GadgetSquad.id – Fokus Huawei adalah pada HarmonyOS selama lebih dari satu tahun sekarang. Pabrikan telah berupaya memperbarui ponsel lama yang dijual di Cina dari EMUI ke HarmonyOS, sementara perangkat yang lebih baru menjalankan sistem operasi baru. Namun, Huawei diam-diam meluncurkan EMUI 12. 

EMUI 12 sekarang resmi dan hadir dengan antarmuka (UI) pengguna yang diperbarui serta banyak penyesuaian. Peluncuran versi baru fork Android berarti Huawei masih mempertahankan EMUI untuk perangkat yang diluncurkan di luar Cina. Namun, Belum ada info tentang perangkat mana yang akan mendapatkan pembaruan EMUI 12 dan juga tidak ada jadwal rilis.

Berikut adalah fitur dan perubahan baru yang dibawa EMUI 12, seperti di lansir Gizmochina: 

Desain antarmuka baru

EMUI 12 menghadirkan antarmuka yang minimalis dan realistis. Menurut Huawei, desain antarmuka yang inovatif menghidupkan dunia digital. Antarmuka menggunakan tiga warna utama yaitu putih, hitam, dan biru, untuk tampilan yang bersih. 

Untuk animasi, Huawei menyebutkan EMUI 12 mengambil inspirasi dari bagaimana benda-benda langit bergerak di alam semesta. Pengguna akan melihat ini saat merancang halaman pemilihan bahasa yang berbentuk seperti bola dan dalam animasi sinkronisasi yang meniru benda langit yang berputar di sekitar yang lain. 

Panel kontrol akses mudah 

Dengan EMUI versi baru, pengguna akan dapat dengan mudah mengakses panel kontrol dari layar mana pun mereka berada dengan sapuan sederhana. Panel kontrol akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol pemutaran, mendapatkan akses ke pengaturan Bluetooth dan Wi-Fi serta pintasan, dan perangkat yang terhubung di Device+. 

Device+

Device+ adalah fitur yang memungkinkan kolaborasi yang mudah antara perangkat Huawei. Mengetuk ikon MatePad memberi pengguna kesempatan kolaborasi multi-layar dengan Matepad. Pengguna akan dapat melakukan panggilan, mengirim pesan, dan melihat foto dari ponsel mereka di layar tablet. 

Mengetuk ikon MateBook memungkinkan juga pengguna mengedit file ponsel di PC, sementara mengetuk ikon Huawei Vision memungkinkan menikmati video dari ponsel di layar lebar. Mengetuk ikon headset akan mengalihkan pemutaran audio dari MatePad atau Huawei Vision ke earbud yang terhubung. 

MeeTime 

MeeTime adalah aplikasi panggilan video Huawei yang diumumkan sebagai salah satu fitur EMUI 10.1 pada Maret 2020. Versi baru aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengalihkan panggilan ke Huawei Vision dan kembali ke ponsel mereka dengan mulus. 

Kinerja cepat

Huawei mengklaim EMUI 12 secepat halaman web dan aplikasi dimuat saat pengguna menggulir. Ini juga menjanjikan bahwa bahkan setelah penggunaan jangka panjang, waktu respons dan startup aplikasi akan lancar seperti biasa. 

Keamanan 

EMUI 12 akan memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel mereka dari laptop mereka saat menggunakan Kolaborasi multi-layar. Mereka juga akan dapat mengatur jam tangan pintar mereka sebagai perangkat tepercaya untuk ponsel mereka.