Hyundai SEVEN Concept

GadgetSquad.id – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mempertegas komitmennya pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang tengah berlangsung dari 15–25 Februari 2024. Melalui perhelatan ini juga Hyundai  ingin memperkuat kepemimpinannya di ekosistem kendaraan listrik melalui semangat baru  bertajuk “Hyundai EV. Expect more.” guna mendorong elektrifikasi di Indonesia yang  ditunjukkan melalui peluncuran IONIQ 5 Batik serta menampilkan SEVEN Concept dan All  New KONA Electric.

“Hyundai EV. Expect more.” mengajak masyarakat untuk semakin yakin dalam beralih ke  kendaraan listrik dan merasakan mobilitas masa depan yang sesungguhnya. Pabrikan asal Korea Selatan ini ingin menunjukkan bagaimana pengguna menikmati kepemilikan kendaraan listrik yang worry free hasil dari pengalaman berkendara terdepan, layanan after-sales andal, dan ekosistem  teknologi terintegrasi. Semangat ini juga memperkuat komitmen berkelanjutan dari Hyundai  dalam mendukung pemerintah melengkapi ekosistem kendaraan listrik Indonesia, yang  sebelumnya telah Hyundai lakukan lewat pembangunan pabrik hingga jaringan charging  station.

Menjadi pionir dalam memperkenalkan kendaraan listrik sebagai solusi mobilitas  masyarakat Indonesia sejak 2020, Hyundai telah membuktikan komitmennya dalam  membangun ekosistem EV dari hulu ke hilir melalui pembangunan pabrik battery cell dan  battery pack, produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging  station di seluruh penjuru Indonesia. Upaya-upaya ini berperan penting dalam menyokong  transformasi menuju transportasi kendaraan listrik, sekaligus membuka peluang baru bagi  industri otomotif Indonesia dalam mengadopsi teknologi canggih dan berkelanjutan.

Pabrik sel baterai yang dioperasikan PT HLI Green Power berlokasi di Karawang dan Cikarang. Pabrik ini mampu memproduksi sel  baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun untuk memenuhi kebutuhan  lebih dari 150.000 unit BEV. Lalu, pabrik battery system yang dioperasikan Hyundai Energi Indonesia ditargetkan untuk memproduksi hingga 50.000 unit Battery System Assembly (BSA) tiap tahun. Kedua fasilitas yang akan beroperasi mulai April 2024 ini melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menambah kapasitas  produksi mobil listrik hingga 70.000 unit pada 2024. Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia secara serentak akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai  buatan lokal untuk pertama kalinya. Model-model BEV Hyundai ini pun diproyeksikan untuk  menjawab kebutuhan pasar Indonesia dan luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.

Baca Juga: Indosat Serahkan Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5, Hadiah Utama Pesta Hadiah IM3 !

Hyundai juga telah memimpin era elektrifikasi sektor otomotif Indonesia dengan  menghadirkan lini IONIQ serta KONA Electric sejak 2020 dan solusi after-sales terdepan yang  menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik. Upaya berkelanjutan dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia turut dilakukan dengan menyediakan jaringan charging station di lebih dari 200 titik, termasuk Ultra Fast Charging Station tercepat  di Indonesia, dan akan diperluas ke lebih banyak wilayah.

Upaya tersebut pun telah diwujudkan lewat kemitraan strategis untuk mengekspansi charging station di berbagai titik lokasi yang semakin memudahkan akses bagi pengguna kendaraan listrik. Hyundai juga berencana untuk memperluas kolaborasinya dengan pihak lain dalam membangun lebih banyak charging station untuk makin meningkatkan kenyamanan  berkendara dengan kendaraan listrik.