Hati-hati Penipuan Atas Nama Telkomsel, Ini Cara Mencegahnya!

Telkomsel tidak pernah meminta password atau kode verifikasi 

GadgetSquad.id – Belakangan ini mulai marak lagi aksi penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Terkait maraknya penipuan tersebut, operator nomor satu ini mengimbau kepada pelanggan untuk selalu waspada. Jangan mudah percaya dengan berbagai iming-iming yang menggiurkan.

Baca juga : Ini Dia Daftar Pemenang ‘Pesta Blanja Poin Telkomsel’ Periode Ketiga

Modus penipuan seringkali dilakukan melalui telepon, SMS, atau pesan instan dengan mengatasnamakan Telkomsel dan kemudian meminta informasi password atau kode verifikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS. Pelanggan tidak perlu menanggapi permintaan tersebut dan tidak menginformasikan kode tersebut kepada siapa pun.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “Kami tidak pernah meminta password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Kode ini harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank. Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel.”

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, modus penipuan juga seringkali meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan yang terkirim melalui SMS. Apabila pelanggan merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, pelanggan tidak perlu menanggapi SMS tersebut dan tidak menginformasikan kode verifikasi tersebut apabila diminta oleh pihak tidak dikenal.

Jika menerima SMS dugaan penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel, pelanggan juga dapat melaporkannya ke layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188 atau 08071811811. Pelanggan juga dapat mengirimkan SMS gratis ke 1166 dengan format: PENIPUAN#NOMOR PENIPU#ISI SMS PENIPUAN.

Informasi lebih lanjut mengenai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di https://www.telkomsel.com/support/waspada-penipuan. Pelanggan juga dapat mengajukan pertanyaan terkait penipuan melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger , email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.

Dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan www.telkomsel.com, salah satunya seperti pengumuman pemenang undian Pesta Blanja Poin.