GadgetSquad.id – Smartphone Apple, iPhone 13, yang akan datang telah menjadi berita selama beberapa waktu, mengungkapkan hampir semua yang diharapkan dari jajarannya. Saat peluncuran pada bulan September semakin dekat, semakin banyak detail tentang seri smartphone terus muncul secara online. 

Dalam perkembangan terbaru, laporan dari DigiTimes mengklaim bahwa Apple dapat menaikkan harga model iPhone 13 untuk mengimbangi kenaikan biaya pembuatan komponen. Informasi ini masih belum dikonfirmasi dan belum memiliki banyak bukti, demikian dilaporkan Gizmochina.

Namun, kali ini, mengutip sumber industri, informasi itu mungkin benar. Perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), produsen chip terbesar di dunia, juga merupakan produsen kontrak untuk chipset Apple, termasuk Apple A15 Bionic yang akan mendukung jajaran mendatang, yang didasarkan pada proses 5nm+. 

Dengan TSMC yang akan menaikkan harga, Apple akan meneruskan harga itu kepada pelanggan. TSMC telah memberi tahu pelanggan tentang kenaikan harga hingga 20 persen. Apple, yang merupakan salah satu klien terbesar perusahaan, dapat melihat kenaikan harga antara 3-5 persen. 

Sementara kenaikan harga dari TSMC akan berlaku mulai Januari tahun depan, Apple akan meluncurkan perangkat baru dengan harga yang lebih tinggi daripada menaikkan harga hanya beberapa bulan setelah peluncuran resminya. 

Beberapa bulan yang lalu, dilaporkan bahwa Apple telah memesan lebih dari 100 juta unit chip A15 Bionic dengan TSMC. Karena perusahaan ingin menghilangkan masalah dengan pasokan dan komponen untuk jajaran iPhone 13 yang akan datang.