Hp Xiaomi MI A2 Dilaporkan Bermasalah, Apa Solusinya?

Berita kurang sedap menghampiri vendor aasal china, Xiaomi. Hp Xiaomi MI A2 ditemukan banyak masalah oleh penggunanya. Beberapa diantaranya adalah masalah baterai yang cepat habis sehingga mempengaruhi kinerja sensor sidik jari.

Hp Xiaomi MI A2
Foto: mensxp.com

Masalah di Hp Xiaomi MI A2

Penyebab terkurasnya baterai di hp Xiaomi Mi A2 hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa pengguna percaya masalah ini dikaitkan dengan bug di Mi A2 yang membuat baterai cepat sekali habis. Selain itu bug tersebut juga telah mempengaruhi sensor sidik jari, demikian dilansir GizChina.

Sedangkan laporan yang dilansir AndroidAuthority mengatakan bahwa baterai yang cepat habis kemungkinan terjadi karena core CPU bekerja secara konsisten pada kecepatan maksimal. Bug menyebabkan delapan core pada CPU Mi A2 bekerja dengan kecepatan maksimal meski ponsel dalam keadaan diam. Mekanisme ini menguras baterai dengan sangat cepat.

Baca juga: Xiaomi Mi A2 vs Mi A1, Apa Bedanya?

Sayangnya, tidak diketahui secara pasti apa penyebab masalah tersebut. Sedangkan pengguna perangkatnya bermasalah sepakat bahwa baterai yang cepat habis ini merupakan akibat dari bug yang mempengaruhi kinerja sensor sidik jari.

Solusi

Solusi yang diberikan oleh pengguna yang mengalami masalah ini adalah dengan menghapus update dari Google Duo dan menonaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi tersebut. Sedangkan untuk untuk masalah sensor sidik jari adalah dengan menonaktifkan semua sidik jari yang tersimpan dari tanpa solusi.

Kendati demikian, sejumlah pengguna lainnya mengatakan walau sudah menghapus seluruh sidik jari yang tersimpan, sehingga baterai mereka lebih tahan lama. Namun bergitu solusi ini juga tidak dapat mengatasi secara sempurna. Jadi, ada baiknya sambil menunggu penjelasan dan solusi dari Xiaomi, pengguna Mi A2 yang mengalami masalah baterai segera menonaktifkan sidik jari pada fingerprint scanner.

Cara lainnya bisa dengan me-reboot perangkat setiap dua jam sekali. Adapun metode lainnya mengatakan dengan menghapus Google Play Service dan melakukan factory reset. Sayang, hal ini tidak sukses memperbaiki masalah.

Baca juga: Xiaomi Mi A2 Dirilis 25 Juli, Ini Fitur Jagoan dan Harganya

Sementara itu, laporan lainnya menunjukan bahwa hp Xiaomi MI 2A juga sering melakukan rebooting yang konsisten dari perangkat setiap jam. Sampai sekarang, tim developer Mi belum mengakui bahwa masalah ini terjadi akibat bug. Hingga saat ini Xiaomi secara resmi belum menanggapi keluhan tersebut, jadi perbaikan diyakini belum bisa dilakukan segera.

Pihak Xiaomi mengatakan tersebut karena permasalahan baterai dan sensor fingerprint ini tidak terjadi pada semua pengguna Mi A2, termasuk mereka yang memasukkan lebih dari satu sidik jari ke perangkat.

Xiaomi MI A2 sendiri merupakan, Hp yang bergabung dengan program Android murni ini merupakan generasi penerus Xiaomi Mi A1. Xiaomi Mi A2 sendiri hadir dengan berbagai keunggulan, baik dari spesifikasi maupun sistem operasinya yang menggunakan OS murni Android One. Baterai dari Mi A2 sendiri memiliki kapasitas 3.010 mAh. Meski tak besar, tetapi normalnya baterai tersebut bisa bertahan sekitar enam hingga delapan jam.