GadgetSquad.id – Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia. Ramadan juga menjadi momen dimana tren belanja online meningkat tajam dibanding bulan-bulan di luar Ramadan. Tokopedia pun melakukan riset terkait bulan Ramadan yang berhubungan dengan tren belanja online, ini hasilnya :  

Tokopedia Belanja Online (1)

Tren Belanja Online Selama Ramadan

Tokopedia melakukan riset mengenai tren belanja online selama Ramadan 2022 yang lalu. Yang hasilnya bisa dijadikan acuan untuk menghadapi momen yang sama tahun 2023 ini. Dari hasil riset tersebut didapat beberapa data antara lain :

  • Masyarakat tetap memilih belanja online melalui e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan. “Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi.
  • Masyarakat mulai mencari dan belanja online kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).
  • Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022.

Baca juga : Daftar Produk Tokopedia Paling Laris di Awal 2023

  • Beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi belanja online tertinggi, antara lain Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.
  • Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil.
  • Lebih dari setengah pesanan belanja online selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Tokopedia bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.

 

Solusi Tokopedia Untuk Penjual Optimalkan Peluang di Ramadan

Melihat tren belanja online konsumen di Ramadan 2022, Tokopedia mencoba memberikan beberapa solusi agar peluang emas di momen Ramadan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para penjual.

Melalui Tokopedia Marketing Solutions, Tokopedoa menyediakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis. 

Tokoepdia menyediakan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, antara lain yaitu : 

  • Di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’),
  • Banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’)
  • Permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’)
  • Kanal video streaming (‘Tokopedia Play’).
  • Di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’)
  • Menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’)
  • Menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).
  • Beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’),
  • Memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’).

Dari data riset Tokopedia, sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%.

Tahun 2023 ini, Tokopedia memberikan berbagai penawaran menarik belanja online dan sederet kampanye, seperti Brand Bazaar Pilihan, Ramadan Ekstra, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja, dan CantikFest.