GadgetSquad.ID – Ajang IDCamp Hackdata Indosat Ooredoo akhirnya mencapai partai puncak. IDCamp Hackdata Indosat Ooredoo adalah kompetisi yang menggabungkan Hackathon dan Datathon.

Hackdata sendiri bertujuan untuk mengajak anak-anak muda Indonesia menciptakan solusi inovatif mendukung Indonesia menjadi bangsa digital.

Dalam kompetisi ini, Indosat Ooredoo memanfaatkan portal open data milik pemerintah daerah, dengan menyediakan total 346 data set (122 data set milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 214 data set milik Pemerintah Kota Bandung dan 10 data set milik Indosat Ooredoo) serta 19 API Indosat Ooredoo yang dapat digunakan dalam pengembangan solusi inovatif ini.

Tema dalam Hakcdata 2019 ini antara lain: Pemerintahan Terbuka (Open Government), Kesehatan (Health), Kota Cerdas (Smart City), dan Bisnis (Business).

Nah setelah melewati proses seleksi dan penjurian dengan berbagai kriteria seperti orisinalitas, dampak, kesiapan implementasi, serta penggunaan data set dan API dari Indosat Ooredoo, ajang IDCamp Hackdata 2019 mendapatkan pemenangnya.

Sebanyak 10 finalis yang terpilih dari ratusan peserta, akan mendapatkan program inkubasi dari Indosat Ooredoo untuk mematangkan karya mereka.

Director & Chief Innovation and Regulatory Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, menuturkan, pihaknya menyadari bahwa analisa dan utilisasi big data akan menjadi kunci bagi perusahaan dan industri ke depan.

“Pada hari ini, dengan bangga kami hadirkan 3 pemenang dari 10 finalis terbaik IDCamp HackData 2019. Dari jumlah peserta yang ikut serta juga jauh lebih baik dari perkiraan mengingat hal ini adalah yang pertama di Indonesia. Total ada 287 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia, suatu angka yang cukup besar. Kami yakin para generasi muda Indonesia ini berada pada jalur yang tepat untuk mendukung terciptanya Indonesia Digital Nation serta berkontribusi pada peningkatan ekonomi digital Indonesia.”

Sementara itu, menyadari pentingnya data analytics, pada kesempatan yang sama Indosat Ooredoo juga menyelenggarakan seminar dengan topik “Big Data analysis: Key Success for Future Competition, yang menghadirkan 3 narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing; Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI), Dicoding Indonesia, dan Google Cloud. Seminar dihadiri oleh puluhan peserta dari komunitas developer dan data scientist.

Berikut pemenang ajang Indosat Ooredoo IDCamp HackData 2019 :
Juara 1 Gama Squad
Juara 2 Srikandi
Juara 3 Lantai 5