yang bermanfaat mendorong UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas lewat digitalisasi; dan WOW 100% untuk Indonesia sebagai rangkaian aktivitas komunitas dan keseruan bernafaskan budaya lokal.

Dani Akhyar, Head of Community Development & Public Relation Smartfren mengatakan, ”Smartfren mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam menyatukan perbedaan dan menjadikan perbedaan yang kita miliki sebagai inspirasi berkarya dan menyebarkan sikap positif. Harapannya, dari rangkaian inisiatif gerakan 100% untuk Indonesia ini dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi dan budaya di berbagai kota di tanah air.”

Rangkaian Gerakan 100% untuk Indonesia tersebut Smartfren menjangkau anak-anak muda dan UMKM melalui kolaborasi dengan Smartfren Community, yang tersebar di lebih dari 118 kota di Indonesia. Melalui kegiatan Teman Pintar Indonesia, selama 2023 ini sudah ada lebih dari 6.900 pelajar dan lebih dari 202 sekolah mendapatkan pelatihan literasi digital.

Adapun melalui gerakan Teman Kreasi Indonesia, Smartfren merangkul berbagai komunitas serta pelaku usaha kreatif untuk bekerja sama. Beberapa diantaranya adalah Komunitas Stand-Up Comedy Bandung, Batam dan Lampung,  serta Seira Projects di Pandeglang dan BePutra di Depok bidang desain grafis yang berkolaborasi dengan Smartfren Community untuk kegiatan social media content & design di akun-akun Teman Pintar, Teman UMKM, Teman Kreasi, dan Bunda Pintar.

Sementara itu pelaku usaha yang termasuk ke dalam UMKM diwadahi dalam Teman UMKM Indonesia dan WOW 100% untuk Indonesia. Teman UMKM Indonesia telah membina lebih dari 1800 pengusaha lokal di berbagai kota. Salah satunya di Tangerang Selatan pada Hari UMKM Nasional yang lalu, Smartfren Community bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan dan Dewan Koperasi Indonesia untuk memberikan seminar mengenai koperasi digital. Kemudian di Malang, Smartfren Community memberikan pelatihan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan dan menampilkan praktisi media sosial Siktarina Arum Wydianti sebagai pemateri.

Smartfren juga mengajak UMKM binaan Smartfren Communitu dalam berbagai acara WOW 100% Indonesia yang diselenggarakan antara lain di Depok, Garut, Majalaya, Cirebon, dan Sidoarjo. Acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari kompetisi esports, kuliner lokal, seni tradisional, hingga hiburan. Selain itu, Smartfren memberikan tempat unjuk gigi bagi UMKM binaan Smartfren Community dalam acara WOW 100% untuk Indonesia, sehingga mereka dapat menjual berbagai produk unggulannya.