GadgetSquad.ID – Walau minim prestasi level dunia, sepak bola tetap menjadi olahraga terfavorit di Indonesia. Karenanya gak berlebihan jika ada yang menyatakan masyarakat Indonesia “gila bola”.

Kini sepak bola juga hadir dalam bentuk pemain digital, peminatnya juga gak kalah banyak. Hal ini direspon Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dengan meluncurkan permainan digital berbasis sepak bola.

Indosat berkolaborasi dengan Virtualness dan Liga 1, meluncurkan game bertajuk Liga 1 Fantasy Football berbasis Web3.

Ritesh Kumar Singh, Director & Chief Commercial Officer, IOH, mengatakan program seperti ini, menghilangkan batasan antara dunia nyata dan virtual.

“Jadi dengan adanya dengan program ini, orang dari handphone pun juga bisa ikutan, apa yang terjadi di dunia sepakbola. Bahkan ikut bermain secara virtual,” kata Ritesh

Sementara itu, Reginald Agustian, VP Head of Digital Touchpoint IOH, memastikan game ini bisa meningkatkan ketertarikan para fans sepakbola di Indonesia.

“Pasalnya saat ini orang-orang tidak hanya dapat mengikuti perkembangan sepakbola di Tanah Air, akan tetapi juga bisa turut memainkannya online,” Reginald.

Teyar Gustama, Head of Media and Sport Virtualness Indonesia, menerangkan, walau perusahaannya merupakan platform digital AI, namun gim Liga 1 Fantasy Football mengusung teknologi blockchain.

“Untuk Fantasy Football tidak ada AI, tapi memang menggunakan blockchain makanya kita pake web3 kartu-kartunya semua. Jadi pelanggan Indosat yang mendaftar ke kita itu otomatis kita bikin wallet,” ungkap Teyar.

Teyar melanjutkan, Liga 1 Fantasy Football terbilang mudah. Pengguna hanya perlu pilih pemain favorit dari klub yang sedang bertanding, akan tetapi disesuaikan dengan kredit poin pengguna.

“Jadi misalnya kayak pertandingan kemarin Persib sama Persis Solo, saya pilih pertandingan itu, saya dapat 100 kredit poin. Masing-masing pemain ada poinnya. Jadi kita bisa memilih lima pemain, yang penting bisa mencukupi 100 poin itu,” jelas Teyar.

Soal hadiah, pemenang bisa mendapat tiket pertandingan, hingga bonus khusus buat pengguna Indosat yang gila bola seperti paket data sebesar 3 GB akan diberikan kepada mereka yang ada di lima posisi teratas

“Kalau hadiahnya mungkin dari yang bisa kita kasih adalah tiket pertandingan. Jadi  fungsinya bagaimana menghubungkan antara, fans, pemain, sama penonton. Jadi mereka itu pingin dekat sama klubnya kan,” pungkas Teyar.