iPhone x

GadgetSquad.id – Apple akan mengadakan konferensi pengembang tahunan mulai 7 Juni 2021. Dalam gelaran itu perusahaan diharapkan mengungkap iterasi berikutnya dari sistem operasi selulernya yaitu iOS 15 dan iPadOS 15.

Perubahan ini selalu disajikan dalam gelaran itu, sebagaimana dilaporkan GSM Arena. Sehingga pengembang punya waktu untuk memperbarui aplikasi mereka sampai iterasi baru resmi pada iPhone dan iPad baru tahun ini.

Untuk iOS 15, Apple dikabarkan akan meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengatur preferensi pemberitahuan yang berbeda tergantung pada status pengguna saat ini. Dan memperbarui status tersebut dengan mudah dari layar kunci atau pusat kendali.

Mungkin pengguna juga dapat menggunakan Siri untuk mengubah statusnya dengan cepat. Status tersebut dapat berupa “mengemudi”, “bekerja”, “tidur”, atau kategori khusus yang bisa pengguna pilih. 

Untuk setiap status, pengguna dapat memilih bagaimana perangkat memberi tahu tentang hal-hal misalnya apakah ponsel akan mengeluarkan suara atau tidak. Juga akan ada opsi untuk mengatur balasan otomatis ke pesan tergantung pada status pengguna saat ini.

Pembaruan juga akan menjadi peningkatan pada fitur balas otomatis yang hanya berfungsi saat pengguna mengemudi. Ada juga beberapa peningkatan yang akan datang ke iMessage di masa depan untuk membuatnya lebih seperti jejaring sosial dan memungkinkannya bersaing lebih baik dengan WhatsApp.

Sedangkan untuk iPadOS 15, ini seharusnya memiliki dukungan untuk widget layar beranda, yang ditambahkan ke iOS 14 tahun lalu dan sekarang akhirnya beralih ke tablet. Seperti di iPhone, pengguna dapat menempatkan widget di mana saja di layar beranda, dan dapat mengganti seluruh kisi aplikasi dengan widget. 

Terakhir, iOS 15 dan iPadOS 15 harus memiliki perlindungan privasi baru, termasuk menu baru yang akan menunjukkan aplikasi mana yang diam-diam mengumpulkan data pengguna.