GadgetSquad.ID – Indosat Ooredoo terus tancap gas, memperluas jaringan 5G miliknya. Teranyar jelang tutup tahun, ekspansi 5G Indosat Ooredo, resmi menyambangi kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kehadiran koneksi 5G Indosat Ooredoo di Balikpapan, melengkapi jaringan seluler generasi kelima besutan Indosat yang sudah lebih dulu hadir di Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengungkapkan komersialisasi layanan 5G di Balikpapan untuk mempercepat transformasi digital di Kalimantan.

“Teknologi 5G ini kami harapkan akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan ibu kota baru Indonesia, Penajam Paser Utara, yang terletak di dekat Balikapapan.”

“Selain itu, kami berharap peluncuran ini juga akan secara signifikan, meningkatkan daya saing industri di kawasan ini,” tegas Ahmad.

Dalam menyediakan jaringan 5G tersebut, Indosat Ooredoo, menggandeng Nokia sebagai mitranya. Selain di Balikpapan, kolaborasi keduanya sudah terjalin di Surabaya, Jawa Timur.

“Nokia bangga dapat berkontribusi mewujudkan kekuatan transformatif 5G menjadi realita di kawasan ini, terutama dalam mendukung persiapan relokasi ibu kota baru Indonesia di dekat Balikpapan,” kata Presiden Direktur Nokia Indonesia KP Goh.

Bertepatan dengan peluncuran layanan komersial 5G di Balikpapan, Indosat Ooredoo dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menandatangani Memorum of Understanding (MoU), untuk memperkuat sektor pendidikan dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.

Peluncuran layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Balikpapan menghadirkan beberapa use case paling canggih, termasuk Smart City and Government dan Smart Industry